Analisis Pendidikan Humanisme Religius pada Pendidikan Dasar Islam

Authors

  • Sinta Bella UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nabila Joti Larasati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zulhijrah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maemonah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1147

Keywords:

Humanis Relegius, Pendidikan , Pendidikan Dasar Islam

Abstract

Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menganalisis atau menggambarkan bagaimana pendidikan humanis religius diimplementasikan dalam pendidikan Sekolah dasar Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, majalah, koran, jurnal, dan literatur lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendidikan yang menghargai martabat manusia, pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan membuat peserta didik merasa aman dan nyaman. Oleh karena itu, implementasi pendidikan humanis religius dalam pendidikan dasar Islam dianggap penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang manusiawi dan harmonis. Keberhasilan implementasi pendidikan humanis religius dalam pendidikan dasar Islam sangat dipengaruhi oleh peran guru dalam mengajar, metode pembelajaran yang digunakan, materi yang diajarkan, dan evaluasi kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdur Rahman, Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol.2, (1), 2022

Agus Riyan Oktori, Urgensi Pendidikan Humanis Relegius Pada Pendidikan Dasar Islam, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.3. (2), 2019

Agus Zaenal Fitri, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, Bandung: Alfabeta, 2013.

Ahmad Sahnan, Implementasi Pendidikan Humanis Relegius pada Sekolah Dasar, Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, Vol.18. (2), 2022, hal.196

Atiyah Al-Abrasy Muhammad, At-Tarbiyah Al-Islamiyah (Beirut: Darul Fikri Al-Arabi, n.d.). Hal.65

Baharuddin, & Makin, M. (2016). Pendidikan Humanistik (konsep, teori, dan Aplikasi Praktis dalam dunia pendidikan). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

dris, M. (2014). Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Miqot, XXXVIII (2), 417–434.

Hajar, Siti. “Analisis Kajian Teoritis Perbedaan, Persamaan Dan Inklusi Dalam Pelayanan Pendidikan Dasar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).” Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha 4 No. 2 Ju (2017): 42.

Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda, 2013

Harahap, Nursapia. “Penelitian Kepustakaan.” Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi 8, no. 1 (2014): 68–74.

Hendro Widodo, “Pengembangan Respect Education Melalui Pendidikan Humanis Religius Di Sekolah,” Jurnal Lentera Pendidikan Vol. 21, N (2018): 119.

Himmatin Nurfadillah, Konsep Ilmu Ke MI an, Jurnal Pendidikan Dan Sains, Vol.2, (1), 2022

Humanis Religius Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2 No. 2 (2014): 115.

Isri Lailatussa’adah, Konsep Humanisme Relegius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Mas’ud Dalam Konteks Pendidikan Modern, Jurnal Islamic Pedagogia, Vol.2, (2), hal 67. 2022

Jumaruddin, Abdul Gafur, and Siti Suardiman. “Pengembangan Model Pembelajaran

Kholis Anwari, Pendekatan Humanisme Relegius Mbah Kiai Nur Salim Jabung Dalam Pendidikan Islma, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.3, (3), 2021

Mukhlas and Siti Munawarah, “Metode Pembelajaran Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini,”Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan 18, no. 1 (2022): 1–20.

Nurfuadi, Profesionalisme Guru, STAIN Press: Yogyakarta, 2012. Hal,129

Oktori, A. R. (2019). Urgensi Pendidikan Humanis Religius Pada Pendidikan Dasar Islam. Jurnal Ar-Riyadah, 3(2), 179–192

Rahman, Musthofa. “Guru Humanis Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam XXXVIII No (2013): 96.

Saifullah Idris and Tabrani ZA, “Realitas Konsep Pendidikan Humanisme Dalam Konteks Pendidikan Islam,” JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling 3, No. 1 (2017): 110

Subaidi. “Konsep Pendidikan Islam Dengan Paradigma Humanis.” Jurnal Pendidikan Islam10, No. 1 (2016): 43–46

Sugiharto, Bambang. Humanisme Dan Humaniora Relevansinya Bagi Pendidikan. Yogyakarta: Jalasutra, 2008.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Sinta Bella, Nabila Joti Larasati, Zulhijrah, and Maemonah. 2024. “Analisis Pendidikan Humanisme Religius Pada Pendidikan Dasar Islam”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1410-21. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1147.

Issue

Section

Articles