Faktor Pendidikan Spiritualitas Dan Sosial Dalam Mempromosikan Wirausaha

Authors

  • Siti Badrotil Khasanah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Subiyantoro Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.540

Keywords:

Pendidikan, Spritualitas, Sosial, Wirausaha

Abstract

Globalisasi merupakan salah satu dampak dari kemajuan teknologi yang meningkat pesat seiring dengan perkembangan komunikasi dan teknologi dari waktu ke waktu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan penelitian yang bersifat library research. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui pada apa saja yang menjadi faktor-faktor pendidikan spritualitas, dan sosial dalam mempromosikan pada wirausaha. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, menunjukkan bahwa spritualitas, serta sikap sosial itu memiliki peranan dalam membentuk sikap kewiraushaan yang meliputi pada hidup, etika, integritas, empati, rasa syukur, dan ketekunan. Faktor-faktor inilah yang dapat memengaruhi sikap seorang wirausaha dalam berbisnis, seperti orientasi jangka panjang, pemikiran holistik, dan rasa tanggung jawab sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amatuni, A. V., & Arutyunyan, A. E. “Spirituality and Entrepreneurship: A Systematic Review.” European Journal of Management Issues, 28, no. 3 (2020): 77-87.

Ardaşeva, A., Tzankova, I., & Delgado-Suárez, C. “Social and Emotional Education, Spirituality and the Educational Community.” Sustainability, 13, no. 5 (2021): 12.

Bateman, T. S., & Crant, J. M. “The Proactive Component of Organizational Behavior: A Measure and Correlates. Journal of Organizational Behavior:” The International Journal of Industrial, Occupational and Organizational Psychology and Behavior, 20, no. 2 (1999): 1-23.

Choiriyah, Ummi, and Hoirul Anam. “Risalah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam Pemikiran Pendidikan Islam Imam Al-Zarnuji Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Era Modern.” Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9, no. 1 (2023): 259–68.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. Research Methods in Education. Routledge., 2013.

Dehler, G. E., & Welsh, M. A. “Developing Sustainable Entrepreneurs: The Role of Spiritual Capital.” Journal of Business Ethics, 148, no. 2 (2018): 679-694.

Foltz, R. W., & Martin, G. “Spiritual Entrepreneurship: Balancing Self-Interest and Social Responsibility.” Journal of Management, Spirituality & Religion, 16, no. 1 (2019): 57-77.

Ginanjar, M Hidayat. “Tantangan Dan Peluang Lembaga Pendidikan Islam Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea).” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam 3, no. 2 (2016): 107–24. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.14.

Hanafiah. “PENDIDIKAN ECO PESANTREN DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL DI PONDOK PESANTREN DAARUT TAUHID BANDUNG (Studi Kasus Pada SMA Daarut Tauhid Bandung).” Universitas Islam Bandung, 2019. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25280.48647.

Hutagalung, Muhammad Abrar Kasmin, Rahma Fitri, and Sri Rezeki Widya Ritonga. “Generasi Muslim Milenial Dan Wirausaha.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 - SINDIMAS 2019, 2019, 300–304. https://doi.org/700/sm.v1i1.590.g398.

Kependidikan, Jurnal Ilmiah, Primandha Sukma, Nur Wardhani, and Dian Nastiti. “Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 4, no. April (2023): 177–91.

Leonard, Aloysius Efraim, Richard Theo Parulian, and Ruth Latreia T. Saphira. “Triangulasi Konsep Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) Untuk Menjembatani Kesenjangan Keterampilan Di Masyarakat Ekonomi ASEAN.” Jurnal Sentris 1, no. 1 (2020): 62–74. https://doi.org/10.26593/sentris.v1i1.4194.62-74.

Miller, D. “Spirituality in Entrepreneurship Research: A Review and Research Agenda.” Journal of Business Venturing, 33, no. 6 (2018): 643-657.

Neck, H. M., & Milliman, J. F. “Thought Self‐leadership: Finding Spiritual Fulfilment in Organizational Life.” Journal of Managerial Psychology, 9, no. 6 (1994): 9-16.

Nur Hartanti, Defina, Dewi Puji Lestari, and Vicky F Sanjaya. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Promosi Penjualan Terhadap Implusive Buying Produk Di Cordy Butik Bandar Lampung.” Keuangan Dan Akuntansi (MEKA) 3, no. 1 (2022): 377–84.

Nyaoga, R., & Murage, P. “The Impact of Spirituality on Entrepreneurship.” Journal of Business and Management, 21, no. 5 (2019): 91–103.

Shane, S., & Venkataraman, S. “The Promise of Entrepreneurship as a Field of Research.” Academy of Management Review, 25, no. 1 (2000): 217-226.

Souza, M. A. De. Spirituality, Education and Society: An Integrated Approach. Routledge., 2016.

Sunanik, S. “Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Keluarga.” Jurnal Pendidikan Ekonomi vol, 1 no1 (2016): 105–20.

Susilo, Djoko. “Efektifitas Program Redistribusi Guru Pegawai Negeri Sipil (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Kota Administratif Jakarta Selatan).” Tesis. Institut Ptiq Jakarta, 2020.

Zahra, S. A., Gedajlovic, E., Neubaum, D. O., & Shulman, J. M. “A Typology of Social Entrepreneurs: Motives, Search Processes and Ethical Challenges.” Journal of Business Venturing, 24, no. (5), 519-532. (2009): 519-532.

Zajonc, A. Educating the Whole Person: Spirituality and Socialization in Higher Education. New Directions for Teaching and Learning, 2005.

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Siti Badrotil Khasanah, and Subiyantoro. 2023. “Faktor Pendidikan Spiritualitas Dan Sosial Dalam Mempromosikan Wirausaha”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1667-77. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.540.

Issue

Section

Articles