Metode Cooperative Script Meningkatkan Keaktifan Siswa Belajar Bacaan Qalqalah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.561Keywords:
Penelitian tindakan kelas, Keaktifan siswa, Metode Cooperative ScriptAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui keaktifan belajar siswa, mengetahui penggunaan metode Cooperative Script dalam pembelajaran, mengetahui dan menganalisa hasil penggunaan Metode Cooperative Script dalam meningkatkan keaktifan siswa belajar. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 3 Saptosari dengan tindakan dua siklus, masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Untuk pelaksanaan siklus kedua di maksudkan untuk perbaikan siklus yang dilakukan pada tahap pertama. Hasil penelitian bahwa ada peningkatan rata-rata nilai untuk keaktifan siswa siklus I sebesar 17,70 dan siklus II menjadi 21,46. Peningkatan ini antara lain siswa memiliki rasa percaya diri, mau menjawab pertanyaan dan bertanya kepada guru, terambil dalam mendemontrasikan pembelajaran, terjadi komunikasi edukatif yang terarah. Pelaksanaan tindakan kelas menghasilkan peningkatan kelancaran dalam proses belajar mengajar, rata-rata nilai untuk kelancaran proses belajar meningkat sebesar 0,58 yang dipengaruhi dengan guru menggunakan metode dengan tepat, dan adanya peningkatan kemampuan penguasaan materi.
Downloads
References
Susiloyoga, J. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menentukan Peluang Suatu Kejadian dengan Model Pembelajaran Kooperative Script pada Siswa Kelas IXIPA 3 SMA Negeri 2 Madiun. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 39-62.
Ikbal Barlian, 2013, “Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru”, Jurnal Forum Sosial, Vol. VI,Universitas Sriwijaya,
Jihan Nabila, 2015, Strategi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,Yogyakarta: Diandra Creative
Khayyizatul Muniroh, 2010, Implementasi Pembelajaran dengan Model Cooperative Script Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta
Sarjuli dkk, 2007, Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Slavin, Robert E. 2008. “Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (diterjemahkan dari Cooperative Learning: theory, research and practice)”. Bandung : Nusa Media.
Suharsimi Arikunto, 2006, Penelitian Tindakan Kelas dalam Praktek dan Teori, Bandung, Rosda Karya
Suyadi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas Menuju Pendidikan Berkualitas, Yogyakarta, Andi Offset
Widawati, 2011, Upaya meningkatkan keaktifan dan Prestasi belajar pai melalui metode Diskusi pada siswa kelas VIII di SMP Islam Sudirman kaloran temanggung tahun 2011
Zainal Aqib, 2008, Membangun profesionalismen Guru dan Pengawas Sekolah, Bandung: Yrama Widia
https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/3349/2346
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sidig Triyono, Rahmat Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.