Konsep Pengobatan Rohani dan Jasad Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah; Tawaran Solutif Atas Konsep Pengobatan Konvensional dalam Ilmu Kedokteran Modern

Authors

  • Asif Trisnani Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor
  • Fiky Fajar Lestarini Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor
  • Hifni Nasif Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor
  • Syahrozad Khunaifah Istanbul Sabahattin Zain University (ISZU)
  • Maulida ‘Izzatul Amin Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.528

Keywords:

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah, Penyakit Jasmani, Penyakit Rohani

Abstract

Penelitian ini membahas tawaran inovatif dari Ibnu Qayyim Al Jauziyyah tentang pengobatan rohani dan jasad atas pengobatan konvensional atau pengobatan modern. Ibnu Qayyim Al Jauziyyah menjelaskan bahwa ilmu kedokteran saat ini hanya mengobati secara empiris tanpa mengindahkan sebab akibat suatu penyakit. Ibnu Qayyim Al Jauziyyah menjelaskan bahwa penyakit dibagi menjadi 2, penyakit jasmani dan penyakit rohani, maka ia pula mengatakan pengobatan juga harus mencakup kedua hal tersebut. Dengan teknik dokumentatif berbasis metode deskriptif analitis, penelitian ini akan dilakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa penyakit jasmani dapat dilakukan dengan pengobatan rohani. Analogi sebab akibat dalam bahwa dimensi spiritual seseorang sangat berpengaruh dalam pencapaian kesehatan jiwa manusia menjelaskan indikator kesehatan jiwa manusia yakni, ubudiyah atau kualitas ibadah, tawazun atau keseimbangan dalam hidup, barakah atau bertambahnya kebaikan, dzikrullah, sidq kejujuran atau ketulusan sikap, ketenangan, ridha, ber-adab, optimis, berjiwa sosial dengan memuliakan sesama manusia, serta hanya mengharap akhirat Selanjutnya, dalam penanganan penyakit jasmani atau jasad, ada dua metode. Yang pertama ialah metode penerapan sunnatullah atau fitrah. Seperti bila lapar harus makan, bila lelah beristirahat, dsb. Sedangkan metode yang kedua dilakukan dengan observasi dan analisa medis, seperti penyakit jantung, wabah atau penyakit menular.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Audh Jadi Hijazi. Ibnu Qayyim Wa Mawqifihi Min Al Tafkir Al Islami. Cairo: Dar al Tiba’ah al Muhammadiyah, 1989.

Abdul Basith Muhammad Sayyid. Rahasia Kesehatan Nabi. Solo: Tiga Serangkai, 2008.

Abdur Razzaq al Kasyani. Mu’jam Istilahat Al Sufiyah. Cairo: Dar al ‘Inad, 1992.

———. Mu’jam Istilahat Al Sufiyah. Cairo: Dar al Inad, 1992.

Agil Husin Munawar dan Abdurrahman Umar. Sistem Kedokteran Nabi; Kesehatan Dan Pengobatan Menurut Petunjuk Nabi Muhammad SAW, Terj. Semarang: Penerbit Dita Utama, 1994.

Ahmad ‘Izzat Rajih. Ushul ‘Ilm Al Nafs. Cairo: Dar al Kitab al ‘Arabi, n.d.

Ahmad, Abdul Aziz bi Abdullah al. Al Tariq Ila Al Sihhah Al Nafsiah Inda Ibn Qayyim Wa ‘Ilm Nafs. Riyadh: Dar al Fadhilah, 1999.

Ahmad Farid. Tazkiyah Al Nufus Wa Tarbiyatuha, n.d.

———. Tazkiyah Al Nufus Wa Tarbiyatuha Kama Yuqarriru ‘Ulama Al Salaf Ibnu Raghib Al Hanbali Ibnu Qayyim Abi Hamid Al Ghazali,. Beirut: Dar al Qalam, 2006.

———. Tazkiyah Al Nufus Wa Tarbiyatuha Kama Yuqarriru ‘Ulama Al Salaf Ibnu Raghib Al Hanbali Ibnu Qayyim Abi Hamid Al Ghazali. Beirut: Dar al Qalam, 1985.

Ahmad Nurrohim. “Antara Kesehatan Mental Dan Pendidikan Karakter.” Jurnal ATTARBIYAH 2, no. 1 (2016): 287.

