Manajemen Kurikulum Mutu Pendidikan Jaringan Sekolah Islam Terpadu di SMP IT Insan Mandiri Kota Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.836Keywords:
Manajemen, Kurikulum, Mutu Pendidikan, Sekolah Islam Terpadu, SMP IT Insan Mandiri SukabumiAbstract
Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) merupakan kurikulum yang mengintegrasikan kurikulum Nasional berbasis pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum JSIT di SMP IT Insan Mandiri Kota Sukabumi yang diwujudkan dalam program sekolah. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data utama diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dengan cara triangulasi data. Hasil penelitian ini bahwa implementasi kurikulum JSIT di SMP IT Insan Mandiri Kota Sukabumi menunjukkan indikasi internalisasi nilai-nilai Islam pada semua mata pelajaran, muatan lokal dan kurikulum program. Faktor keberhasilan adalah peran kepala sekolah dalam mengevaluasi kinerja guru, peran pendidik dan tenaga kependidikan dalam keberhasilan program sekolah, peran minat siswa dalam mencari ilmu di lembaga ini dan peran orang tua yang puas dengan pelayanan keilmuan dan dilaksanakan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Adawiyyah, Siti R. Guru Prakarya, Wawancara, Kota Sukabumi, Senin, 12 Oktober 2018
Al-Quran dan terjemah Standar Kementrian Agama Tahun 2015 “Aplikasi Quran in Word Versi 64 - 3.0.”
Anwar, S., Hidayat, T., & Sofwandi, M. (2023). Manajemen Kesiswaan Jaringan Sekolah Islam Terpadu Di SMP IT Insan Mandiri Kota Sukabumi Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idaroh, 8(1), 44–52.
Anwar, Observasi Guru Tahfidz Tahsin Al-Quran, Kota Sukabumi, 2018
Bungin, Burhan, Metode Penelitian Kuantitatif . Jakarta : PT.Kencana, 2017
Citra, Eka. Wakasek Bid.Kurikulum, Wawancara, Kota Sukabumi, Selasa 2 Oktober 2018
Dokumen Kurikulum SMP IT Insan Mandiri Tahun pelajaran 2018/2019
Firdaus, Andika W. Koordinator Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Wawancara, Kota Sukabumi, Jum’at 5 Oktober 2018
Hamdhani, Irfan. Guru IPS, Wawancara, Kota Sukabumi, 12 Oktober 2018
Hidayat, I., Fudiah, N. Al, & Hidayat, T. (2023). دور اللغة العربية في تطبيقات الذكاء الاصطناعي لتقدم الحضارة العالمية الحديثة. Lisanudhad: Jurnal Bahasa, Pembelajaran Dan Sastra Arab, 10(1), 116–126.
Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. 2018. “Paradigma Islam Dalam Metodologi Penelitian Dan Implikasinya Terhadap Penelitian Pendidikan Agama Islam.” Tadrib 4(2):225–45.
Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. 2019. “Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam 19(1):159–81.
Hidayat, Tatang, Endis Firdaus, and Momod Abdul Somad. 2019. “Model Pengembangan Kurikulum Tyler Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” POTENSIA : Jurnal Kependidikan Islam 5(2):197–218.
Hidayat, Tatang, and Aceng Kosasih. 2019. “Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah.” Murobbi : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(1):45–69.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin Fahrudin. 2018. “Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8(2):218. doi: 10.22373/jm.v8i2.3397.
Hidayat, T., Mufarokah, S., & Huda, S. (2023). Variasi Bahasa Arab Dari Segi Penutur Dalam Film Arab Imam Ahmad Bin Hanbal Seri Pertama. Al-Fathin, 6(2), 217–234.
Hidayat, T., Perdana, J., Istianah, I., Saputra, A., Erlina, L., Saket, S. A. S., & Al-Gumaei, A. M. A. (2024). Social Media Da’wah Strategy in Implementing Islamic Da’wah. ASEAN Journal of Religion, Education and Society, 3(1), 51–58.
Hidayat, T., Rizal, A. S., Abdussalam, A., & Istianah. (2023). Techniques and Steps of Islamic Education Learning Development : Integration of Islamic Values in Learning. Halaqa: Islamic Education, 7(2), 83–91. https://doi.org/10.21070/halaqa.v7i2.1630
Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397
https://jsit-indonesia.com/sample-page/makna-terpadu-pada-sit/
Husaini, Adian. Pendidikan Islam Membentuk Siswa Berkarakter dan Beradab. Jakarta: Cakra Media, 2011
Ismail, Hasan. Guru SBK, Wawancara, Kota Sukabumi, 12 Oktober 2018
Jaelani, J. (2023). Modernitas Kehidupan Beragama Dalam Perkembangan Pendidikan Islam ( Studi Analisis Pemikiran Muhammad Abduh ). Civilization Research: Journal Of Islamic Studies, 2(2), 168–187. https://doi.org/10.61630/crjis.v2i2.1
Junaedi, Ook. Kepala Sekolah, Wawancara, Kota Sukabumi, Selasa 2 Oktober 2018
Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV.Pustaka Setia, 2011
Muhab, Sukro, Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu JSIT, Jakarta : JSIT Indonesia, 2010.
Mursalin, H., Azkiyannada, & Hidayat, T. (2023). Pengembangan Konsep Pendidikan Islam Pada Surat Luqman Ayat 12-19 Berdasarkan Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. Jurnal Paramurobi, 6(2), 113–126.
Nasrudin, Endin. Psikologi Manajemen. Bandung : CV. Pustaka Setia, 2010
Nurdin, Guru Matematika, Wawancara, Kota Sukabumi, Senin 8 Oktober 2018
Nurdini, Elvin. Guru IPA, Wawancara, Kota Sukabumi, Senin 8 Oktober 2018
Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
Rahmawati, Fitri. Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Wawancara, Kota Sukabumi Senin, 8 Oktober 2018
Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta : CV. Budi Utama, 2018
Sandy, Ardian. Guru PJOK, Wawancara, Kota Sukabumi, 12 Oktober 2018
Sumarno, Sumarna, C., & Rosidin, D. N. (2024). Kritik Atas Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Dekadensi Nilai Moral Pendidik. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(1), 84–93.
Supardan, Guru Bahasa Inggris, Wawancara, Kota Sukabumi, 12 Oktober 2018
Triyansyah, Risno. Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Wawancara, Kota Sukabumi, Senin 8 Oktober 2018
Trisnawaty, Herawati, & Hidayat, T. (2022). The Role of Teachers in Realizing the Goals of Islamic Education. Islamic Research : The International Journal of Islamic Civilization Studies, 5(2), 157–163. https://doi.org/10.47076/jkpis.v5i2.117
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1
Wijaya, Hengki. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sulsel : STTJ, 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saepul Anwar, Tatang Hidayat, Mulyawan Sofwandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.