Pemberdayaan Lingkungan Berbahasa Arab dengan Menggunakan Metode Silent Way dan Mim-Miem di SMA Cahaya Qur’an Desa Cimanggu II Cibungbulang Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.762Keywords:
Lingkungan berbahasa arab, Metode Silent Way, Metode Mim-memAbstract
Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengembangkan komunitas lembaga dalam menciptakan lingkungan berbahasa arab dengan metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem di SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD. Berdasarkan hasil Pengembangan komunitas lembaga dalam menciptakan lingkungan berbahasa arab dengan metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem berbasis bahasa arab di SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor, tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan dan seluruh asset yang berkaitan dengan sekolah Cahaya Qur’an. Pelaksanaan pemberdayaan berjalan dengan optimal karena pemberdayaan ini menghasilkan pengembangan kualitas asset SDM guru-guru SMP Cahaya Qur’an menguasai pengetahuan tentang menciptakan APE dan lingkungan pembelajaran bahasa arab dan luring yang efektif. Temuan berikutnya menunjukkan bahwa pemberdayaan yang telah dilakukan di komunitas ini ternyata berdampak pada penambahan sarana pendidikan di lembaga tersebut yaitu pada referensi buku-buku tentang metode pembelajaran. metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem berbasis bahasa arab di lembaga ini akan sangat signifikan bagi peningkatan proses dan hasil berlajar di komunitas tersebut. Metode Mim-Mem adalah suatu cara yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dimana guru mengucapkan suatu mufradat atau kosakata kemudian siswa menirukan dan menghafalkannya, metode ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Metode Mim-Mem akan membuat siswa belajar dengan baik, belajar menjadi menyenangkan, belajar dengan kondisi yang nyaman, dan belajar yang efektif dan efisien. Metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem juga mengindikasikan bahwa keberhasilan belajar bisa dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif.
Downloads
References
Abrar, Muhammad. "Fa'āliyyah Tathbīq Tharīqah Puzzle fī Tachsīn QudrahTakallum at-Talāmīdz di Madrasah Sabīl at-Taqwa atsTsānawiyyah Margomulyo Luwu Timur." Arabia 12.1 (2020).
Abrar, Muh. "PENGARUH METODE DISKUSI QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA." Al-Mubin; Islamic Scientific Journal 3.1 (2020).
Abrar, Muhammad. "الدراسة البلاغية فى أسلوب القصر عند معانى اللغة العربية حول سورة آل عمران." A’Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 9.2 (2020).
Abrar, Muhammad. "فاعلية طريقة تدريس خارج الفصل لترقية اللغة العربية للطلاب فى المدرسة الثانوية بمعهد أم القرى الإسلامي بوغور." Al-Mubin; Islamic Scientific Journal 2.2 (2019).
Abrar, M. (2023). BIMBINGAN BAHASA ARAB TINGKAT DASAR PADA MASYARAKAT KELURAHAN BENTENG CIAMPEA BOGOR. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 35-51.
Abrar, M., (2022). AL-‘ALAAQAH BAINA ITQAAN AL-MUFRADAAT WAL INSYAAAT- THULLAAB AS-SHAF AT-TAASI’FII AL-MADRASAH AT-TSANAWIYYAH MA’HAD UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR. SHAWTUL ARAB, 2(1), 8-19.
Abrar, M. (2023). Hubungan Kemampuan Bahasa Arab terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur’an Santri Kelas XI SMA Cahaya Qur’an Cibungbulang Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1), 35- 43.
Abrar, M. (2023). FA'AALIYYAH ITQAAN FII TARJAMAH AN-NUSHUS AL-'ARABIYYAH LILFASHL AT-TSAMIN (VIII A) FII AL-MADRASAH AT-TSANAWIYYAH “ANWARUL HIDAYAH” PAMIJAHAN BOGOR. SHAWTUL ARAB , 2 (2), 85-92.
Al-Farisi, T., Abrar, M., & Akasahtia, LT (2022). ISTIRATIJIYYAT MU'ALLIM AL- lUGHAH AL-'ARABIYYAH 'INDA TAGHALLUBI SU'UBAH QIROAAT AN- NUSUUS AL-'ARABIYYAH 'ALAA THULLAABI AS-SHAFI AL-'AASYAR FII AL- MADRASAH AL-'ALIYATI AL-MUHAJIRIN CIGUDEG (DIRAASAH HAALIYAH ‘AN MADDAH AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH). SHAWTUL ARAB , 2 (1), 31-42.
Abrar, M. (2022). KITAAB DURUSU AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH WA ATSARUHU FII TADRIIS AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH 'ALAA MUNJIZ THAALIBAAT AS-SHAF AS-SABI'“E” MADRASAH FII TSANAWIYYAH LILBANAAT BI MA'HAD UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR. SHAWTUL ARAB , 1 (2), 177-183.
Ardiansah, Danus.“Kampung Bahasa Sebagai City Branding Kota Pare Kediri Studi Kualitatif Komunikasi Pemerintahankabuoaten Kediri”. hasil Penelitian Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Arini, Aida, Shobihus Surur, and Vian Hanes Andreastya. “Efektifitas Pembelajaran Al-Qur’an Qiroah Muwahadah Di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an.” Sainsteknopak 4, no. 1 (2020).
Astuti, Rini. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak AttentionDeficit Disorder Melalui Metode Al- Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7, no. 2 (2013): 251–66. https://doi.org/10.21009/JPUD.072.11.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoriti. Jakarta: Rineka cipta. al-Dilamy, Ṭaha ‘Ali Husain wa Sa’ad ‘Abd al-Karim al- Wa’iy. 2009. Ittijahat Hadithah fi Tadris al-Lughah al- ‘Arabiyah. Oman: Jidar Maktab al-‘Alamy.
Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hermawan, Acep. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Lawadi,
Hamzah Abbas. 2012. Keutamaan dan Kewajiban Mempelajari Bahasa Arab. TT: Naashirusunnah.
Mansur. “Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Arab” al-‘Arabiyyah Vol. 1 No. 1.2014.
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.
Qumaihah, Jabir. 1998. Atsar Wasa’il al-Iʻlam al-Maqru’ah wa al- Masmuʻah wa al- Mar’iyyah fi al-Lughah al-‘Arabiyyah. Madinah: Nadi al-Madinah al-Munawwarah al-Adabi.
Ishaq, Ahmad Hanifuddin, and Ruston Nawawi. “Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’Ah.” Qof 1, no. 1 (2017): 15–24. https://doi.org/10.30762/qof.v1i1.926.
Wahab, Muhbib Abdul “Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Dan Peradaban Islam” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 1 No. 1, 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abrar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.