Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Ekonomi Orang Tua Siswa Terhadap Penilaian Aspek Kognitif PAI di SMK YPKK 3 Sleman

Authors

  • Fadhillah Izzatun Nisa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maemonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.522

Keywords:

Pendidikan, Ekonomi, Kognitif, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan ekonomi orang tua terhadap aspek kognitif PAI siswa. Penelitian ini menggunakan metode dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK YPKK 3 Sleman, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Oleh karena itu, jumlah populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sama, yaitu kelas XI berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menerapkan analisis data kuantitatif berupa regresi berganda menggunakan aplikasi JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara tingkat Pendidikan orang tua dengan penilaian aspek kognitif PAI, tingkat ekonomi orang tua dengan penilaian aspek kognitif PAI juga memiliki pengaruh, dan kedua variable X (tingkat Pendidikan dan ekonomi) secara bersamaan memberikan pengaruh terhadap Y (penilaian aspek kognitif PAI).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmiah. (2020). Perkembangan Kognitif MI. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–11.

Diana, Jalaluddin, A. K. (2021). EFISIENSI METODE DEMONSTRASI MELALUI ZOOM MEETINGUNTUKMENINGKATKANKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI. Mubtadiin, 7(2), 1–19.

Hanief, Y. N. (2015). Statistik Pendidikan. Deepublish.

Hasbiatun Siti. (2022). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/19971/

Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.

Jahja, Y. (2013). Psikologi Perkembangan. Prenada Media Group.

Lasma Roha Sitompul, Tien Rafida, H. B. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing Terhadap Kemampuan Aspek Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini. Basicedu, 6(1), 1313.

Maksudah, N. (2019). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 100–115. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jtw.v4i02.2233

Muhammad Syaifullah dan Leily Vidya Rahma. (2019). Analisa Perkembangan Koknitif dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. ICESS: Education, Constitutional Law, Economics And Management, Sociology, 101.

Munirah, M., Rosdiana, & Hadmawati, N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Poster Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 114–120. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a10.2022

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729

Rosa, F. O. (2017). Eksplorasi kemampuan kognitif siswa terhadap kemampuan memprediksi, mengobservasi dan menjelaska ditinjau dari gender. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 5(2), 112.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu. Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Ghalia.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Prenada Media Group.

Sari, M. Y. (2022). Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Di SDN 19 Kabupaten Seluma. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 91–100.

Slamet Susanto, M. Mukromin, dan F. F. (2022). Ss Slamet Susanto, M. Mukromin, dan F. Firdaus, “Pengaruh ekonomi orang tua terhadap hasil belajar pembelajaran daring mapel PAI kelas X SMA Negeri 1 BAwang Banjarnegara Tahun Pelajaran 2020/2021. Repository FITK UNSIQ.

Swaramarinda, H. E. dan D. R. (2013). PENGARUH MODAL BUDAYA, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39–61.

Tajuddin, N. (2014). Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif Al-Quran. Herya Media.

Tesa Nur Padilah, R. I. A. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang. Pendidikan Matematika, 5(2), 119.

Winarno, W. W. (2017). Analisis Ekonomika dan Statistik dan Statistik dengan Eviews. UPP STIM YKPN.

Published

2023-03-31

How to Cite

Fadhillah Izzatun Nisa, and Maemonah. 2023. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Ekonomi Orang Tua Siswa Terhadap Penilaian Aspek Kognitif PAI Di SMK YPKK 3 Sleman”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):447-57. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.522.

Issue

Section

Articles