Pengaruh Tata Kelola Lembaga, Suport Pimpinan dan Hubungan Sosial Terhadap Kinerja Guru Di MAN 1 Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.951Keywords:
Tata Kelola Lembaga, Support Pimpinan, Hubungan Sosial, Kinerja GuruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh tata kelola lembaga, support pimpinan dan hubungan sosial terhadap kinerja guru di MAN 1 Lamongan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang menekankan pada hasil survey yang dilakukan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan angket. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan kuisioner tentang pengaruh tata kelola lembaga, support pimpinan dan hubungan sosial sebagai alat pengumpulan data. Responden sebanyak 73 guru yang ada di MAN 1 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) informasi sebaran jawaban dari 73 responden dan didapatkan hasil dengan persentase 100% sehingga tergolong valid dengan kategori 3 (baik) sebanyak 35 responden dan kategori 4 (sangat baik) sebanyak 38 responden, 2) nilai signifikansi hubungan sosial sebesar 0.310 yang mana lebih besar dari 0.05 (0.310>0.05), dan 3) model dengan nilai pseudo R-Square yang tertinggi yaitu Nagelkerke. Artinya, antara variabel independen yang terdiri dari tata kelola lembaga, support pimpinan dan hubungan sosial mampu memengaruhi dan memiliki korelasi terhadap variabel dependen yang terdiri dari kinerja guru dengan persentase sebesar 10.4℅ dan 89.6℅ dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya hubungan sosial di MAN 1 Lamongan yang dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja guru.
Downloads
References
Amalia, Riska. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap kinerja di SMK Negeri 3 Kota Jambi. Diss. Administrasi Pendidikan.
Arshad, Muhammad dkk (2020) dalam artikelnya “A Motivational Theory Perspective On Entrepreneurial Lintentions:A Gender Comparative Study, Gender in Management, Vol. 36 No. 2, pp. 221-240.
Fitriani, Choirun Nisa. (2020) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun. Diss. IAIN Ponorogo.
Gazali, Hamdani, Muhammad Ridho, Nurhizrah Gistituati. (2023) "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Singkarak." Journal of Education Research 4(3).
Handayani, Erlina Yupra, Meita Santi Budiani (2021). "Hubungan antara Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah dan Autonomy Support dengan Job Crafting pada Guru SMAN 2 Blitar." Character: Jurnal Penelitian Psikologi 8(2).
Hotima, Hosiyatun., Halimatus Sa'diyah. (2022) "Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Al-Falah." Nusantara Journal of Islamic Studies 3(1).
Khalid, Afsheen dkk., “Role of Supportive Leadership as a Moderator between Job Stress and Job Performance”, Information Management and Business Review, Vol. 4 (9), 2012, hlm. 489.
Lantu, Rita Zusana. Tungga Buana Irfana, (2019), “Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Dampaknya Terhadap Kinerja Guru”. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 6(1), 49-50.
Lapaimalai, Andi S., Nehemia Fanpada (2022) “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Matap.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8.(3).
Lumbanbatu, Mita Jelita, Lasmaria Lumbantobing., Rogate Artaida Tiarasi Gultom. (2022) "Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 4 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2022." DIKAIOS: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen 2(2).
Mahsun. (2022), “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru”. Jurnal Al-Ifkar, 17(1), 110.
Mauliyah, A. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Buana Wedoro Waru Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya
Noor, Idris HM & Noris Rahmatllah. (2020). Inovasi Tata Kelola Sekolah Menengah atas (SMA) dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas.
Oviyanti, Fitri. (2017). “Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru”, Jurnal Tadrib, 3(1), 77.
Putri, Puspita Nuraini., Ngurah Ayu Nyoman Murniati. (2022) "Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora." Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4(6).
Rauch, Andreas & Michael Frese (2007) Let's put the person back into entrepreneurship research: A meta-analysis on the relationship between business owners' personality traits, business creation, and success, European Journal of Work and Organizational Psychology, 16:4, 353-385
Risdiantoro, Rindra. (2021). "Pengaruh Pelatihan Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Pengembangan Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Batu." Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2).
Sari, Ervina. Oyoh Bariyah, M Makbul (2023). “Pelaksanaan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Berbasis Daring Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sd Negeri Sukapura Ii Rawamerta Karawang”. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4).
Sari, Lisa Intan, Nayang Helmayunita, (2020), “Pengarub Pengendalian Intern, Tata Kelola Lembaga dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pengelola Keuangan”, Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(3), 33427.
Setiadi, Iman Nugraha dkk, (2021), “Perilaku Berbagi Pengetahuan: Pemediasi Dukungan Pimpinan, Pelatihan dna Self Efficacy terhadap Kinerja Guru”, MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 57-68.
Sudijarto, 1993. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu, Jakarta: Balai Pustaka
Suprianto, Edy. (2014), “Pengaruh Penerapan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) guna Mendukung Implementasi Otonomi Daerah”. Jurnal Ekobis, 15(1), 20.
Zamzami, Faiz dkk (2022). Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa: Sesuai PP No. 11 Tahun 2021, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mas Rifqiyah Maulana Alfisyah, Marno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.