Pemikiran Fazlur Rahman Dalam Pendidikan Islam Dengan Dunia Modern
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.555Keywords:
Pemikiran, Pendidikan, Fazlur RahmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wawasan keilmuan mengenai pemikiran pemikiran Fajlur Rahman (Pragmatis-Instrumental) mengenai pendidikan dalam dunia Islam kontemporer. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu berupa library research (kepustakaan) yang mana sumber datanya berasal dari buku, artikel dan beberapa literatur lainnya. Adapun hasil dari penelitian ini Dalam dunia pendidikan, pemisahan ilmu agama dan ilmu umum bukan lagi menjadi masalah baru dalam sistem pendidikan Islam. Wacana ini sudah ada sejak lama dan masih menjadi masalah yang kompleks dan belum terselesaikan. Hal ini disebabkan adanya batasan antara mata pelajaran agama dan non agama yang diajarkan di setiap unit. Oleh karena itu, Fazlur Rahman mengajukan gagasan untuk mereformasi seluruh sistem pendidikan Islam. Apa yang didapat dari pengalaman dan melakukan berbagai observasi dan penelitian. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada biografi intelektual Fazlur Rahman, pemikiran pendidikan Fazlur Rahman, dan berbagai pembaruan pendidikan Islam di Fazlur Rahman, serta relevansinya.
Downloads
References
Ali Geno Berutu. (2021). Pemikiran Hukum Islam Modern.
Hibatullah, L., & Qomarudin, A. (2021). Pemikiran Fazlur Rahman (Pragmatis-Instrumental) tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Modern. As-Sabiqun, 3(1), 26–44. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i1.1144
Hidayat, T. (2018). MENGGAGAS PENDIDIKAN ISLAMI: MELURUSKAN PARADIGMA PENDIDIKAN DI INDONESIA. 3, hal.82.
Masyhadi. (2017). HADITS PRESPEKTIF FAZLUR RAHMAN (Pencandraan Epistemologis Filsafat Ilmu Fazlur Rahman Atas Hadits). Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 93–104.
Mawaddah, U., & Karomah, S. (2018). Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman Terhadap Pendidikan Modern di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 15–27. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1516
Nadia, Z. (2018). Membaca Ayat Poligami Bersama Fazlur Rahman. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 2(1), 203–228.
Prayitno, H., & Qodat, A. (2019). KONSEP PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Al-Fikri Jurnal Studi Islam Dan Pendidikan Islam, 561(3), hlm, 30-43. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/5150/3242
Purwaningsih, D. (2019). PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG PENDIDIKAN DAN. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(4), 408–424. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf/article/view/3524
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511
Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 41–53.
Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69.
Zuraya, H., & Zuraya, H. (2013). Konsep Pendidikan Fazlur Rahman. Khatulistiwa, 3(2), 185–200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syiraz Rozaky Bimagfiranda, Sedya Santosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.