Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.573Keywords:
Keterampilan, Guru, Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan harus dimiliki oleh setiap guru yang mengajar, karena keterampilan ini merupakan dasar atau kompetensi yang harus dimiliki dengan tujuan pembelajaran di kelas dapat terwujud dengan semaksimal mungkin sesuai dengan apa yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui keterampilan dasar guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan cara mengetahui jenis, fungsi dan peran serta tujuan keterampilan dasar guru dalam pendidikan islam. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Berdasarkan analisis dari sumber data, maka bisa disimpulkan bahwa keterampilan dasar guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam ialah seorang guru harus mampu memberikan tanggung jawab kepada peserta didiknya sehingga peserta didik tersebut merasakan kenyaman dalam belajar agar siswa tersebut nyaman dalam proses kegiatan belajar mengajar maka seorang guru dituntut memiliki keterampilan.
Downloads
References
Achdiani, Yani, and Ayu Rusliyani. 2017. “Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan.” Teknobuga 5 (2): 34–43.
Agustina, Putri, and Alanindra Saputra. 2017. “Profil Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Microteaching.” Jurnal Bioedukatika 5 (1): 18. doi:10.26555/bioedukatika.v5i1.5670.
Andina, Elga. 2018. “Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 9 (2): 204–20. doi:10.46807/aspirasi.v9i2.1103.
Bastian. 2019. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 3 (November): 1357–65.
Jaya, Hasma Nur, and Universitas Muhammadiyah Kendari. 2017. “KETERAMPILAN DASAR GURU Pendidikan Nasional Guru Adalah Menurut Undang-Undang” 17 (1): 23–35.
Nofrion, N. 2013. “Bab V Keterampilan Dasar Mengajar Guru,” no. 1996: 1–10. Rohmah, Noer. 2016. “Inovasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI.” Madrasah 6 (2): 24. doi:10.18860/jt.v6i2.3313.
Sobarningsih, Nunung, Hamdan Sugilar, and Rikrik Nurdiansyah. 2019. “Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1): 67. doi:10.31000/prima.v3i1.1054.
Sutisnawati, Astri, Keterampilan Membuka Pelajaran, Kerangka Kualifikasi, and Nasional Indonesia. 2017. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar” 8: 15–24.
Wahyulestari, Mas Roro Diah. 2018. “Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar,” 199–210. Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2015)
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Literasi Nusantara.
Daryanto, Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap, (Surabaya: Apollo Lestari, 2008)
Ali Imron Thohir, Pembinaan Guru Indonesia, (Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya, 2006)
Fitri Oviyanti, Pengelolaan Pengajaran, (Palembang: IAIN Raden Fatah Press, 2009)
Abdul Mu’thi dan Chabib Thoha. 1998. Proses belajar mengajar PBM-PAI di Sekolah (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Hasan Baharun. (2017). Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Pustaka Nurja.
Pupuh Fahturohman dan Sobry Sutikno, 2011. Strategi Belajar Mengajar, (Bandung : PT Refika Aditama,)
Usman M.Uzer, Menjadi Guru Profesional, 2010. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya)
Hamka Abdul Aziz, 2012. Karakter Guru Profesional, (Jakarta : Al-Mawardi Prima,)
Sudarwan Danim, 2013. Profesi Kependidikan, (Bandung : Alfabeta cv,)
Suyanto dan Asep Jihad, 2013. Menjadi Guru Profesional, (Jakarta : Penerbit Erlangga,)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Luaiyinnandiful Kafi, Sabarudin, Asnil Aida Ritonga, Abdul Aji Ibrahim, Rahmat Ilahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.