Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam

Authors

  • Fuji Awaliah Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maragustam Siregar Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.613

Keywords:

Harun Nasution, Religius, Rasional, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan Islam adalah sebuah bidang penting dalam pembentukan individu Muslim yang beradab dan berkualitas. Salah satu tokoh pemikir yang memberikan kontribusi signifikan dalam bidang ini adalah Harun Nasution. Pemikiran Harun Nasution mengenai pendidikan Islam menunjukkan pendekatan yang seimbang antara aspek religius dan rasional. penelitian  ini menggunakan jenis penelitian (literature rivew) dengan menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual tentang fakta yang ditemukan, kemudian diolah dan dianalisis sesuai prosedur yang ada. Sumber data primer yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari buku mengenai pemikiran-pemikiran harun nasution dan buku Harun nasution ditinjau dari berbagai aspek. Hasil dari penelitian yaitu Harun Nasution telah melakukan pengembangan berbagai program dengan tujuan mencapai hal tersebut secara keseluruhan. Salah satunya yakni  melalui perubahan dalam sistem pendidikan dan pengajaran. Pada awalnya, fokus utama sistem tersebut yakni  pada proses hapalan, tetapi sekarang telah digantikan oleh sistem diskusi dan seminar yang mendorong adanya dialog. Tujuan dari perubahan ini yakni  untuk membangkitkan sikap kritis dan terbuka terhadap berbagai pemikiran dan pendapat orang lain. Dengan demikian, kebebasan berpikir dan menyatakan pendapat bagi mahasiswa tetap berlaku hingga saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A. N. (2020). Pengaruh Rasionalisme Abduh dalam Pemikiran Harun Nasution. Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 8(1), 52–71.

Chailani, M. I. (2019). Pemikiran Harun Nasution Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Era Modern. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 1, 45–60.

Diah Rusmala Dewi. (2019). Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Harun Nasution Dengan Pendidikan Era Modern Di Indonesia. 8(2), 182.

Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.

Hukma Fikria Adira. (2023). Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Islam Kontemporer. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1).

Husnol Hidayat. (2015). M. Harun Nasution Dan Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Tadris, 10(1).

Kasmiati. (2019). Pembaharuan Pendidikan Islam Harun Nasution (Kajian Filsafat Pendidikan). Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 266–271.

Madjid, N. K. (2008). Islam Kemoderenan dan Ke Indonesiaan. Mizan Pustaka.

Maragustam. (2014). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Pustaka Nasional.

Maragustam. (2021). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karaker. Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga.

Nasution, H. A. (2022). Relevansi Pendidikan Perspektif Harun Nasution (Religius-Rasional) Dengan Dunia Modern. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 12(2).

Nata, A. (2019). Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Prenada Media Group.

Rahman, M. A. (2020). Pembaharuan Pendidikan Menurut Pemikiran Harun Nasution. Ahsana: Media Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 6(1), 110.

Sahrawi. (2020). Implementasi Pemikiran Harun Nasution Dalam Dunia Pendidikan Islam. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam, 57–77.

Saidul Amin. (2019). Harun Nasution Tinjauan dari berbagai Aspek. CV Asa Riau.

Syafi’ah, S., & Said HM, M. (2021). Pemikiran Harun Nasution Tentang Pendidikan Moral. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 26.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Fuji Awaliah, and Maragustam Siregar. 2023. “Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1487-95. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.613.

Issue

Section

Articles