Pengembangan Budaya Religius Sebagai Wadah Pembangunan Karakter Siswa MA Zainul Hasan 04 Dalam Menyongsong Masa Depan Di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.788Keywords:
Budaya Religius, Pembangunan Karakter, Era Society 5.0Abstract
Krisis moral yang terjadi di bangsa ini menjadi suatu kegelisahan untuk semua kalangan. Misal banyaknya krisis yang kompleks dari berbagai kejadian seperti bullying, penyalahgunaan obat terlarang, pergaulan bebas, dan pelecehan seskesual. Salah satu usaha yang dilaksanakan sekolah guna membangun karakter peserta didik yaitu melalui budaya religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Bentuk program pengembangan budaya religius di MA Zainul Hasan 04 Pakuniran: istighosah dan tahlil setiap pagi, kultum, pembiasaan 5S, shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, membaca al-qur`an dan doa ketika memulai dan mengahiri pembelajaran, perayaan hari besar Islam, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan 2. Pelaksanaan budaya religius sebagai wadah membangunan karakter siswa MA Zainul Hasan 04 Pakuniran meliputi pembacaan istighosah dan tahlil bersama di depan kelas sebelum pembelajaran dimulai. Pembacaan istighosah dan tahlil dipimpin salah satu peserta didik dan diakhiri dengan mauidzah hasanah, pembiasaan 5S, perayaan hari besar Islam dengan mengadakan berbagai perlombaan keagamaan, dan berbagai ektrakulikuler keagamaan seperti tahfidzul Qur`an, banjari, kitab kuning. 3. Dampak pengembangan budaya religius dalam membangun karakter siswa MA Zainul Hasan 04 Pakuniran 04 Di Era Society 5.0 adalah menjadikan karakter siswa yang berakhalakul karimah, karakter disiplin, karakter religius, karakter mandiri, karakter tanggung jawab.
Downloads
References
Aziz, Misfaf Abdul. 2019. “Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Islam Ulul Albab Nganjuk.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 9(3).
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik Dan Praktik Konstekstualisasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Yogyakarta: Kalimedia.
Fatimah, Fatimah. 2021. “Implementasi Budaya Religius Dalam Membina Akhlak Siswa Di MI Rahmatullah Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan Guru 2(1).
Fauzi, Muhammad Umar, and Maulidatul Khoiriyah. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius Dalam Mengembangkan Soft SkillSiswa Di SD Ar Rahman Kertosono.” At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman Vol. 8(No. 2): 1–15.
Handitya, Binov. 2021. “Membangun Karakter Pancasila Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” jurnal pancasila 2(2).
Lickona, Thomas. 2018. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
M.Turmudi, Wasito &. 2018. “Penerapan Budaya Religius Di SD Al Mahrusiyah.” Jurnal sains dan teknologi.
Maryono. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter MandiriDi Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 3(No. 1).
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nazir. 2018. Metode Penelitian, Dalam Julia, Gaya Petikan Kecapi Tembang: Seputar Biografi Seniman Tembang Sunda. Sumedang: Upi Sumedang Press.
Noor, Tajuddin. 2018. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 2(1).
Prasetya, Benny. 2014. “Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah.” EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal) 2(1): 100–112.
Purnomosidi, Faqih et al. 2022. Buku Referensi Kesejahteraan Psikologis Dengan Sholat Dhuha. Lembaga Chakra Brahmana Lentera.
Putra, Kristiya Septian. 2015. “Implmentasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Religious Culture) Di Sekolah.” Jurnal Kependidikan 3(2): 14–32.
Sani, Ridwan Abdullah, and Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter : Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistiani, Sri. 2020. “Membangun Karakter Berbasis Budaya Jawa Pada Era Revolusi Industri 4.0, Revolusi Society 5.0, Dan ‘Merdeka Belajar.’” Prosiding Seminar Nasonal.
Syifa, Ulya Zainus, Sekar Dwi Ardianti, and Siti Masfuah. 2022. “Analisis Nilai Karakter Tanggungjawab Anak Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Educatio Vol. 8(No. 8): 568–77.
Tajudin, Ahmad, and Andika Aprilianto. 2020. “Strategi Kepala Madrasah.. Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2): 101–10.
Tim dosen UPI. 2018. “Albert Bandura Reflection Social Learning Theory.” https://dosen.upi-yai.ac.id/.
Umro, Jakaria. 2018. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Yang Berbasis Multikultural.” Jurnal Al-Makrifat Vol. 3(No. 2): 149–66.
Wulandari, Dewi Asri. 2018. “Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini.” Awlady Jurnal Pendidikan Anak Vol. 4(No. 2).
Yanti, Selvi, Sarmila, and Tuti Nuriyati. 2023. “Implementasi Budaya ReligiusIDalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMAN 2 Bengkalis.” 2(No. 1): 103–16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lailatul Rifqoh Izzati, Rico Supriyadi, Nur Fadhilatul Fitria, M. Fahim Tharaba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.