Pembiasaan Solat Dhuha Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Di MI Al Fatah Banyusari Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.619Keywords:
Pembiasaan, Sholat Dhuha, DisiplinAbstract
Penanaman sikap disiplin dapat dilakukan melalui pembiasaan yang yang rutin dilakukan dan contoh dan teladan yang baik dari guru.Pembiasaan merupakan cara yang dapat dilakukan dalam membentuk karakter pada anak salah satunya melalui pembiasaan shalat dhuha. Dalam usaha membentuk karakter siswa MI Al Fatah memiliki sebuah program keagamaan. Program keagamaan yang dilaksanakan di lembaga madrasah Al Fatah adalah kegiatan sholat Dhuha berjamaah yang rutin dilaksanakan setiap pagi sebelum masuk proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menggambarkan program kegiatan keagaaman yang secara rutin dilaksanakan di MI Al-Fatah. Penelitian ini juga diharpkan diharapkan dapat memberikan motivasi kepada lembaga madrasah yang lain untuk menerapkan program keagaaman seperti pembiasaan shalat dhuha untuk membentuk karakter disiplin anak. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatf deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan observasi secara langsung di lapangan dengan menggunakan instrument pedoman pengamatan, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan melewati tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitian bertempat di MI A l-Fatah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan di MI Al Fatah dilakukan di masjid dan dipimpin oleh guru. Bersama guru terlebih dahulu mempersiapkan hal-hal yang mendukung dalam kegiatan pembiasaan Dengan adanya pembiasaan solat dhuha, karakter siswa khususnya dalam karakter disiplin siswa dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang dapat melaksanakan peraturan sekolah dengan baik, mengikuti pembelajaran dengan efektif.
Downloads
References
Akhmad Faozi, & Didik Himmawan. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual Menurut Syekh Zainal Abidin Abdul Karim Al Husaini dalam Kitab Al Barzanji. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), 90–97. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.93
Darmadi, Hamid. (2018). Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Diah Maulidiyah, Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, & Ahmad Khotibul Umam. (2021). Peningkatan Nilai Spiritual Anak Melalui Mengaji Sore Di Desa Totoran Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.37
Gunawan, Heri. (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta
Ismail, Muhammad Ilyas. 2012. Pendidikan Karakter: Suatu Pendekatan Nilai. Makassar, Alauddin University Press
Hayati, S. N. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Man Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Spiritualita, 1(1), 43-54.
Malihah, C., Hidayatullah, R., & Luthfi, M. (2015). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Dalam Beribadah Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pipitan. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 126-131.
Nur Robithoh, & Didik Himmawan. (2023). Community Empowerment Through Beyond Center And Circle (Bcct) Approach At Sdn Kaplogan 2. Community: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 52–61. https://doi.org/10.61166/community.v2i1.16
Salmawati, S., Poppyariyana, A. A., & Huri, I. (2021). Penerapan Sikap Disiplin melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Pada Kelompok A di KB Nurul Hidayah Waluran Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4451-4455.
Sugiyono.( 2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Syarbini, Amirullah. (2014). Pendidikan Anti Korupsi. Bandung: Alfabeta
Tim Qatrunnada,Pendidikan Agama Islam. (2005). Semarang:Anggota IKAPI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Uswatun Hasanah, Undang Ruslan Wahyudin, Kasja Eki Waluyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.