Manajemen Mutu Proses Pembelajaran di SMA Negeri 4 Karawang

Authors

  • Muhammad Zaidan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ilham Fahmi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhamad Faizin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.766

Keywords:

Manajemen Mutu, Proses pembelajaran

Abstract

Abstrak: Perkembangan dunia pendidikan sangat pesat, oleh karena itu dibutuhkan manajemen mutu untuk memastikan kesetaraan dalam pengaplikasian pelajaran, manajemen mutu proses pembelajaran yang seharusnya dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran perlu dianalisis secara mendalam. Berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti permasalahan berkaitan dengan manajemen mutu dalam proses pembelajaran yang belum diterapkan secara maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru dari SMA 4 Karawang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA 4 Karawang telah menerapkan manajemen mutu dalam proses pembelajarannya akan tetapi efektifitas pelaksanaannya belum berjalan dengan baik. Sekolah belum sepenuhnya melaksanakan dimensi pelaksanaan mutu pendidikan dengan tepat. Fase pelaksanaan mutu berdasarkan hasil wawancara baru kepada fase awal pelaksanaan mutu. Hal ini terlihat dari pernyataan responden fasilitas yang masih perlu ditambah dan proses pengimplementasiannya menyesuaikan pada kondisi siswa.

Kata Kunci : Manajemen Mutu, Proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Fathul. (2018). Professionalitas Dan Mutu Pembelajaran. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Bungin Burhan. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Solihat, D., Darmiyanti, A., & Ferianto, F. (2022). Penerapan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2), 197-208.

Follet, Mary Parker. (2007). Manajemen. Jakarta: Indeks

George R. Terry. (2000). Prinsip-Prinsip Manajemen. (edisi bahasa Indonesia). Bandung: PT. Bumi Aksara. Husein Umar, 2004.

Hambali, I. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran, 1(1), 50.

Hasan, Iqbal.(2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. (2008). Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kalimantara, A. (2020). Kompotensi Kewirausahaan kepala sekolah dan implikasinya pada peningkatan mutu pendidikan, 1(1), 30-35.

Karwati & Priansa. (2014). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Koontz, Harold & Cyril O’Donnel & Heinz Weihrich. (2007). Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lee,Oey,Liang. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustari, Muhamad. (2014) Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mustofa, T., Farida, N. A., & Ferianto, F. (2023). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 44-54.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nursiah, S., & Ferianto, F. (2023). PENGUATAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 BATUJAYA. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 112-119.

Prasetyono, H. (2020). Manajemen Mutu Proses Pembelajaran, 1(1), 20-21.

Prasetyono, H., Tjitrosumarto, S., & Setyohadi, J. S. (2020). Pelaksanaan Manajemen Mutu Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Sosio E-Kons, 12(3), 243-252.

Radea. (2018). Kualitas Mutu Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Rikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter. (2007). Manajemen. Edisi Kedelapan. Jilid 1. Klaten: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Setiawan. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Sondang P. Siagian. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Suryana, S. (2023). PERENCANAAN PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI SMA NEGERI 4 KARAWANG. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(1), 26-38.

Sutrisno Hadi, M. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syaiful, Sagala. (2012). Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Vidia, C. (2022). Manajemen Peningkatkan Kinerja Guru Untuk Menghasilkan Pembelajran Yang Bermutu, 1(1), 40.

Wahyuni, Esa, Nur. (2008uari 2017, hlm: 105.ma Islam

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Muhammad Zaidan, Ilham Fahmi, and Muhamad Faizin. 2024. “Manajemen Mutu Proses Pembelajaran Di SMA Negeri 4 Karawang”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (1):195-202. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.766.

Issue

Section

Articles