Al-Hujaj, Abdullah Umar Bamusa dan Yusuf Abu. Sembuh Dan Sehat Dengan Habbatus Sauda’, Terj. Umar Mujtahid. Solo: Aqwamedia, 2011.

Andi Muflih. “Pengobatan Dalam Islam.” UIN Alauddin Makassar, 2013.

Andrianto, Tuhana Taufiq. Ampuhnya Terapi Herbal Berantas Berbagai Penyakit Berat. Yogyakarta: Najah, 2011.

Arvin Saputra. , Healing Beyong the Body; Penyembuhan Dan Penyegaran Tubuh Serta Jiwa, Terj. Batam: Interaksa, 2003.

Bambang Trim. The True Power of Water Hikmah; Air Dalam Olah Jiwa. Bandung: MQ Publishing, 2006.

D, Donev. “Human Health; Definition, Concept and Content. How the Disease Occurs and the Natural Course of Disease. Modern Concept and Definition of Healthcare.” Skopje Faculty of Medicine Macedonia, 2000.

Dadang Hawari. Do’a Dan Dzikir Sebagai Pelengkap Terapi Medis. Jakarta: PT Dana Bhakti Primayasa, 1997.

“Dijelaskan Lebih Rinci Dalam Kitab Al Daa’ Wa Al Dawaa’ Karya Ibnu Qayyim, Bahwa Jenis Penyakit Hati Ada Dua. Ialah Ragam Penyakit Yang Disebabkan Keraguan Dan Was Was (QS. Al Nur: 50) Dan Kecintaan Yang Sesat (QS. Al Baqarah: 10),” n.d.

Fitriani, Aisyah Nur. “Fenomena Pengobatan Tradisional Air Doa.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Hamudah, Sulaiman. Ibnu Qayyim Al Juziyyah; Juhuduhu Fi Darsi Al Lughawi. Iskandaria: Dar al Jami’ah al Masriyah, 1976.

Ibnu Qayyim al Jauziyyah. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al ‘Ilmu Fadhluhu Wa Syarafuhu. Riyadh: Majmu’atu al Thafi al Nafis, 2006.

———. Al Bidayah Wa Al Nihayah. 14th ed., n.d.

———. Al Farusiyyah Al Syar’iyyah. Saudi: Dar al Andalus, n.d.

———. Madarij Al Salikin Baina Manazili Iyyaka Na’budu Wa Iyyaka Nasta’in, 2011.

Ibrahim M. Thayyib. Keajaiban Sains Islam. Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2004.

Imroatus Solihah. “Madu Sebagai Obat.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.

Jauziyyah, Ibnu Qayyim al. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy, n.d.

———. Al-Thib Al-Nabawy. Riyadh: Daar as-Salaam, 2014.

———. Kitab Al Ruh. Cairo: Dar al Taqwa, 1992.

———. Madarij Al-Salikin. Beirut: Dar al Kitab al ‘Arabi, 2004.

———. Madarij Al Salikin, n.d.

———. Madarij Al Salikin, n.d.

———. Madarij Al Salikin, n.d.

———. Madarij Al Salikin, n.d.

———. Madarij Al Salikin Baina Manazili Iyyaka Na’budu Wa Iyyaka Nasta’in. 1st ed. Riyadh: Dar al Sami’i li al Nasr wa al Tauzi’, 2011.

———. Madarij Al Salikin Baina Manazili Iyyaka Na’budu Wa Iyyaka Nasta’in. 1st ed. Riyadh: Dar al Sami’i li al Nasr wa al Tauzi’, 2011.

———. No Title. Al-Thib Al-Nabawy. Riyadh: Al-Salaam, Daar, 2014.

Jusuf, Muhammad Isman. “Islam Sehat Dan Menyehatkan Sistem Saraf.” Universitas Negeri Gorontalo, 2012.

———. “Islam Sehat Dan Menyehatkan Sistem Saraf.” Universitas Negeri Gorontalo, 2012.

Kalangi, N. Kebudayaan Dan Kesehatan. Jakarta: Mrgapoin Publishing, 1994.

Katsir, Ibnu. Al Bidayah Wa Al Nihayah. 14th ed. Cairo: Matba’ah al Sa’adah, n.d.

———. Al Bidayah Wa Al Nihayah, n.d.

Lestari, Feby Diah. “Pengobatan Medis vs Pengobatan Alternatif.” Skripsi, 2018, 1.

