Penerapan Metode Aktif Partisipatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Ar-Ridha Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.1169Keywords:
Penerapan Metode, Aktif Partisipatif, Pendidikan Agama IslamAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penerapan teknik pembelajaran aktif partisipatif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di MTs Ar-Ridha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metodologi lapangan, atau penelitian lapangan, dan bersifat deskriptif, menggambarkan proses di lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan analisis dokumen, wawancara, dan observasi. Menurut Miles dan Huberman, langkah-langkah dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Pendekatan triangulasi sumber menjamin kebenaran data. Berdasarkan temuan penelitian, penerapan metode partisipatif aktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam melibatkan beberapa langkah, antara lain: 1) Memahami bagaimana metode partisipatif aktif diterapkan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam; 2) Mengidentifikasi indikator-indikator yang digunakan untuk mengukur seberapa efektif metode partisipatif aktif diterapkan; dan 3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode partisipatif aktif dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Downloads
References
SISDIKNAS. (2013). Bandung: Fokusmedia.
Kementrian Agama RI. Al - Qur'an dan Terjemahnya. (2015). Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
A. Octamaya Tenri, S. d. (2023). Strategi Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al - Ilmi : Jurnal Riset Pendidikan Islam.
Aisyah, N. d. (2023). Implementasi Active Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Darussalam Makassar. Journal Ilmiah Mandala Education.
Al - Furqon, M. T. (2021). Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VI sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator.
Albarobis, S. d. (2012). Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jogjakarta: Ar - Ruz Media.
Andayani, A. M. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Annisa Fitrah, Y. d. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu.
Annisa Fitrah, Y. Y. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abada 21. Jurnal Basicedu.
Ardila Syafitri, M. M. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 24 Medan. Jurnal Educate : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2.
Bariroh, S. (2019). Penerapan model Ikuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Toleransi Dan Kerukunan. Pada Siswa Kelas XI-8 Semester Genap SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2017-2018.
Dandi, K. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Karawang. JURNAL ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam .
Dede Ahmad Muhtarom, U. W. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al - Qur'an Pada Siswa Kelas V Di Sekolag Dasar Negeri Sukamantri 03 Desa Sukamantri Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor.
Dedy, M. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif ( Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya ). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Devi Hanisa, W. N. (2022). Meode Bimbingan Agama Islam dan Anak Binaan di LPKA Kelas II Kendari. Jurnal Mercusuar : Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam.
Fadli, F. (2019). Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al - Amin Pekalongan . Jurnal Edcomtech : Jurna Kajian Teknologi Pendidikan .
Faridah. (2023). Peerapan Metode Demonstrasi danDrill Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pedagogik.
Fauziyah, R. N. (2021). Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efeketif dan Menyenangkan ( PAIKEM ) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN X Astanyaar Kota Bandung. Journal Riset Pendidikan Agama Islam .
Halimah, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMA Negeri 3 Pasuruan. Jurnal Al - Murabbi.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasnaini, M. A. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Edukasi Cendikia.
Hasrian Rudi Setiawan, M. A. (2023). Monograf ( Metode Role Play ( Upaya Peningkatan Motivasi Siswa dan Hasil Belajar Peserta Didik). Jalan Kapten Muchtar Basri NO. 3 Medan 20238: UMSU PRESS.
Hawi, A. (2014). Kompetensii Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39Ismail S.Pd, K. S.-R. (2023, Oktober Selasa). Melakukan Wawancara Tentantang Penerapan Metode Aktif Partisipatif. (R. D. Lestari, Interviewer)
Listiawati. (2017). Tafsir Ayat - Ayat Pendidikan. Depok : Kencana.
Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maulana Nashrul Abror, M. Z. (2023). Implementasi Metode Active Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Iseedu : Jurnal Of Islamic Educational Thoughts and Practices.
Moch Subekhan, S. (2020). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PARTISIPATORI LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Agama Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam : Mengurangi Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mukhlis, H. H. (2022). PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KERITANG INDRAGIRI HILIR RIAU. jurnal Islamic Education Studies : an Indonesia Journal.
Mundir. (2021). Model Pembelajaran Partisipatif Dalam Pendidikan Agama Islam. Bondowoso - Jawa Timur: LICENSI.
Mutmainah, H. (2021). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Aktif dan Kreatif di . FIKROTUNA; Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam.
Neni Sri Nurhayani, M. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Permainan Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al - Mau'izoh.
Nova Ardiana, & Didik Himmawan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media Smart Spinner Di SDN 1 Kedokanbunder. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.11
PAHRUDIN, A. (2017). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah . Bandarlampung: PUSAKA MEDIA.
Pohan, S. (2021). Strategi dan Metode Pembelajaran Generasi Milenial. Yogyakarta: Bildung.
Reno Rezita Aprilia, W. S. (2020). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI KELAS VII DI MTs MA'ARIF NU AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr.
Rosna, R. (2023). Penerapan Metode Disukusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam . Jurnal Ar- Rusyd : Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Rustan Efendy, A. K. (2023). Konstruksi Model Pembelajaran Berbass Partisipatif Pada Mata Pelajaran Pendidika Agama Islam di SMA N 1 Parepare. Jurnal Al - Qalam Jurna Kajian Islam dan Pendidikan.
Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sakti, D. I. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Juurnal Intelektualita : Keislaman, Sosial dan Sains.
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Setiawan, H. R. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG( Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Siswa ). Umsu.ac.id.
Sholehatin, W. (2021). Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam.
Sofia, F. A. (2023). Penerapan Strategi Sikap Tipe Konsiderasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islan. JLEB : Jurnal Of Law, Education and Businnes.
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENDEKATAN KUANTITATIF, KUALITATIF dan R & D . Bandung: ALFABETA, CV.
Susanti, D. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP AKTIVITS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Journal Tajdid : Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan.
Syaparuddin, S. M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN PESERTA DIDIK. Mahaguru : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Syarifuddin. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Talking Stik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dikelas X SMA Negeri 19 Makasar.
Tambak, M. Y. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam : Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Wahyu Rifa’i, Didik Himmawan, & Ibnudin. (2023). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Metode Bermain Bagi Anak-Anak Desa Tenajar Kidul Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.9
Zakiah Dradjat, D. (2008). Ilmu Pendidiksn Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Zakiah, H. S. (2022). Konsep Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At - Ta'lim : Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizki Dwi Lestari, Hasrian Rudi Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.