Penerapan Reinforcement Positif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home

Authors

  • Patimah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Dwi Anita Alfiani IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Siti Saniah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.774

Keywords:

Reinforcement Positif, Motivasi Belajar, Siswa Broken Home

Abstract

Reinforcement positif merupakan respon positif yang ditunjukkan guru kepada siswa dengan harapan siswa tersebut dapat membiasakan perbuatan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan mendeskripsikan faktor pendukung serta penghambat dalam menerapkan reinforcement positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dengan dua jenis sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran, wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi dari narasumber mengenai faktor pendukung dan penghambat penerapan reinforcement positif, dan dokumentasi dilakukan untuk menelusuri data siswa broken home. Subjek penelitian ini yaitu 3 wali kelas dan 7 siswa broken home di MIN Kota Cirebon. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan reinforcement positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home cukup signifikan dengan memberikan kalimat positif berupa jawabannya tepat sekali. Menunjukkan gerak tubuh yang memberikan kesan baik berupa tepuk tangan. Memberikan penguatan melalui kontak fisik berupa berjabat tangan. Faktor pendukungnya adalah selalu mengedepankan kerjasama wali kelas dengan orangtua, adanya sarana prasarana yang memadai, siswa yang mempunyai cita-cita dan keinginan untuk belajar. Dan faktor penghambatnya, latar belakang siswa broken home dan karakteristik siswa yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi, W. (2004). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Anwar, D. C. (2017). BUKU TERLENGKAP TEORI-TEORI PENDIDIKAN KLASIK HINGGA KONTEMPORER (Y. Arifin (Ed.)). IRCiSod.

Didik Himmawan, Syaefulloh, Sofyan Sauri, & Azi Khoirurrahman. (2023). Peran Tenaga Pendidik Dalam Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Emas Indonesia. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 20–30. Retrieved from https://manajia.my.id/index.php/i/article/view/3

Erica, D., Haryanto, H., Rahmawati, M., & Vidada, I. . (2019). Peran orang tua terhadap pendidikan anak usia dini dalam pandangan islam. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(2), 58-66. Universal Pendidikan, april 2017, 8–22.

Fitriani, Samad, A., & Khaeruddin. (2014). Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement (Penguatan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas VIII.A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 2(3), 192–202.

Hafiza, S., & Mawarpury, M. (2018). Pemaknaan Kebahagiaan oleh Remaja Broken Home. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 59–66. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.1956

Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.

Hardi, E. (2016). Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 1(2), 1–8. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/57

Konseling_individual_teori_dan_praktek_S. (n.d.).

Maftuhah, M., & Noviekayati, I. (2020). Teknik Reinforcement Positif Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Kasus Skizofrenia. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(2), 158. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i2.2406

Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal Community Empowerment, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.92

Nurvalah, S., Wiharna, O., & Yayat, Y. (2016). Pemberian Reinforcement Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa Smk Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan/Servis Sistem Kopling Dan Komponennya. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 135. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3205

P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosda Karya.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Wade, C. (2007). Psikologi. Erlangga.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Patimah, Dwi Anita Alfiani, and Siti Saniah. 2023. “Penerapan Reinforcement Positif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1062-73. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.774.

Issue

Section

Articles