Perkembangan Metode Pembelajaran Dalam PAI Berbasis Inquiry

Authors

  • Fathiyatun Nisa Ihsanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.582

Abstract

Penulisan Pendidikan Agama Islam merupakan tempat strategis untuk membentuk manusia secara utuh dalam mengembangkan akal, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, akhlak mulia, dan kepribadian. Saat ini pembelajaran Pendidikan Agama Islam telah menuai banyak kritikan dari masyarakat. Hal tersebut dikarenakan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih monoton, cenderung pada hafalan dan kurang penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya Metode Inquiry sebagai pengembangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang cocok untuk diterapkan pada saat ini. Metode inquiry adalah pembelajaran berbasis penalaran dan pemecahan masalah. Metode ini merangsang siswa untuk berfikir menganalisa persoalan hingga menemukan pemecahannya. Metode inquiry menekankan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara seimbang yang dapat memberi ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya mereka.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, L, & N. Suryani. (2012). Strategi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Anggriani, Fetti. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan PAI Siswa Kelas VIII B SMP 1 Bengkulu. Jurnal Akademika 15.2 53–54.

Shohimin. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djajadisastra. (1981). Metode-Metode Mengajar. Bandung: Angkasa.

Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Husein Umar. (2004). Metode Penelitian; Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kholilah, Lilah. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keterampilan Berpikir Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu, OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, vol. 4, no. 1, p. 1-14. From https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/article/view/4220

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Majajareng. (2021) Penerapan Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD Negeri 4 Ratolindo. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(3), p. 147-154. From http://lingkarpenaindonesia.com/e-journal/index.php/lpi/article/view/43

Majid, A dan Andayani, Dian. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mihye, Won. (2012). Issues In Inquiry-Based Science Education Seen Through Dewey’s Theory of Inquiry. Urbana-Champaign: University of Illinois.

Muhaimin. (1996) Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo.

Mulyasa. (2008) E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nata Abuddin. (2009). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanti, candra, and Promotor: Dr. H. Fuad Nashori. (2013). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Cacat Ganda di Sekolah Luar Biasa (SLB) G Daya Ananda Yogyakarta. Journal of Chemical Information dan Modeling, Vol.53 No.9

Pusat, Jakarta. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam 16, no. 1

Roestiyah. (1991) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sariah. (2017). Implementasi Pembelajaran Inquiry Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam. vol. 3, no. 1, p. 105-121. From http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/3489

Senduk dan Nurhadii. (2003). Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Solichin, Mohammad Muchlis. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 12, no. 2, From http://103.162.55.7/index.php/tadris/article/view/1580

Sumantri Mulyani dan Johar P. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jawa Tengah: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyadi. (2014). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Tri Prasetya, Joko dan Abu Ahmadi. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia

Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zaeni, Hisyam. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

Zulkarnain Iskandar. (2008). Tesis: “Efektivitas Pembelajaran Inquiry Pada Bidang Studi PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. IAIN: Mataram.

Downloads

Published

2024-03-26 — Updated on 2024-03-26

Versions

How to Cite

Fathiyatun Nisa Ihsanti. 2024. “Perkembangan Metode Pembelajaran Dalam PAI Berbasis Inquiry”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (1):287-97. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.582.

Issue

Section

Articles