Analisis Stres Akademik: Peran Konselor di Lingkungan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.861Keywords:
Bimbingan dan Konseling, Stres Akademik, Peserta Didik, KonselorAbstract
Dalam lingkungan pendidikan, seluruh tenaga kependidikan memiliki hak untuk membimbing peserta didik dalam proses belajar mengajar. Namun, ada bimbingan khusus yang harus di perankan oleh seorang yang profesional dalam hal membimbing siswa yang sedang menghadapi permaslahan terkait belajarnya atau disebut dengan stres akademik. Dalam penelitian ini Penulis menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, yang mana Penulis akan mendeskripsikan secara mendalam mengenai permaslahan yang sedang Penulis teliti. Kemudian, Penulis menggunakan dua model data selama proses penelitian berlangsung, yaitu data primer dan data sekunder. Dan Penulis menggunakan metode pendekatan kajian literatur/library research dalam mengumpulkan data-data yang serupa melalui buku, jurnal, artikel dan terbitan-terbitan lainnya. Yang terakhir, Penulis menggunakan metode wawancara kepada narasumber (guru BK dan peserta didik) untuk mendukung data-data yang Penulis dapatkan. Penulis menarik hasil dari penelitian ini bahwa stres akademik yang terjadi dilingkungan pendidikan akan mempengaruhi peformance seorang peserta didik, sehingga prestasi nya dalam belajar menurun. Konselor mengambil peran dalam mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan pendekatan-pendekatan dalam proses konseling. Bukan hanya sebagai penyelesai masalah seorang peserta didik saja, namun konselor juga sebagai wadah untuk para peserta didik yang membutuhkan bimbingan terkait masalah akademik.
Downloads
References
Adhiputra, A. A. N., & Arsana, I. G. L. R. (2021). PERAN KONSELOR DALAM MEMBIMBING SISWA MENUJU PERGURUAN TINGGI YANG TEPAT SESUAI MINAT DAN BAKAT. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 112(6), 299–302. https://doi.org/https://doi.org/10.59672/jbk.v11i12.1262
Amin, R. (2018). PERAN GURU DALAM BIMBINGAN KONSELING SISWA SEKOLAH DASAR. Risalah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550506
El Fiah, R. (2018). Peran Konselor Dalam Pendidikan Karakter. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(1), 35–46. https://doi.org/10.24042/kons.v1i1.313
Gericke, E. (2022). Vocational guidance in general and vocational education schools in Germany: The relevance of informed choice for successful vocational education and the legacy of Aloys Fischer. Journal of Philosophy of Education, 56(3), 467–478. https://doi.org/10.1111/1467-9752.12673
Ichsan, S. M. (2022). Teologi Berbasis Ekonomi (Darul Arqam - PT. global Ikhwan); Studi Atas Strategi Dakwah Ashari Ibn Muhammad. Bidayah, 13(2).
Mahfud, Ashari dan Utaminingsih, D. (2018). MENINGKATKAN KUALITAS MINDS-SKILL KONSELOR ISLAMI DENGAN MENJAGA KONDISI HATI. Jurnal Edukasi, 4(2), 124–135.
Mawakhira Yusuf, N., & Ma’wa Yusuf, J. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235–239.
oktavia, wildani khoiri, Fitroh, R., Wulandari, H., & Fitri, F. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES AKDEMIK. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 142–149.
Purwati, M., & Rahmandani, A. (2018). HUNGUNGAN ANTARA KELEKATAN PADA TEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Jurnal Empati, 7(2), 430–439.
Putra, A., & Rumondor, P. (2019). Rasulullah Sebagai Konselor Proffesional Ahmad Putra Prasetio Rumondor. Al-Tazkiah, 8(2).
Suhertina. (2014). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. In pertama (1st ed., Vol. 110, Issue 9). CV. mutiara pesisir sumatera.
Sukatin, Dianovi, A., Siregar, D., Mawaddah, I., & Suryaningsih. (2022). BIMBINGAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Anak Bunarraqa, 8(2), 1–12.
Syafarudi, Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Telaah Konsep , Teori Dan Praktik. In Perdana Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ainur Rahma, Ismi Khairani, Desi Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.