Penerapan Teori Behaviorisme Thorndike Dalam Teknologi Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran IPS Di MTsN Gowa
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.596Keywords:
Behaviorisme Thorndike, Teknologi Pendidikan, Pembelajaran IPS.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori behaviorisme Thorndike dalam pemanfaatan teknologi pendidikan di pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial kelas VIII MTs Negeri Gowa. MTs Negeri Gowa adalah salah satu madrasah yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis digital di Sulawesi Selatan. Penelitian yang akan membahas mengenai salah satu teori belajar yang dikaitkan dengan teknologi kemudian dilihat aplikasinya di salah satu madrasah ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif. Data yang diperoleh untuk menggali informasi terkait judul yang dibahas diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka dapat diketahui bahwa penggunaan teori behaviorisme Thorndike dengan memanfaatkan teknologi pendidikan yang semakin berkembang memudahkan pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri Gowa. Menggunakan aplikasi Insprin Suite, guru tidak harus menjelaskan berulang di dalam kelas dan sebaliknya peserta didik dapat mengulang materi kapanpun karena dapat diakses secara fleksible. Penggunaan teknologi ini juga meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Abidin, A. M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak). An Nisa’, 15(1).
Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan: Analisis Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. JIstighna: Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1).
Amsari, D., & Mudjiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E. Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.49
Aprizal, R. (2022). Penerapan Teori Behavioristik Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa SD Negeri 126 Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6).
Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Firliani, Ibad, N., DH, N., & Nurhikmayati, I. (2019). Teori Thorndike dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1.
Hermansyah. (2020). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1).
Liansari, V., & Untari, R. S. (2022). Buku Ajar Strategi Pembelajaran (V. Rezania (ed.)). UMSIDA Press.
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192
Moreno, R. (2010). Educational Psychology. John Wiley & Sons, Hoboken.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Ristanti, I., Subhan, K. F., Nissa, K., & Eviana, N. (2023). Digitalisasi Perencanaan Pendidikan Islam di Madrasah. Jurnal Mapendis: Manejemen Pendidikan Islam, 1(1).
Saidi, E., Hamengkubuwono, & Harmi, H. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Era Digital. Tadbir Muwahhid, 6(1), 47–64. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5307
Sipayung, Z., & Sihotang, H. (2022). Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7129–7138. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3871
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Deepublish.
Tim Peneliti Pendidikan Agama dan Keagamaan Jakarta. (2019). Panduan Penyelenggaraan Madrasah Digital. https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id/simlitbang/spdata/upload/dokumen-penelitian/1583730334PANDUAN_DIGITAL_LAST_EDIT_(1).pdf
Yuberti. (2013). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja.
Zamzami, M. R. (2015). Penerapan Reward and Punishment dalam Teori Belajar Behaviorisme. Ta’limuna, 4(1). https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/111
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karunia Hazyimara, Wenty Septria Darma Suwarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.