Internalisasi PAI dalam Menanamkan Nilai Tanggung Jawab dan Religiusitas Siswa di MTs Al-Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang Th.2022/2023.
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.638Keywords:
Internalisasi, Pendidikan Agama Islam, Tanggung jawabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi Pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai tanggung jawab dan religiusitas siswa di MTs Al-Irsyad Tengaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi Pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai tanggung jawab pada siswa dapat diwujudkan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya tanggung jawab melalui pengarahan dari Madrasah, melalui kegiatan belajar mengajar, melatih siswa agar bertanggung jawab, dan memberikan Tindakan bagi siswa yang tidak menerminkan seorang yang bertanggung jawab. Dan internalisasi Pendidikan agama islam dalam menanamkan religiusitas dapat diwujudkan dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penting sikap religius, melatih bersikap religus, dan memerikan penghargaan dan hukuman sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan faktor penghambatnya adalah motivasi belajar Sebagian siswa yang rendah, asal daerah siswa yang berbeda, sumber daya manusia yang kuran memadai dan kurangnya kesadaran yang dimiliki oleh Sebagian siswa.
Downloads
References
Abdul Mujib, Muhaimin. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.
Abdul Muin, M Thaib Thohir. (1986). Ilmu Kalam. Jakarta: Widjaya
Afiatin, Tina. (1998). Religiusitas Remaja: Studi Tentang Kehidupan Beragama Di Daerah Istimewa Yogyakarta. JURNAL PSIKOLOGI, no.01. hal.55-64
Al Munawar, Said Agil Husin. (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Al Qura’n Dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Ancok dan Suroso. (2001). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anhari, Masjkur. (2007). Integrasi Sekolah ke Dalam Sistem Pendidikan Pesantren (Tinjauan Filosofis dalam Perspektif Islam). Surabaya: Diantama.
Asmani, Jamal Ma’mur (2004). Buku Panduan Internalisasi, Bekasi: Pustaka Inti
Asrori, Mohammad Ali dan Muhammad (2014). Metodologi & Aplikasi Riset
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aziz, Abdul. (2009). Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Gagasan
Membangun Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Teras
Azwar, Saifuddin. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Barizi, Ahmad. (2009). Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Daradjat, Zakiyah. (1973). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang
_______________, (2012). Ilmu Pendidkan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. Cet.10,
Ernawati, Novita (2018). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Kreativitas Melalui Ekstrakurikuler Marching Band (Studi Kasus di MIN Bawu Jepara) Tahun 2017. Skripsi tidak diterbitkan. UIN Walisongo Semarang
Fatchana, Diana Tofan (2018). Peningkatan Religiusitas Siswa Melalui Budaya Sekolah (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 12 Surabaya dan MINU Pucang Sidoarjo). Tesis tidak diterbitkan. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Fathurrohman, Muhammad. (2015). Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama di Sekolah, Yogyakarta: KALIMEDIA
Gazalba, Sidi (1989). Mesjid; Pusat Ibadat dan Kebudayaan Islam. Jakarta:
Pustaka al-Husna
Ghufron, M. Nur & Riri Risnawita (2010). Teori-Teori Psikologi,
Yogyakarta: ar-Ruzz Media Group
Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan. (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Hamid, Hamdani. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia
Hamzah, Amir (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
,Hendro. (2011). Dasar – dasar Kewirausahaan. Jakarta: penerbit Erlangga, cetakan 1,
Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups. Jakarta:
PT Raja Grafindo
Hakam, Kama Abdul dan Encep Syarief Nurdin. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai (untuk Modifikasi Perilaku Berkarakter). Bandung: Maulana Media Grafika
Iskandar (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Gaung Persada
Karimah, Ira (2017). Peran Keluarga Dalam Menanamkan Religiusitas Anak(Studi Kasus Dua Keluarga di Desa Cikedokan Kabupaten Bekasi). Skripsi tidak diterbitkan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kemdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta:
Kementerian Pendidikan Nasional.
Kurniawan, Syamsul. (2016). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga. Yogyakarta: Ar-Rozz Media. Cet.3
Kosim, Abdul. (2018). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Lukiastuti, Fitri dan Muliawan Hamdani. (2011). Manajemen Strategik dalam Organisasi. Yogyakarta: penerbit Caps cetakan 1
Maarif, Syamsul. (2007). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Malik, Jamaluddin. 2005. Pemberdayaan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Marimba, Ahmad D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif
Miles, Matthew B and A. Michele Hubberman (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: SAGE Publication, 2nd ed
Moleong, Lexi J. ( 1998). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosyda Karya
Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muin, M Thaib Thohir Abdul. (1986). Ilmu Kalam, Jakarta: Widjaya
Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
________. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. (Bandung: Remaja Rosdakarya
Mustari, Mohamad (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan,
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Mustofa, Ali (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman Vol.5 No. 1 Juni 2019
Nata, Abudin. (1997). Filsafat Pendidkan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Nazir, Moh. (1983). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia anggota IKAPI
Noor, Juliansyah (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: KENCANA
Pupuh, dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika
Aditama.
Putro, Khamim Zarkasyi. (2005). Orangtua Sahabat Anak dan Remaja. Yokyakarta: Cerdas Pustaka
Resti, Fiki Inayati (2017). Pembentukan Karkater Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa SMA Negeri 1 Demak Melalui Program Tertib Parkir di Sekolah. Skripsi tidak diterbitkan. UNNES Semarang
Rohmat, Mulyana. ( 2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nila. Bandung: Alfabeta.
Sahlan, Asmaun. (2010). Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah. Malang: UIN MALIKI Press.
Sari, Eka Wulan. (2015). Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kultur Madrasah (Studi Kasus Di MTs Ali Maksum Yogyakarta dan MTs Nurul Ummah Yogyakarta). Skripsi tidak diterbitkan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Sholihin, Agus M dkk (2016). Mengembangkan Tanggung Jawab Pada Anak. Jakarta: Kemendikbud RI.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Suyanto. (2010). Pendidikan Karakter (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Rineka Cipta.
Thoha, Chabib dkk. (1999). Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (IKAPI).
Tim Penyusun (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,
Trianto (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan
Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group
Uhbiyati, Nur. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Ulfa, Dinia (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Dengan Layanan Konseling Individual Berbasis Self-Management Pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. UNNES Semarang
Wahyudin, Din (2009). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wibowo, Agus dan Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Winkel (1983). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Sanata Dharma
Yusuf, Syamsu. (2008). Psikologi Belajar Agama. Bandung: Maestro
Zainal, Asliah (2013). Religiusitas Kaaffah & Religiusitas Parsial. Jurnal AL MUNZIR.Vol. 6, No. 1, Mei 2013
Zubaedi (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maksur, Setia Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.