Analisis Konsep “Kampus Merdeka” dalam Critical Pedagogy Perspektif Paulo Freire

Authors

  • Fikri Haikal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sutrisno UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Rahmadin Munauwarah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Isa Anshori UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.567

Keywords:

Kampus Merdeka, Critical pedagogy, Paulo Freire

Abstract

Fokus kajian ini merupakan analisis konsep kampus merdeka dalam critical pedagogy perspektif Paulo Freire. Kampus merdeka yang diberlakukan oleh Nadiem Anwar Makarim dengan program utama yaitu; kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditas, kemudahan perguruan tinggi negeri menjadi perguruan tinggu negeri berbadan hukum dan hak belajar semester sebagai bagian dari program untuk menjawab tantangan industrialisasi atau revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan dan kerja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, Adanya korelasi konsep kampus merdeka dengan konsep critical pedagogy Paulo Freire. Yaitu, pada program memberikan hak belajar tiga semester lintas prodi atau lintas universitas, dalam analisis critical pedagogy upaya program itu mengarahkan mahasiswa tidak terjebak pada hal-hal teoritis, menuntut kapasitas lintas keilmuan sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berkonstribusi dalam memajukan bangsa dan Negara. Kedua, Analisis critical pedagogy pada pendidikan di Indonesia mengalami problem lingkaran setan yang susah mencari benang merahnya dalam menyelesaikannya. Problem mendasar dari pendidikan di Indonesia sebenarnya mengalami kenaikan biaya yang setiap tahunnya, sehingga masyarakat menenggah ke bawah mengalami putus sekolah, tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, selain itu pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan sumber daya alam, dan mental korup para petinggi menjadikan problem pendidikan di Indonesia mengalami kompleks dan sistematis. Jika, problem ini tidak disentuh, sistem apa pun yang diterapkan dalam pendidikan di Indonesia dalam analisis critical pedagogy hanya akan menjadi sebuah narasi belaka. Sebab, Paulo Freire dalam critical pedagogynya mengarahkan pada pendidikan sebagai alat untuk mengeluarkan manusia dari fanatisme di berbagai sektor, dan menekankan pentingnya kemanusiaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akademik, P. (2020). Hak belajar mahasiswa di luar program studi.

Apple, M. W., Madison, U. W., Freire, P., Kritis, P., Tugas, D. A. N., Universidade, P., São, C. De, & Paulo, S. (2014). Machine Translated by Google PAULO FREIRE , PEDagogi KRITIS DAN TUGAS KRITIS Machine Translated by Google.

Arif Rohman. (2012). Membebaskan Pendidikan; Refleksi Menuju Penyelenggaraan Demokrasi Pendidikan di Indonesia. Aswaja Pressindo.

Darmaningtyas. (2005). Pendidikan Rusak-Rusak (M. Al-Fayyad (ed.); Edisi 1).

Denis Collins, Penerjemah Henry Heyneardhi, A. P. (1999). Paulo Freire; Kehidupan, Karya, dan Pemikirannya. Pustaka Pelajar.

Freire, P. P. (2023). Paradigma pedagogi pembebasan paulo freire. January.

Hendriani, A. (2018). Pedagogik Literasi Kritis ; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan. Pedagogia, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10811

KEBUDAYAAN, D. J. P. T. K. P. D. (2021). KAMPUS MERDEKA “ Hak Belajar 3 Semester di Luar Prodi ” Kampus Merdeka.

Mushodiq, M. A. (2021). Pendidikan kritis revolusioner peter mclaren dan relevansinya dengan pendidikan islam. 7(1), 44–60.

Nanggalaupi, A., & Suryadi, K. (2021). Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dan Paulo Freire Serta Perdebatan Pemikiran Aliran Filsafat Pendidikan John Dewey Vs Robert M. Hutchins. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i2.1812

Paulo Freire. (2008). Pendidikan Kaum Tertindas. LP3ES.

Sakarinto, W., & Bandanadjaja, B. (2021). Panduan Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka (Mbkm) Merdeka Belajar- Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Program Sarjana Terapan.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13897

Supriyanto. (2013). PAULO FREIRE: BIOGRAFI SOSIAL INTELEKTUAL MODERNISME PENDIDIKAN. 6(2), 99–115.

Wattimena, R. A. A. (2018). Pedagogi Kritis: Pemikiran Henry Giroux Tentang Pendidikan dan Relevansinya untuk Indonesia. Jurnal Filsafat, 28(2), 180. https://doi.org/10.22146/jf.34714

Adioetomo, S. M. (2005). Bonus Demografi: Menjelaskan Hubungan antara Pertumbuhan Penduduk dengan Pertumbuhan Ekonomi. Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap dalam Bidang Ekonomi Kependudukan, April.

Anggraini, D. S., & Jaya, U. B. (2019). EksiAkademik, P. (2020). Hak belajar mahasiswa di luar program studi.

