PENDEKATAN BERBASIS SOLUSI DALAM BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGATASI MASALAH PERILAKU SISWA

Authors

  • Adi Fadli Lubis Adi Fadli Lubis universitas islam negeri sumatera utara
  • Dafa Nur Abtia Zayuda Dafa Nur Abtia Zayuda universitas islam negeri sumatera utara
  • Masnida Wati Suryani Masnida Wati Suryani universitas islam negeri sumatera utara
  • Rosita Dongoran Rosita Dongoran universitas islam negeri sumatera utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.868

Abstract

Permasalahan yang dibahas dipenelitian ini ialah pendekatan berbasis solusi pada bimbingan konseling untuk mengatasi masalah perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi bagaimana bentuk penerapan berbasis solusi untuk mengatasi masalah perilaku siswa, selain itu juga untuk mengetauhi pengertian bimbingan dan konseling serta pengertian dari pendekatan berbasis solusi tersebut.metode penelitian yang digunakan peneliti ialah pendekatan deskriptif melalui pendekatan kualitatif dan juga menggunakan metode kajian pustaka untuk mengumpulkan data-data dari berbagai macam sumber, sumber nya berupa jurnal dan website yang relavan dengan pembahasan.  Bimbingan konseling merupakan suatu layanan yang digunakan untuk melakukan pendekatan berbasis solusi tersebut, pendekatan berbasis solusi atau (SFBC) merupakan suatu pendekatan yang hanya fokus terhadap solusi dan untuk menumbuhkan kemampuan konseli, perilaku pencurian,merokok menyontek dan bullying merupakan contoh perilaku yang membutuhkan pendekatan berbasis solusi. Salah satu penerapannya yaitu mengidentifikasi perilaku dan pencarian  solusi positif, dengan adanya kegiatan ini tentu saja mengakibatkan perubahan yang lebih positif terhadap anak didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, R. (2017). Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550506

Aziza, N., Samad, S., & Saman, A. (n.d.). Penerapan Konseling SFBC ( Solution Focused Brief Counseling ) Untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Enrekang Application of SFBC Counseling ( Solution Focused Brief Counseling ) to Reduce Academic Procrastination Be. 05, 1–9.

Deliana, N. (2018). Konsepsi (Kesalahpahaman) Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan. Al-Irsyad, Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 111–126.

Di, K., Xi, K., Sman, M. I. A., & Jambi, K. (2017). Program studi bimbingan dan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jambi 2017. Repository.Unja.Ac.Id, 02(04), 1–16. https://repository.unja.ac.id/24790/12/PERBAIKAN SIDANG FUL_compressed.pdf

Evi, T. (2020). Research & Learning in Primary Education Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 2, 2–5.

Hidayanti, S. F., & Ja’far, M. (2016). Keefektifan self instruction dan cognitive restructuring. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 65–73. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Huda, M., Muwafiqi, E. F. N., & ... (2023). Konsep Bimbingan Konseling Berfokus Solusi Dalam Islam. … : Jurnal Pendidikan Sosial …, 2(3). https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Dewantara/article/view/1379%0Ahttps://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Dewantara/article/download/1379/1106

Karneli, Y., Neviyarni, N., Firman, F., & Yulidar, Y. (2020). Pengembangan Modul Konseling Kreatif Dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 43. https://doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.1593

Maros, H., & Juniar, S. (2016). Hakikat Program Bimbingan dan Konseling. 1–23.

Nugroho, A. H., Puspita, D. A., & Mulawarman, M. (2018). Penerapan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 93. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p93-99

Nurrohmah, S., & Mulyono, R. (2023). Peranan Family Theraphy Terhadap Perbaikan Perilaku Siswa Kelas VII MTsN 4 Gunungkidul. 9(2), 894–905.

Rusandi, M. A., & Rachman, A. (2014). Keefektifan Solution Focused Group Counseling untuk meningkatkan Planned Happenstance Skills dan Career Decision Self Efficacy Mahasiswa BK FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Al ‘Ulum, 62(4), 22–28.

Sulthon, S. (2018). Mengatasi Kenakalan Pada Siswa Melalui Pendekatan Konseling Behavioral. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 46–66. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4464

Tunnamirah, S. A., Samad, S., & Latif, S. (2023). Penerapan Konseling Singkat Berfokus Solusi Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Gowa. 3(2), 394–401.

Ulfah, U. (2022). Pelatihan Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6, 237–246. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/20244%0Ahttps://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/download/20244/14048

Usmawati, E. (2006). Teori dan pendekatan konseling sfbt. Widyaiswara PPPPTK Penjas Dan BK, 9–12.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Adi Fadli Lubis, Adi Fadli Lubis, Dafa Nur Abtia Zayuda Dafa Nur Abtia Zayuda, Masnida Wati Suryani Masnida Wati Suryani, and Rosita Dongoran Rosita Dongoran. 2024. “PENDEKATAN BERBASIS SOLUSI DALAM BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGATASI MASALAH PERILAKU SISWA”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):730-41. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.868.

Issue

Section

Articles