Analisis Pendidikan Humanisme Religius pada Pendidikan Dasar Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1147Keywords:
Humanis Relegius, Pendidikan , Pendidikan Dasar IslamAbstract
Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menganalisis atau menggambarkan bagaimana pendidikan humanis religius diimplementasikan dalam pendidikan Sekolah dasar Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, majalah, koran, jurnal, dan literatur lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendidikan yang menghargai martabat manusia, pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan membuat peserta didik merasa aman dan nyaman. Oleh karena itu, implementasi pendidikan humanis religius dalam pendidikan dasar Islam dianggap penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang manusiawi dan harmonis. Keberhasilan implementasi pendidikan humanis religius dalam pendidikan dasar Islam sangat dipengaruhi oleh peran guru dalam mengajar, metode pembelajaran yang digunakan, materi yang diajarkan, dan evaluasi kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Downloads
References
Abdur Rahman, Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol.2, (1), 2022
Agus Riyan Oktori, Urgensi Pendidikan Humanis Relegius Pada Pendidikan Dasar Islam, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.3. (2), 2019
Agus Zaenal Fitri, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, Bandung: Alfabeta, 2013.
Ahmad Sahnan, Implementasi Pendidikan Humanis Relegius pada Sekolah Dasar, Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, Vol.18. (2), 2022, hal.196
Atiyah Al-Abrasy Muhammad, At-Tarbiyah Al-Islamiyah (Beirut: Darul Fikri Al-Arabi, n.d.). Hal.65
Baharuddin, & Makin, M. (2016). Pendidikan Humanistik (konsep, teori, dan Aplikasi Praktis dalam dunia pendidikan). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
dris, M. (2014). Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Miqot, XXXVIII (2), 417–434.
Hajar, Siti. “Analisis Kajian Teoritis Perbedaan, Persamaan Dan Inklusi Dalam Pelayanan Pendidikan Dasar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).” Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha 4 No. 2 Ju (2017): 42.
Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda, 2013
Harahap, Nursapia. “Penelitian Kepustakaan.” Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi 8, no. 1 (2014): 68–74.
Hendro Widodo, “Pengembangan Respect Education Melalui Pendidikan Humanis Religius Di Sekolah,” Jurnal Lentera Pendidikan Vol. 21, N (2018): 119.
Himmatin Nurfadillah, Konsep Ilmu Ke MI an, Jurnal Pendidikan Dan Sains, Vol.2, (1), 2022
Humanis Religius Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2 No. 2 (2014): 115.
Isri Lailatussa’adah, Konsep Humanisme Relegius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Mas’ud Dalam Konteks Pendidikan Modern, Jurnal Islamic Pedagogia, Vol.2, (2), hal 67. 2022
Jumaruddin, Abdul Gafur, and Siti Suardiman. “Pengembangan Model Pembelajaran
Kholis Anwari, Pendekatan Humanisme Relegius Mbah Kiai Nur Salim Jabung Dalam Pendidikan Islma, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.3, (3), 2021
Mukhlas and Siti Munawarah, “Metode Pembelajaran Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini,”Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan 18, no. 1 (2022): 1–20.
Nurfuadi, Profesionalisme Guru, STAIN Press: Yogyakarta, 2012. Hal,129
Oktori, A. R. (2019). Urgensi Pendidikan Humanis Religius Pada Pendidikan Dasar Islam. Jurnal Ar-Riyadah, 3(2), 179–192
Rahman, Musthofa. “Guru Humanis Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam XXXVIII No (2013): 96.
Saifullah Idris and Tabrani ZA, “Realitas Konsep Pendidikan Humanisme Dalam Konteks Pendidikan Islam,” JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling 3, No. 1 (2017): 110
Subaidi. “Konsep Pendidikan Islam Dengan Paradigma Humanis.” Jurnal Pendidikan Islam10, No. 1 (2016): 43–46
Sugiharto, Bambang. Humanisme Dan Humaniora Relevansinya Bagi Pendidikan. Yogyakarta: Jalasutra, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sinta Bella, Nabila Joti Larasati, Zulhijrah, Maemonah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.