Analisis Terhadap Nilai Spirit Etos Belajar Dalam Perspektif QS. Ar-Ra’du Ayat 11
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.934Keywords:
Nilai, Etos Belajar, QS. Ar-Ra’dAbstract
Penelitian ini didasari oleh ketertarikan penulis untuk mengetahui bagaimana sebenarnya etos belajar perspektif Kalamullah. Penulis menggunakan QS. ar-Ra’du ayat 11 sebagai bahan untuk dikaji dan digali nilai yang ada didalamnya karena dianggap relevan dengan etos belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai etos belajar secara implisit dalam QS. ar-Ra’du ayat 11 serta upaya yang dilakukan dalam meningkatkan etos belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan sumber data berupa buku-buku tafsir dan juga didukung dengan artikel, jurnal, atau hasil penelitian yang relevan. Selanjutnya data yang dikumpulkan kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini adalah etos belajar sangat penting bagi setiap orang yang ingin belajar. Dalam QS. ar-Ra’du: 11 tergambar nilai yang mendorong untuk belajar. Disampaikan bahwa Allah telah berjanji bahwa tidak ada yang dapat mengubah nasib seseorang kecuali mereka yang mengubah diri mereka sendiri. Serta harus memiliki upaya pendorong etos belajar dalam hal ini diantaranya: rasa ingin tahu positif, harapan atau cita-cita serta optimis atau percaya diri.
Downloads
References
Abdiyah, L. Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Multikultural. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 2021, 8(2).
Ahmad Bahrudin Azis, Mochamad Lutfan Sofa ,Alfauzan Amin, implementasi inovasi pembelajaran paiberbasis multiple intellegences, jurnal pendidikan dan konseling, 2022, 4(5).
Alfauzan Amin, Alimni, Dwi Agus Kurniawan, Teaching Faith in Angels for Junior High School Students Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2021, 6 (1).
Amin, A. , Advance Organizer Model-Based Teaching Materials for Islamic Cultural History. Journal ofEducation Technology. 2022, 6(2).
Aulia Mutiara Hatia Putri, “Lapor Pak Jokowi, Angka Anak Putus Sekolah Naik Lagi!” (Jakarta: CNBC Indonesia, 2022).
Harianto dkk, Kreatifitas Guru Memotivasi Siswa Dalam Belajar Fiqih, (Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2023), vol.9, no.2
Ibn Katsir, Tafsir Ibn Katsir, Software Alikasi Maktabah Syamila, 4/440
Imam Ahmad, Musnad Ahmad 18093, Software Jami’ Al-Kutub at-Tis’ah, 30/16
Imam Al-Bukhari, Shohih Bukhori 555, Software Jami’ Al-Kutub at-Tis’ah, jild 1.
Irwanto, dkk., Psikologi Umum, (Jakarta: Gramedia, 1989).
Jansen Sinamo, Etos Kerja Profesional Navigator Anda Menuju Sukses, (Jakarta: PT Spirit Mahardika, 2008).
John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, Jakarta; Kencana Prenada Media Group, 2011.
K.H.Q. Shaleh Dahlan, Asbabun Nuzul(Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-ayat alQur’an), (Bandung: CV.Penerbit Diponegoro, 2009).
Megi Sudirman dan Alfauzan Amin, Motivasi Belajar Menurut Al Qur’an, Lihat Jurnal An-Nizom, 2022, 7(3).
Murdodiningrat, Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul Dalam Al-Quran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Mursal Aziz dan Zulkipli Nasution, Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan dan Sains Teknologi (Medan: Widya Puspita, 2019).
Netty Hartati, dkk., Islam dan Psikologi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004).
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996).
Nugraha, D. Urgensi Pendidikan Multikultural Di indonesia. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila DanKewarganegaraan),2020, 1(2)
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001)
Qur’an Kementrian Agama Republik Indonesia, 2019
Ruth Novianti dkk, Optimisme dan Self Esteem pada Pelajar Sekolah Menengah Atas, (Philanthrophy Journal of Psychology, 2019), Vol 3 Nomor 1.
Salim Bahreisy dan Said B. Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsir jilid IV. Surabaya: Bina Ilmu, 1998.
Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi BerBelajar Mengajar,Jakarta; Rajawali Pers. 2012.
Setya Ayu, Pengaruh Penghasilan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa(Salatiga, 2016).
Taliziduhu Ndraha, Manajemen Perguruan Tinggi, (Jakarta: Bumi Aksara, 1988).
Toto Tasmara, Membudayakan Etos Kerja Islami, (Jakarta: Gema Insan Press, 2002).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mashuri Muslim, Ahmad Yusam Thobroni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.