Hakikat Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al Hadits
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1175Keywords:
Hakikat Pendidikan Keluarga, IslamAbstract
Penulisan ini bertujuan untuk menghadirkan kembali konsep pendidikan keluarga dengan mengacu pada Al-Qur’an dan hadis. Sedangkan tulisan ini menggunakan studi pustaka, dengan sumber primer adalah Taisiru al-Aliyyul Qadir li Ikhtishari Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Misbah, dan Tafsîr al-Qurân al-Hakîm. Selain itu didukung dengan beberapa hadits. Hasil pembahasan menunjukkan, bahwa Pendidikan keluarga adalah usaha orang tua untuk membangun potensi diri anak, baik secara intelektual, emosional, spiritual, maupun keterampilan. Pendidikan keluarga dimaksudkan untuk menjaga diri sendiri dan orang yang menjadi tanggungannya, serta untuk membentuk pribadi anak yang dewasa dan mandiri. Pendidikan keluarga menjadi tanggung jawab bersama ayah dan ibu. Lingkungan keluarga juga berperan penting dalam pendidikan anak, baik secara sadar maupun tidak sadar. Pada akhirnya, pendidikan keluarga merupakan proses pendidikan yang dilakukan kepada semua pihak yang menjadi komponen pelaku utama dalam keluarga, yaitu ayah, ibu, orangtua, dan anak.
Downloads
References
Al-Attas, M. A.-N. (1988). Konsep Pendidikan Dalam Islam. Bandung: Mizan.
Anshori, M. (2019). Perspektif Al-Qur’an Tentang Pendidikan Keluarga. Dirasah, 27-48.
Ar-Rifa’i, M. N. ( 2000). Taisiru al-Aliyyul Qadir li Ikhtishari Tafsir Ibnu Katsir. Riyadh: Maktabah Ma’arif.
Basir, A. (2015). Model pendidikan Keluarga Qur'aniy (Studi surah Ali Imran dan Luqman). Banjarmasin: Antasari Press.
Dian, L. (2016). Eksistensi Perempuan Dalam Keluarga. Muwazah, 262.
Ernawati. (2017). Pendidikan Keluarga Dalam Al-Quran (Kajian Tafsir Tematik). Medan: UIN Sumatera Utara.
Labaso’, S. (2018). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur`An Dan Hadis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 52-69.
M.Quraish, S. (2005). Tafsir Al-Misbah Volume 14, Cet. III, . Tangerang: Lentera Hati,.
Mashlihuddin, Y. (2023, November 30). DEGRADASI MORAL REMAJA INDONESIA. Retrieved from UMM (Universitas Muhammadiyah Malang: https://p2kk.umm.ac.id/id/pages/detail/artikel/degradasi-moral-remaja-indonesia.html
Munir, A. W. (1984). Kamus Al-Munawir, Cet. I. Yogyakarta: Unit Pengadaan Buku-buku Ilmiah Keagamaan.
Mustafa, I. ( 1995). Wanita Islam Menjelang Tahun 2000, cet. 4. Bandung: Al-Bayan.
Ni'mah, E. S. (2011). Konsep Pendidikan Dalam Keluarga. Pekan Baru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Nurhadi. (2019). Pendidikan Keluarga Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw. Insania, 1-34.
Octafiona, E. Y. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Keluarga. El-Izdiwaj: Indonesian Journal of Civil and Islamic Family Law, 16-27.
Padjrin. (2016.). Pola Asuh Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam . Intelektualita, 5.
Ridlo, M. R. (T.th.). Tafsîr al-Qurân al-Hakîm. Bairut: Dar al-Ma'rifah.
Sidiq, H. (2020). Pendidikan Keluarga Imran (Analisis terhadap Kisah Keluarga Imrandalam al-Qur'an Surat Ali Imran: 33-37). Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 1-25.
Srifariyati. (2016). Pendidikan Keluarga dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Tematik). Jurnal Madaniyah Volume 2 Edisi XI, 226-248.
Surat Al-Baqarah Ayat 233. (2023, Desember 29). Diambil kembali dari TafsirWeb: https://tafsirweb.com/924-surat-al-baqarah-ayat-233.html
Yahya, O. W. (2021). Pendidikan Keluarga Dalam Al-Qur’an (Surah Luqman Ayat 12-19). Arfannur: Journal of Islamic Education, 87-104.
Yunus, M. (1973). Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: YP3A.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmah, Mahyuddin Barni, Ahmad Khairuddin, Abdul Basir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.