Program Pembelajaran Literasi Al-Qur’an Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 57 Medan

Authors

  • Devi Yusnila Sinaga Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hasrian Rudi Setiawan Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.1167

Keywords:

Literasi, Al-Qur'an, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak program literasi Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus adalah metodologi penelitian yang digunakan, dan data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan keahlian seorang guru dalam mengajar Al-Qur'an sangat penting, terutama dalam membantu siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan dalam memperoleh literasi Al-Qur'an. Literasi Al-Qur'an terbukti meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an siswa. Siswa dapat mengembangkan pemahaman bacaannya, memperoleh pemahaman yang lebih baik, dan semakin mahir menghafal Al-Qur'an melalui program literasi Al-Qur'an. Program ini meningkatkan cita-cita spiritual dan kemampuan menghafal siswa selain membantu mereka memperoleh pemahaman menyeluruh terhadap Al-Qur'an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad,Zuhri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. syakir Media Press

Ahmad Khotibul Umam, Didik Himmawan, & Jihan Fatmah. (2023). Learning Guidance in Creating Interest in Reading, Memorizing and Writing the Qur’an in Students of SDN II Jayalaksana Kedokan Bunder Indramayu. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 52–60. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.18

Ash-shiddieqy., Teungku M.Hasbi.( 2014) Ilmu-Ilmu Al-Qur’an (‘ulumul al-Qur’an). Pustaka Rizki Putra

Darma, Y. A., & Astuti, S. (2022). Pemahaman Konsep Literasi Gender. Langgam Pustaka.

Daulay, S. S., Suciyandhani, A., Sofian, S., Julaiha, J., & Ardiansyah, A. (2023). Pengenalan Al-Quran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(5), 472-480.

Dedy Mulyana, Metodologi penelitian kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya), bandung:Remaja Rosdakarya, 2004,hlm.160

Didik Himmawan, & Dewi Fitriani. (2023). Learning To Read And Write The Koran For Children In Sukasari Village, Arahan District, Indramayu Regency. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 128–133. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.17

Didik Himmawan, & Lisnawati. (2023). Bimbingan Tahsin Dan Tahfidz Al-Quran Untuk Anak-Anak Di Desa Cadangpinggan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.5

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(https://repositori.kemdikbud.go.id/14970/1/Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi.)

Faradina, Nindya. "Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten." Hanata Widya 6.8 (2017):60-69. (https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/view/9280)

Fikriyah, Ummi. Penerapan Literasi Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Hasil Nilai Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Siswa Kelas XII Agribisnis Ternak Unggas 2 Di SMK Negeri 05 Jember. Diss. Institut Agama Islam Negeri Jember, 2020. (http://digilib.uinkhas.ac.id/2087/)

Fuadi,A.(2021).Pengantar Ilmu Pendidikan.CV.DOTPLUS

Hamidi, Rio Romanda. Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SDIT Baitul Jannah Kecamatan Kemiling Raya Bandar Lampung. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2018. (http://repository.radenintan.ac.id/4849/)

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57.

Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah.

Mujib, Ahmad. Literasi Alquran dan Kontribusinya terhadap Pengembangan Epistemologi Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo, 2016.

Mujib, Ahmad. Literasi dalam al-Qur'an dan kontribusinya terhadap pengembangan epistemologi ilmu pendidikan islam. Diss. IAIN Ponorogo, 2017. (http://etheses.iainponorogo.ac.id/2019/1/Ahmad%20Mujib.pdf)

Muslim, A., & Nensia, N. (2022). Literasi Keagamaan Sebagai Pilar Eksistensi Panrita Kitta’Di Tengah Pandemi Covid-19. PUSAKA, 10(2), 325-346.

Muslim, A., & Nensia, N. (2022). Literasi Keagamaan Sebagai Pilar Eksistensi Panrita Kitta’Di Tengah Pandemi Covid-19. PUSAKA, 10(2), 327

NUR, M. I. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI AL QUR€™ AN DALAM MEMBINA RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 PALOPO (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).

Nurhidin, Edi. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Qur'an Siswa Sekolah Menengah Atas." Edudeena: Journal of Islamic Religious Education 6.1 (2022): 1-11. (https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/136

Purwati, Siti. "Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek." Suara Guru 4.1(2018):173-187. (https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/5597)

Salim, A., Hermawan, W., Bukido, R., Umar, M., Ali, N., Idris, M., ... & Azizah, N. (2023). Moderasi Beragama: Implementasi dalam Pendidikan, Agama dan Budaya Lokal.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.

Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. RajaGrafindo Persada

Suflawiyah, Suflawiyah. Literasi Membaca Perspektif Al-Qur’an Dan Prakteknya Dalam Pendidikan Jenjang Madrasah Tsanawiyah (Mts). Diss. Institut PTIQ Jakarta, 2021. (https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/696/)

Syarifuddin Azwar,Metode penelitian, Yogyakarta: pustaka, 1999,8.

Taruna, Mulyani Mudis. "Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam." Analisa: Journal of Social Science and Religion 18.2 (2011): 180-196. (https://journal.blasemarang.id/index.php/analisa/article/view/132/87)

Teungku M.Hasbi Ash-shiddieqy.2014. Ilmu-Ilmu Al-Qur’an (‘ulumul al-Qur’an). Pustaka Rizki Putra

Wahidin, Unang. "Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7.02 (2018): 229-244. (https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/ei/article/view/284)

Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningsih, P. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah.

Yustiani, S. "Kompetisi Guru Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah di Kota Mataram." Analisa: Journal of Social Science and Religion 21.1 (2014): 143-154. (https://journal.blasemarang.id/index.php/analisa/article/view/132/87)

Zulaiha, Eni, and Busro Busro. "Ekses Ketidaktuntasan Pembelajaran Baca Tulis Alquran Terhadap Peningkatan Kuantitas Buta Huruf Arab Di Kalangan Pelajar SMA/SMK Umum Di Kota Bandung." AL QUDS: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 4.2 (2020): 259-274. (http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/alquds/article/view/047)

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Devi Yusnila Sinaga, and Hasrian Rudi Setiawan. 2024. “Program Pembelajaran Literasi Al-Qur’an Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 57 Medan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (1):27-38. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.1167.

Issue

Section

Articles