Implementasi Metode Information Search dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Muhamad Slamet Yahya Prodi Pendidikan Agama Islam, FTIK, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Heni Rahmawati UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.606

Keywords:

Implementasi, Metode Information Search, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits

Abstract

Pemilihan metode yang tepat merupakan kunci dari keberhasilan pembelajaran. Kesalahan dalam pemilihan metode yang dilakukan akan berdampak pada gagalnya tujuan pembelajaran. Namun demikian, kesalahan pemilihan metode pembelajaran masih umum terjadi mengindikasikan jika masih banyak guru yang tidak mengerti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode information search dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan mengambil tempat di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) dengan mengambil pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasilnya, implementasi metode information search dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto berjalan dengan baik dan diterapkan secara maksimal. Penggunakan tiga tahapan dasar yakni; perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi, implementasi metode information search menampilkan hasil yang positif dan diterima baik oleh siswa. Kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan dapat ditangan dengan tepat dan terarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwas, Oos M. 2013. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Teknodik 17.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rosdakarya.

Dkk, Nur Laela. 2019. “Implementasi Strategi Information Search Dengan Memaksimalkan Penggunaan Smartphone Dalam Pembelajaran PAI Kelas X MIPA 1 Di SMA Ngeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019.” Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 3.

Majid, Abdul dan Chaerul Rohman. 2015. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah “Konsep, Strategi Dan Implementasi.” Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyono, Ismail Suardi Wekke. 2018. Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. Yogyakarta: Adi Karya Mandiri.

Nasional, Departemen. n.d. Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Pamungkas. 2014. “Penerapan Strategi Berburu Informasi Dalam Rangka Meningkatkan Pemahaman Tentang Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas V MI Bahrul Ulum Menganti Gresik.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rahayu, Sri. 2016. “Penerapan Strategi Information Search Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 010 Pagaran Tapah Darussalam.” Jurnal Primary Program Studi PGSD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 5.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning Strategies: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Terj. Raisul Muttaqin. Jakarta: NUsamedia.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Taniredja, Tukiran. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Al Fabeta.

Ushwa Dwi Masrurah, Elihami. n.d. “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Melalui Konsep Pendidikan Nonformal.” Jurnal Edukasi Nonformal 2.

Wijaya. 2018. Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. Sukabumi: Jejak Publisher.

Published

2022-12-24

How to Cite

Muhamad Slamet Yahya, and Heni Rahmawati. 2022. “Implementasi Metode Information Search Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Sekolah Menengah Pertama”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1546-56. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.606.