Internalisasi PAI dalam Menanamkan Nilai Tanggung Jawab dan Religiusitas Siswa di MTs Al-Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang Th.2022/2023.

Authors

  • Maksur Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Setia Rini Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.638

Keywords:

Internalisasi, Pendidikan Agama Islam, Tanggung jawab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  internalisasi Pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai tanggung jawab dan religiusitas siswa di MTs Al-Irsyad Tengaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi Pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai tanggung jawab pada siswa dapat diwujudkan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya tanggung jawab melalui pengarahan dari Madrasah, melalui kegiatan belajar mengajar, melatih siswa agar bertanggung jawab, dan memberikan Tindakan bagi siswa yang tidak menerminkan seorang yang bertanggung jawab. Dan internalisasi Pendidikan agama islam dalam menanamkan religiusitas dapat diwujudkan dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penting sikap religius, melatih bersikap religus, dan memerikan penghargaan dan hukuman sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan faktor penghambatnya adalah motivasi belajar Sebagian siswa yang rendah, asal daerah siswa yang berbeda, sumber daya manusia yang kuran memadai dan kurangnya kesadaran yang dimiliki oleh Sebagian siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Mujib, Muhaimin. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Abdul Muin, M Thaib Thohir. (1986). Ilmu Kalam. Jakarta: Widjaya

Afiatin, Tina. (1998). Religiusitas Remaja: Studi Tentang Kehidupan Beragama Di Daerah Istimewa Yogyakarta. JURNAL PSIKOLOGI, no.01. hal.55-64

Al Munawar, Said Agil Husin. (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Al Qura’n Dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Ancok dan Suroso. (2001). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anhari, Masjkur. (2007). Integrasi Sekolah ke Dalam Sistem Pendidikan Pesantren (Tinjauan Filosofis dalam Perspektif Islam). Surabaya: Diantama.

Asmani, Jamal Ma’mur (2004). Buku Panduan Internalisasi, Bekasi: Pustaka Inti

Asrori, Mohammad Ali dan Muhammad (2014). Metodologi & Aplikasi Riset

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, Abdul. (2009). Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Gagasan

Membangun Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Teras

Azwar, Saifuddin. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Barizi, Ahmad. (2009). Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daradjat, Zakiyah. (1973). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang

_______________, (2012). Ilmu Pendidkan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. Cet.10,

Ernawati, Novita (2018). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Kreativitas Melalui Ekstrakurikuler Marching Band (Studi Kasus di MIN Bawu Jepara) Tahun 2017. Skripsi tidak diterbitkan. UIN Walisongo Semarang

Fatchana, Diana Tofan (2018). Peningkatan Religiusitas Siswa Melalui Budaya Sekolah (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 12 Surabaya dan MINU Pucang Sidoarjo). Tesis tidak diterbitkan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama di Sekolah, Yogyakarta: KALIMEDIA

Gazalba, Sidi (1989). Mesjid; Pusat Ibadat dan Kebudayaan Islam. Jakarta:

Pustaka al-Husna

Ghufron, M. Nur & Riri Risnawita (2010). Teori-Teori Psikologi,

Yogyakarta: ar-Ruzz Media Group

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan. (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia

Hamid, Hamdani. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia

Hamzah, Amir (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi

,Hendro. (2011). Dasar – dasar Kewirausahaan. Jakarta: penerbit Erlangga, cetakan 1,

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups. Jakarta:

PT Raja Grafindo

Hakam, Kama Abdul dan Encep Syarief Nurdin. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai (untuk Modifikasi Perilaku Berkarakter). Bandung: Maulana Media Grafika

Iskandar (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Gaung Persada

Karimah, Ira (2017). Peran Keluarga Dalam Menanamkan Religiusitas Anak(Studi Kasus Dua Keluarga di Desa Cikedokan Kabupaten Bekasi). Skripsi tidak diterbitkan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kemdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta:

Kementerian Pendidikan Nasional.

Kurniawan, Syamsul. (2016). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga. Yogyakarta: Ar-Rozz Media. Cet.3

Kosim, Abdul. (2018). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Lukiastuti, Fitri dan Muliawan Hamdani. (2011). Manajemen Strategik dalam Organisasi. Yogyakarta: penerbit Caps cetakan 1

Maarif, Syamsul. (2007). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Malik, Jamaluddin. 2005. Pemberdayaan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Marimba, Ahmad D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif

Miles, Matthew B and A. Michele Hubberman (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: SAGE Publication, 2nd ed

Moleong, Lexi J. ( 1998). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosyda Karya

Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Muin, M Thaib Thohir Abdul. (1986). Ilmu Kalam, Jakarta: Widjaya

Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

________. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. (Bandung: Remaja Rosdakarya

Mustari, Mohamad (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan,

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Mustofa, Ali (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman Vol.5 No. 1 Juni 2019

Nata, Abudin. (1997). Filsafat Pendidkan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Nazir, Moh. (1983). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia anggota IKAPI

Noor, Juliansyah (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: KENCANA

Pupuh, dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika

Aditama.

Putro, Khamim Zarkasyi. (2005). Orangtua Sahabat Anak dan Remaja. Yokyakarta: Cerdas Pustaka

Resti, Fiki Inayati (2017). Pembentukan Karkater Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa SMA Negeri 1 Demak Melalui Program Tertib Parkir di Sekolah. Skripsi tidak diterbitkan. UNNES Semarang

Rohmat, Mulyana. ( 2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nila. Bandung: Alfabeta.

Sahlan, Asmaun. (2010). Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah. Malang: UIN MALIKI Press.

Sari, Eka Wulan. (2015). Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kultur Madrasah (Studi Kasus Di MTs Ali Maksum Yogyakarta dan MTs Nurul Ummah Yogyakarta). Skripsi tidak diterbitkan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sholihin, Agus M dkk (2016). Mengembangkan Tanggung Jawab Pada Anak. Jakarta: Kemendikbud RI.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Suyanto. (2010). Pendidikan Karakter (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Rineka Cipta.

Thoha, Chabib dkk. (1999). Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (IKAPI).

Tim Penyusun (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,

Trianto (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan

Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group

Uhbiyati, Nur. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia

Ulfa, Dinia (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Dengan Layanan Konseling Individual Berbasis Self-Management Pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. UNNES Semarang

Wahyudin, Din (2009). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wibowo, Agus dan Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winkel (1983). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Sanata Dharma

Yusuf, Syamsu. (2008). Psikologi Belajar Agama. Bandung: Maestro

Zainal, Asliah (2013). Religiusitas Kaaffah & Religiusitas Parsial. Jurnal AL MUNZIR.Vol. 6, No. 1, Mei 2013

Zubaedi (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Maksur, and Setia Rini. 2023. “2022/2023”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1589-98. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.638.

Issue

Section

Articles