Analisis Kepemimpinan Dan Kebijakan Strategis Mutu Pendidikan Muhammadiyah Boarding School Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.823Keywords:
Kebijakan, Kepemimpinan, MBS Kota Serang, Mutu Pendidikan, SWOTAbstract
Pondok pesantren Muhammadiyah bercirikan mengintegrasikan pendidikan sekolah umum dengan pendidikan pesantren. Mencapai mutu pendidikan diperlukan kepemimpinan, kemampuan, kepercayaan dan kebijakan strategis mengelola lembaga pendidikan. Tujuan penelitian menganalisis kepemimpinan dan kebijakan strategis terhadap mutu pendidikan di lembaga pendidikan Islam. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Kota Serang. Data bersumber dari observasi, wawancara dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan strategis yang tepat diterapkan MBS Kota Serang adalah memanfaatkan khususnya strategi kekuatan dan peluang untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan, kebijakan strategis dan mutu pendidikan progresif dari periode sebelumnya. Adanya kebijakan strategi dengan kekuatan dan peluang menunjukkan bahwa MBS Kota Serang mengambil langkah-langkah untuk penguatan strategi dengan mencarikan sumber pendanaan yang baru, meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat dengan sosialisasi yang lebih luas, meningkatkan kualitas kepemimpinan dan anggaran serta meningkatkan sumber daya dan insentif yang perlu di fokuskan pada lima tahun ke depan sebagai penguatan visi dan misi pesantren. Implikasi penelitian dengan kepemimpinan dan kebijakan strategis yang tepat akan mencapai mutu pendidikan.
Downloads
References
Afriansyah, A. (2018). Konsep Pemimpin Ideal Menurut Al-Ghazālī. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 1(2), 82. https://doi.org/10.23971/njppi.v1i2.905
Ahmadi. (2021). Kepemimpinan Pesantren: Pola Komunikasi dan Komitmen Integrasi Budaya. Ruas Media.
Assahrawiza, Neviyarni S, & Herman Nirwana. (2024). Communication And Classroom Management Strategies To Improve Student Personality Growth. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.58355/psy.v2i1.18
Asep Mulyana, Aisyatuzikra, Entat Sholihat, & Juliyadi. (2023). Manajemen Pendidikan Islam Tingkat SMP/MTs Dan SMA/SMK/MA. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.8
Azizaturrosyidah, U., Faiz Amali, M., Suklani, & Ahsan, M. (2023). Penerapan Manajemen Guru Berbasis Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 431–447. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.408
Bush, T. (2007). Educational Leadership and Management: Theory, Policy, and Practice. South African Journal of Education, 2(3), 391–406. https://doi.org/10.24234/miopap.v3i3.255
Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publication.
Fachrudin, Y. (2021). Strategi Penguatan Mutu Berbasis Pesantren. Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 91–108.
Fadilah, M. (2021). Model Kepemimpinan Kyai Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Pondok Pesantren Kebon Jambu Ciwaringin Cirebon. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 19–23. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.694
Faujiah, S., Syaifudin, M., & Andriani, T. (2023). Manajemen Strategi dalam Lembaga Pendidikan. JEMSI, 4(3), 680–694. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.560
Ghofur, M. A., & Sa’ada, L. Z. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 6(2), 109–116. https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i2.10555
Goleman, D. (2019). Review: Leadership That Gets Results. Harvard Business Review, 1–15. www.hbr.org
Gondowidjojo, S. (2020). Strategi Regenerasi Kepemimpinan Bisnis Keluarga Dalam Upaya Meningkatkan Keberlanjutan Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Tekstil Dan Garmen Milik Keluarga Di Bandung Raya). Universitas Pasundan.
Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.
Hasan, A. B. P. (2018). The Implementation of Mental Health Concept by Imam Al-Ghazali in Islamic Counseling Guidance. Journal of Strategic and Global Studies, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.7454/jsgs.v1i1.1000
Hunjra, A. I., Shamim, N., & Khalid, B. (2014). Impact of Strategic Planning on the Financial Performance of Small and Medium Banks in Islamabad. Bulletin of Business and Economics, 3(2), 96–130. https://ssrn.com/abstract=3229701
Imanuddin. (2021). Kepemimpinan Kiai Dalam Mendidik Santri Di Pondok Pesantren. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(2), 538–553.
Jahari, J., & Rusdiana. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Darul Hikam.
Jannah, A., Arni, I., & Jaisyurohman. (2021). Kepemimpinan Dalam Pesantren. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(1), 42–49.
