Analisis Pendampingan Pengembangan Pembelajaran dengan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama’ Ttarate Putri Gresik
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1336Keywords:
Pembelajaran, Aplikasi Kahoot, Sejarah Kebudayaan IslamAbstract
Penelitian ini didasari oleh ketertarikan penulis untuk mengetahui bagaimana Bagaimana perencanaan pendampingan pengembangan pembelajaran dengan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran SKI. Penulis menjadikan MI Nahdatul Ulama’ Trate Putri Gresik sebagai lokus dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk perencanaan dalam melakukan asistensi pembelajaran berbantu Kahoot pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini adalah Kahoot merupakan aplikasi online dikembangkan dengan format “permainan”. Poin diberikan pada jawaban benar dan siswa ikut dapat melihat tanggapan mereka. Pembelajaran dengan game berpotensi menjadi baik sebab dapat menciptakan komponen lisan maupun tulisan. Penguasaan Teknologi oleh pengajar dapat mempermudah untuk mencari bahan ajar, metode ajar dan suasana kelas yang menyenangkan.
Downloads
References
Alfindye Ratri & Neng Ulya (2022). Upaya Guru SKI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1358.
Bennett, W. L. (2018). Changing Citizenship in the Digital Age. Civic Life Online, 1– 24.
Irwan, Irwan, Z. F. L., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes). PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95.
Kereluik, K., Mishra, P., Fahnoe, C., & Terry, L. (2013). What Knowledge Is of Most Worth. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 29(4), 127–140.
Naga Subramani, P. C., & Iyappan, V. (2018). Innovative methods of Teaching and Learning. Journal of Applied and Advanced Research, 3(S1), 20.
Naz, F., & Murad, H. S. (2017). Innovative teaching has a positive impact on the performance of diverse students. SAGE
Putri, A. R. &, & Muhammad Alie Muzakki. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 1–7
Rofiyarti, F. & A. Y. S. (2017). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 72–77
Sugiarni, R., & Kurniawati, dam N. (2019) Jurnal QardhulHasan:Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 83–89
Tuken, R. (2013). IbM ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR YANG STUDI LANJUT DI PGSD UPP PAREPARE. Jurnal Publikasi Pendidikan,62– 6
Yuliati, S. R. & I. L. (2018). PELATIHAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF SUKAMAKMUR, BOGOR Siti Rohmi Yuliati & Ika Lestari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jakarta INNOVATIVE INSTRUCTIONAL MODELS FOR ELEMANTARY. Jurnal Pemberdayaan Sekolah (JPSD), 2018(1), 2–7.
Zain, I. M. (2017). ASIE model: An innovative instructional design model for teachers in enhancing and sustaining the quality of the 21st century learning. ICSIT 2017 - 8th International Conference on Society and Information Technologies, Proceedings, 140–145.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh Tahrikul Hukamak, Mashuri Muslim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.