Analisis Kritis Relevansi Fungsi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Modern
Keywords:
Fungsi Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Era ModernAbstract
Sebagaimana mestinya mata pelajaran yang lainnya, Pendidikan agama Islam juga mempunyai peran penting dalam mencetak generasi bangsa yang berkualitas dan mempunyai pengentahuan agama yang mumpuni untuk dapat melanjutkan kehidupannya sebagai makluk social, tentunya dengan tugas yang sangat berat itu Pendidikan agama Islam mempunya Kurikulum yang berfungsi sebagai acuan dalam menjalankan kegiatan pembelajaran dalam Pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library Research dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data dari buku-buku, jurna ilmiah, dan lain sebagainya yang relevan dengan pembahasan ini. Hasil yang didapatkan dalam pembahasan ini adalah kurikulum Pendidikan agama Islam mempunyai fungsi yang sangat banyak dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan agama Islam, bahkan fungsi yang dimiliki kurikulum Pendidikan Agama Islam melebihi fungsi yang ada pada kurikurum Pendidikan yang lainnya.
Downloads
References
Abu Muhammad Iqbal. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam (II). pustaka pelajar.
Abuddin Nata. (2010). Ilmu Pendidikan dengan Pendekatan Multidisiplinier. Raja Grafindo Persada.
Alwi Hilir. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan pendidik dalam menggunakan media pembelajaran.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022).
Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Baharun, H. (2016). Pendidikan anak dalam Keluarga; Telaah epistemologis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 3.
Bin Tata Rosita, T. H., Syahidin, S., & Rizal, A. S. (2019). Prinsip Dasar Falsafah Akhlak Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany dan Implikasinya dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(1), 10–17. https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i1.13
Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. In Aswaja Pressindo.
Heri Gunawan. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. fabeta.
Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720
Kardi Syarifuddin. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Deepublish.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2013).
Muhammad Asnyar. (2015). Kurikulum: Hakikat, Fondasi dan Desain Pengembangan. PT. Kencana Prenada Media Group.
Nurdin, S. (2015). Pengelolaan pendidikan : dari teori menuju implementasi. rajawali pers.
Nurmadiah, N. (2016). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93
Prof. Dr. A. Tafsir, dkk. (2004). Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam.
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511
Salsabila, U. H. (2018). Teori Ekologi BronfenBrenner sebagai Sebuah Pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 7.
Sisdiknas. (2013). UU RI No. 20 Th. 2003 (V). Sinar Grafika.
Sulistiyorini, M. F. (2016). Esensi Manajemen Pendidikan Islam Pengelolaan Lembaga untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. KALIMEDIA.
Syuhada, M. M. (3013). Maryam menggugat: Menguak propaganda save maryam. benteng pustaka.
Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.741
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Freddy Hermansyah Lbs
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.