Jannah, A. M., Arni, I. H., & Jaisyurohman, R. A. (2021). Kepemimpinan Dalam Pesantren. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(1), 42–49.
Kemenag. (2023). Statistik Pondok Pesantren Tahun 2023. Kementerian Agama Republik Indonesia. https://emispendis.kemenag.go.id/pdpontrenv2/Statistik/Pp
Kholis, N. (2014). Manajemen strategi pendidikan: (formulasi, implementasi dan pengawasan). UIN SA Press.
Kuswandi, I. (2020). Dinamika Pendidikan Pesantren di Muhammadiyah. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 5(1), 65–78. https://doi.org/10.22515/shahih.v5i1.2513
Musnaeni, Abidin, A., & Purnamawati. (2022). Pentingnya Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1168
Nila Frischa Panzola, Neviyarni S, & Herman Nirwana. (2024). Classroom Management Strategies in Creating an Effective Learning Atmosphere. Manajia: Journal of Education and Management, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.58355/manajia.v2i1.30
Norman, E., Paramansyah, A., Utami, W., & Aminah, S. (2022). SWOT Analysis as a Strategy for Madrasah Principals in Realizing Academic Madrasah. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 520–530. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3506
Nujumuddin, N. (2019). Dampak Kebijakan Akreditasi terhadap Peningkatan Kinerja Guru Madrasah (Studi di MI Nurul Muhsinin Desa Batujai). Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 1–13. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1106
Pongantung, M. C., Dengo, S., & Mambo, R. (2021). Manajemen Strategis Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Motoling Dua Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 7(103), 76–86.
Ramly, M. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Pesantren: Dinamika Kepemimpinan Kiai di Pesantren. AL-Falah, 17(32), 125–162.
Remiswal, R., Hasbi, F., & Diani, Y. P. (2020). Model Kepemimpinan Di Pondok Pesantren. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 63–78. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2052
Rijal, S. (2015). Kritik Ibnu Taimiyah Terhadap Tarekat. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 2(1), 57–67.
Sagala, S. (2015). Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Tarbiyah, 22(2), 205–225.
Sarsby, A. (2012). A Useful Guide to SWOT Analysis.
Saugi, W., Suratman, & Fauziyah, K. (2022). Kepemimpinan Kiai Di Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 10(1), 2022. https://doi.org/https://doi.org/10.31969/pusaka.v10i1.671
Sholikhah, Z., Wang, X., & Li, W. (2019). The Role of Spiritual Leadership in Fostering Discretionary Behaviors: The Mediating Effect of Organization Based Self-Esteem and Workplace Spirituality. International Journal of Law and Management, 61(1), 1–23.
Sidiq, M. (2020). Pergeseran Pola Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Lembaga Pesantren. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11(1), 144–156.
Sidiq, U., & Khoirussalim, K. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. In Nata Karya (Vol. 1). CV Nata Karya.
Siswanto. (2015). Desain Mutu Pendidikan Pesantren. Karsa: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 23(2), 258–274. https://doi.org/10.19105/karsa.v2312.726
Smith, G., Minor, M., & Brashen, H. (2018). Spiritual Leadership: a Guide To a Leadership Style That Embraces Multiple Perspectives. Journal of Instructional Research, 7(1), 80–89. https://doi.org/10.9743/jir.2018.7
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 85–103.
Syarif, Z. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kiai dan Kontribusinya Terhadap Mutu Pendidikan Pesantren. Fikrotuna, 6(2), 521–531. https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3112
Syauqi, M., Novena, & Imam. (2023). Penerapan Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Kuta Badung Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Jurnal Faidatuna, 4(1), 236–256.
Syifa Nur Fadilah, and Didik Himmawan. 2023. “Desain Bimbingan Belajar Yang Efektif Untuk Kemandirian Belajar (Studi Di MTs An-Nur Kota Cirebon Dan SMP Muhammadiyah Cirebon)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):960-67. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.552.
Tampubolon, I. (2019). Trilogi Sistem Pendidikan Pesantren Muhammadiyah: Suatu Pengantar. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 1(1), 116–134. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.797
Tolib, A. (2015). Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. Risalah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 60–66. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.12
Umam, M. K., & Firdausi, Z. (2019). Komite Madrasah Dalam Konteks Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 7(1), 39–56. http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/87
Vitri, A., Sulistyorini, & Chotimah. (2023). Manajemen Strategik Berbasis Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTSN 3 Tulungagung. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 6(1), 17–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Safiudin, B. Syafuri, Anis Fauzi, Utami Syifa Masfu'ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.