Potensi Kalbu Dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur'an dan Hadist
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.787Keywords:
Al-Qur'an Hadist, Kalbu, Pendidikan IslamAbstract
Siswa merupakan individu bebas yang dapat menentukan baik maupun buruk dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat. Hal tersebut tidak terlepas dari eksistensi siswa sebagai manusia yang memiliki potensi kalbu. Potensi kalbu merupakan potensi yang dapat membolak-balikkan perasaan dan keputusan yang ada pada diri manusia. Al-Qur’an dan Hadis banyak membicarakan tentang potensi kalbu baik secara konkret ataupun abstrak. Berdasarkan itulah penulis ingin membahas potensi kalbu persektif Al-Qur’an dan Hadis dan implementasinya dalam pendidikan Islam. Permasalah dalam artikel ini diteliti menggunakan penelitian pustaka yang sumber datanya berasal dari buku dan jurnal. Penulis menggunakan dokumentasi dan analisis konten dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Kalbu dapat didefinisikan sebagai jantung dan hati secara immateri. Kalbu secara hati immateri memiliki kedudukan tertinggi dalam pengambilan keputusan dan mempengaruhi tindakan serta perilaku indiviu. Potensi kalbu yang terdapat dalam Al-Qur’an hadis yaitu kalbu sifatnya tidak konsisten, kalbu adalah hakikat yang melekat pada diri manusia, kalbu sebagai sentral pengajaran, kalbu dapat tenteram karena berdzikir, kalbu dapat mati karena sifat hasad, takabur, dan menentang kebenaran, dan terdapat bisikan kebaikan, bisikan maksiat, dan bisikan labil pada kalbu. Implementasi potensi kalbu dalam pendidikan Islam yaitu berdoa, husnudzon, dzikrullah, tidak gegabah, istighfar, muhasabah.
Downloads
References
Amda, Ahmad Dibul & Daheri, Mirzan. (2020). Makna Semantik Qalbu dalam Al-Qur’an. SYAIKHUNA: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam STAI Syichona Moh. Cholil Bangkalan, 11(2), 195-99. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i2.4043
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Baqi, Muhammad Fu’ad Abdul. (2017). Shahih Bukhari Muslim. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Dewantara, Jagad, dkk. (2023). Pengaruh Teknologi Dalam Sikap Moralitas dan Tanggung Jawab. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 55. https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4607
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. (2012). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia
Fajar, Dadang Ahmad. (2011). Epistimolohi Doa. Bandung: Nuansa Cendekia
Hasanah, Siti Alfiatun. (2018). Konsep Muhasabah dalam Al-Qur’an: Telaah Pemikiran Al-Ghazali. Al-Dirayah, 2(2), 63. http://jurnal.stiqlathifiyyah.ac.id/index.php/dirayah/article/view/24
Ilyas, Rahmat. (2017). Zikir dan Ketenangan Jiwa: Telaah atas Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(1), 105. https://doi.org/10.32923/maw.v8i1.699
Komalasari, Shanty. (2019). Doa dalam Perspektif Psikologi. Proceding Antasarii International Conference. Banjarmasin: UIN Antasari.
Mansyur. (2017). Al-Qalbu dalam Perspektif Al-Qur’an. Tafsere, 5(1), 50. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/tafsere/article/view/7318
Pane, Bessy Sitorus. (2015). Peranan Olahraga dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 2. https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i79.4646
Rahmawan, Aditya Zulmi dan Efendi, Zaenuriyah. (2022). Implementasi Society 5.0 dalam Kebijakan dan Strategi Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 37. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i1.861
Sahbana, M. Dwi Rahman. (2022). Hakikat Sumber Daya (Fitrah, Akal, Qal, dan Nafs) Manusia dalam Pendidikan Islam. Journal of Counseling, Education, and Society, 3(1), 2-5. https://doi.org/10.29210/08jces155000
Siregar, Maragustam. (2010). Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna: Falsafah Pendidikan Islam. Yogyakarta: Nuha Litera
Siregar, Maragustam. (2014). Filsafat Pendidikan Islam: Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta:Kurnia Kalam Semesta
Siregar, Raja Lottung. (2016). Al-Af’idah dan Qulub serta kaitannya dengan Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 13(1), 108. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1514
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendektan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chusnunnisa’ Suryanudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.