Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Seminar Kurikulum Merdeka di MIS Al Munawaroh Cibungbulang Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.764Keywords:
Guru, Profesional, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum Merdeka dirancang pemerintah untuk mengatasi krisis pendidikan Indonesia. Hampir seluruh indikator keberhasilan belajar belum tercapai. Berbagai perubahan konsep pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Merdeka, diharapkan menjadi solusi bagi berbenahnya keterpurukan pendidikan Indonesia. Guru sebagai faktor penentu ketercapaian target tersebut haruslah mampu mempersiapkan dirinya dengan kompetensi profesional. Diketahui dari hasil test awal bahwa pemahaman guru MIS Al-Munawaroh mengenai Kurikulum Merdeka masih rendah. Seminar Kurikulum Merdeka Belajar sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi profesional guru MIS Al-Munawaroh.
Downloads
References
lfath, A., Fara N. A. dan Dede I. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Merdeka Belajar. Jurnal SOSHUMDIK, Vol 1 (2: 42-50).
Daga, A. T. (2021, Agustus). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3).
Idris, M. (2019). Standar Kompetensi Guru Profesional. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5(2): 41-54.
Kemdikbudristek. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Puskur Kemdikbudristek.
Rahmasyah, M. F. (2021). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia , 789.
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas.
https://sdg.komnasham.go.id/sdg-content/uploads/2017/04/Tujuan-4.pdf
, hlm: 105.ma Islam
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Aisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.