Manajemen Kelas dalam Pembelajaran PAI di Madrasah (Studi Kasus MTsN 13 Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.738Keywords:
Class Management, Islamic Religious Education LearningAbstract
Manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di madrasah masih mengalami banyak kendala hal itu disebabkan masih lemahnya kemampuan guru dalam mengelola kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana guru PAI MTsN 13 Tasikmalaya menjalankan prinsip-prinsip pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI, serta melihat bagaimana gaya kepemimpinan guru PAI dalam mengelola kelas agar pembelajaran efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri (human instrument). Dalam penelitian ini, sampel dipilih secara purposive, yaitu seluruh guru PAI MTsN 13 Tasikmalaya yang mencakup Mata Pelajaran Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan beberapa prinsip guru PAI MTsN 13 Tasikmalaya dalam mengembangkan pengelolaan kelas antara lain pembelajaran dilakukan dengan semangat, menyampaikan sesuatu yang menantang, menggunakan media, alat dan metode yang berbeda, memiliki fleksibilitas dalam melaksanakan pembelajaran, penekanan pada hal-hal yang positif dan menanamkan kedisiplinan pada siswa. Sedangkan gaya yang digunakan adalah pendekatan situasional berdasarkan keadaan.
Downloads
References
Amalia, H. (2019). Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 150–173.
Cooper, James M. 1995. Classroom Teaching Skills. Lexington : D.C. Heath and
Company.Daradjat, Zakiah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.
Djadjamihardja, Didi R., et.al. 1994. Kepemimpinan dan Gaya Kepemimpinan serta Efektivitas Kepemimpinan. Jakarta : Institut Bankir Indonesia.
Faisal. Sanapiah, 1990. Penelitian Kualitatif (dasar-dasar dan aplikasi). Malang :
Husni, K., & Herlina, I. (2023). Competency Strategy for SMA and SMK Teachers (Education Office of West Java Province). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(3), 923–932.
Keputusan Menteri Agama No 211 tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah
Kryati, L. (2018). Sistem Pengelolaan Kelas di Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2).
Mustofa, T. (2023). Pembelajaran PAI di PTN (Penelitian di Universitas Singaperbangsa Karawang). Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 615–626.
Rohani, Ahmad, 2004, Pengelolaan Pengajaran , Jakarta: PT Rineka Cipta.
Salmiah, M., & Abidin, Z. (2022). Konsep Dasar Pengelolaan Kelas Dalam Tinjauan Psikologi Manajemen. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(1), 41–60.
Saridudin, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Di Pesantren Ulya Zainul Hasan Probolinggo. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), 84–99.
Saridudin, S. (2021). Pemberdayaan Jamaah Melalui Pendidikan Life Skills Pada Masjid Al-Anwar Gondang Wonosobo. Penamas, 34(1), 23–42.
Silberman, Melm 2002, Active Learning, Jogakarta: Yapendis. Tohirin, 2005.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta, Bandung.
Tohirin, 2005, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PR Raja Grafindo.
Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : P.T. Gramedia.
Yumnah, S. (2018). Strategi dan pendekatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 13(1), 18–26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saridudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.