Apple, M. W., Madison, U. W., Freire, P., Kritis, P., Tugas, D. A. N., Universidade, P., São, C. De, & Paulo, S. (2014). Machine Translated by Google PAULO FREIRE , PEDagogi KRITIS DAN TUGAS KRITIS Machine Translated by Google.

Arif Rohman. (2012). Membebaskan Pendidikan; Refleksi Menuju Penyelenggaraan Demokrasi Pendidikan di Indonesia. Aswaja Pressindo.

Darmaningtyas. (2005). Pendidikan Rusak-Rusak (M. Al-Fayyad (ed.); Edisi 1).

Denis Collins, Penerjemah Henry Heyneardhi, A. P. (1999). Paulo Freire; Kehidupan, Karya, dan Pemikirannya. Pustaka Pelajar.

Freire, P. P. (2023). Paradigma pedagogi pembebasan paulo freire. January.

Hendriani, A. (2018). Pedagogik Literasi Kritis ; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan. Pedagogia, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10811

KEBUDAYAAN, D. J. P. T. K. P. D. (2021). KAMPUS MERDEKA “ Hak Belajar 3 Semester di Luar Prodi ” Kampus Merdeka.

Mushodiq, M. A. (2021). Pendidikan kritis revolusioner peter mclaren dan relevansinya dengan pendidikan islam. 7(1), 44–60.

Nanggalaupi, A., & Suryadi, K. (2021). Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dan Paulo Freire Serta Perdebatan Pemikiran Aliran Filsafat Pendidikan John Dewey Vs Robert M. Hutchins. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i2.1812

Paulo Freire. (2008). Pendidikan Kaum Tertindas. LP3ES.

Sakarinto, W., & Bandanadjaja, B. (2021). Panduan Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka (Mbkm) Merdeka Belajar- Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Program Sarjana Terapan.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13897

Supriyanto. (2013). PAULO FREIRE: BIOGRAFI SOSIAL INTELEKTUAL MODERNISME PENDIDIKAN. 6(2), 99–115.

Wattimena, R. A. A. (2018). Pedagogi Kritis: Pemikiran Henry Giroux Tentang Pendidikan dan Relevansinya untuk Indonesia. Jurnal Filsafat, 28(2), 180. https://doi.org/10.22146/jf.34714

ARIFIN, S., & MUSLIM, M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589

Astri, H. (2011). Dampak Sosial Komersialisasi Pendidikan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Sosiologi, 16(3), 599–626.

Darmaningtyas. (2005). Pendidikan Rusak-Rusak (M. Al-Fayyad (ed.); Edisi 1).

Helaluddin Hengki Wijaya. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Sekolah Tinggi Theology Jaffray.

Nanggala, A, & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. … Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 2.

Nanggala, Agil, & Suryadi, K. (2021). Analisis Konsep Kampus Merdeka Dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme Dan Perenialisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 14–26.

Nurwardani Paristiyani. (2020). KAMPUS MERDEKA Paristiyanti Nurwardani. 1–21.

Paulo Freire. (2008). Pendidikan Kaum Tertindas. LP3ES.

Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 Dalam Perspektif Experiential Learning Theory. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.120

Prof. Dr. H. Samsul Nizal, M. A. (2011). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia. Kencana Prenada Media Group.

Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–243. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Sakarinto, W., & Bandanadjaja, B. (2021). Panduan Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka (Mbkm) Merdeka Belajar- Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Program Sarjana Terapan.

Suryahadikusumah, A. R., Nadya, A., & Syaputra, Y. D. (2022). Framework Eksplorasi Karir dalam Model Kampus Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1775–1782. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2188

Sutini, L. (2019). Akibat Hukum PTN BH yang Tidak Memenuhi Evaluasi Kinerja. Jurist-Diction, 2(5), 1765. https://doi.org/10.20473/jd.v2i5.15242

Syekh, I., Cirebon, N., & Mutu, L. P. (2020). ERA KAMPUS MERDEKA.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Utami, I. S., & Alfian, A. (2017). Konsep Critical pedagogy Henry a. Giroux. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 145. https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p145-154

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

https://www.bps.go.id/indicator/28/1986/1/angka-anak-tidak-sekolah-menurut-jenjang-pendidikan-dan-jenis-kelamin.html

https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/pembukaan-program-studi-pada-perguruan-tinggi-akademik-dalam-kebijakan-kampus-merdeka/

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/01/luncurkan-kampus-merdeka-mendikbud-sekarang-akreditasi-sifatnya-sukarela

https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/transformasi-ptn-bh-menuju-kampus-unggul-dan-berdaya-saing/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221027074021-284-865917/daftar-terkini-universitas-di-indonesia-berstatus-ptn-bh

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Fikri Haikal, Sutrisno, Rahmadin Munauwarah, and Muhammad Isa Anshori. 2023. “Analisis Konsep ‘Kampus Merdeka’ Dalam Critical Pedagogy Perspektif Paulo Freire”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1449-66. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.567.

Issue

Section

Articles