Desain Bimbingan Belajar yang Efektif untuk Kemandirian Belajar (Studi di MTs An-Nur Kota Cirebon dan SMP Muhammadiyah Cirebon)

Authors

  • Syifa Nur Fadilah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.552

Keywords:

Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar

Abstract

Isi dari artikel ini adalah mencakup tentang desain bimbingan belajar yang efektif untuk kemandirian belajar.  Metode penelitian yang digunakan adalah dengan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif melalui wawancara terhadap dua tipe sekolah berbeda untuk mendapatkan suatu informasi serta gambaran secara umum tentang desain bimbingan belajar yang efektif untuk kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukan desain bimbingan belajar yang efektif adalah upaya untuk menumbuhkan minat belajar yang akan berimplikasi kepada kemandirian belajar peserta didik. Hal ini dapat dikondisikan dengan sitem manajemen sekolah itu sendiri yang diantaranya meliputi kurikulum sekolah, sarana prasarana, dan guru, baik guru Bimbingan Konseling maupun guru mata pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, Hasan. Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2000.

Karendehi, Celsita E.D, Julia Rottie, dan Michael Karundeng. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Moral Pada Anak Usia 12-15 Tahun Di SMP Negeri 1 Tabukan Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe” 4, no. 1 (Februari 2016).

Mulyaningtiyas, R. Bimbingan dan Konseling untuk SMA. Jakarta: Erlangga, 2007.

Prasetya, Ignatius Gemilau, Rachmat Djati Winarno, dan Praharesti Eriany. “Bimbingan Belajar Efektif Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajarpada Siswa Kelas VII.” Jurnal Prediksi Kajian Ilmiah Psikologi 2, no. 1 (Juni 2013).

Soejipto, dan Raflis Kosasi. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Steinberg, L. Adolescents. 10th ed. New York: McGraw-Hill, 2014.

Sukardi, Dewa Ketut. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Rineka Cipta, 2000.

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkem-bangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Zamroni, Edris, dan Susilo Rahardjo. “Manajemen Bimbingan Dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.” Jurnal Konseling GUSJIGANG 1, no. 1 (n.d.).

Published

2023-06-30

How to Cite

Syifa Nur Fadilah, and Didik Himmawan. 2023. “Desain Bimbingan Belajar Yang Efektif Untuk Kemandirian Belajar (Studi Di MTs An-Nur Kota Cirebon Dan SMP Muhammadiyah Cirebon)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):960-67. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.552.

Issue

Section

Articles