Lumenta, Benjamin. Pelayanan Medis Citra, Konflik Dan Harapan. Yogyakarta: Kanisius, 1989.

M Darojat Ariyanto. “Terapi Ruqyah Terhadap Penyakit Fisik, Jiwa Dan Gangguan Jin,.” Jurnal SUHUF 19, no. 01 (2017): 49–51.

Madinah, N. “Pandangan Umum Tentang Pengobatan Konvensional.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2015.

Meity Elvina (Dokter spesialis Pemegang Sertifikat Islam Medicine Oxford center Islamic Studies). “Kedokteran Fungsional Dan Kedokteran Integrative Dalam Perspektif Islam.” 2019.

Muhammad Abi Zuhrah. Ibnu Taimiya; Hayatuhu Wa ‘Asruhu, Arauhu Wa Fiqhuhu. Beirut: Dar al Fikr al ‘Arabi, n.d.

Muhammad Albani. Keajaiban Thibbun Nabawi. Surakarta: AL-Qowam, 2012.

Muhammad Fatahillah. “Klinik Pengobatan Thibbun Nabawi Di Kota Pontianak.” Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur 4, no. 2 (2016): 108.

Muhammad Mustofa Murad Sobahi. Mawqif Al Imam Ibnu Qayyim Min Al Sufiyyah, n.d.

———. Mawqif Al Imam Ibnu Qayyim Min Al Sufiyyah, n.d.

Mustofa Bin Abdullah. Kasy Al Dzunun. Beirut: Dar Ihya’ al Turats al ‘Aziz, n.d.

Nizar Ali. Hadis Versus Sains. Yogyakarta: Teras, 2008.

Q.S. Al-Nur: 61, n.d.

Q.S. Al-Qiyamah: 2, n.d.

Q.S. Yusuf: 53, n.d.

QS. Al A’raf: 31, n.d.

QS. Al Fajr: 27-30, n.d.

Safarsyah, Alfandi Ilham. “Islam Sehat Dan Menyehatkan Sistem Saraf.” Jurnal Al-Dzikra 12, no. 2 (2018): 165.

Salahuddin. “Aqidah Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.” ISID Gontor Ponorogo, 2003.

Shofa, Zuhaida. “Pengaruh Pemberian Ekstrak Kulit Umbi Bawang Putih (Allium Sativum Linn) Terhadap Kadar Asam Urat Galur Wistar Diabetes Mellitus Yang Diinduksi Aloksan.” UNNISULA, 2014.

Sobahi, Muhammad Mustofa Murad. Mawqif Al Imam Ibnu Qayyim Min Al Sufiyyah. Cairo: Jami’ Huquq Mahfudzah, 2000.

T. Hemaya. Kata-Kata Yang Menyembuhkan; Kekuatan Do’a Dan Penyembuhan, Terj. Jakarta: Gramedia Pustakan Utama, 1997.

Ubaid, Ahmad. Raudhatul Muhibbin Wa Nazhatul Musytaqqin. Cairo: Dar al Kutub al Masriyyah, n.d.

———. Raudhatul Muhibbin Wa Nazhatul Musytaqqin, n.d.

Umar Ahmad al Rawi. Tib Al Qulub, n.d.

———. Tib Al Qulub Inda Al Imamain Al Jalilain Ibnu Taimiyah Al Harran Wa Ibnu Qayyim Al Jauziyah. Beirut: Dar al Kutub al ‘Alamiyah, 2003.

Wahab, Bassam Abu al. Tashin Al ‘Amal Fi Qita’I Al Hidmat Al Sihhiyyah. Damaskus: Ma’had ‘Arabi li al Shihhah wa al Salamah, 2017.

Yaqut alN Hamawi al Baghdadi. Majma’u Al Buldan. 13th ed. Beirut, 1977.

Z N Shofa. “Praktik Pengobatan Alternatif Griya Sehat Syafaat 99 Semarang; Prespektif Sejarah Pengobatan Dalam Islam, Skripsi,” 2017.

Published

2023-06-02

How to Cite

Asif Trisnani, Fiky Fajar Lestarini, Hifni Nasif, Syahrozad Khunaifah, and Maulida ‘Izzatul Amin. 2023. “Konsep Pengobatan Rohani Dan Jasad Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah; Tawaran Solutif Atas Konsep Pengobatan Konvensional Dalam Ilmu Kedokteran Modern”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):504-17. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.528.

Issue

Section

Articles