Integrasi Ilmu Moh. Natsir dan Konsep Filsafat Ilmu Pendidikan Modern

Authors

  • Nur Khosiah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dakkal Harahap Universitas Muhammadiyah Malang
  • Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Joko Widodo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1370

Keywords:

Integrasi Ilmu, Muhammad Natsir, Konsep, Filsafat Pendidikan Modern

Abstract

Pada era berkemajuan ini, pendidikan adalah salah satu cara dalam memajukan generasi bangsa karena dengan pendidikan baik formal maupun nonformal akan menciptkan pemikiran yang dapat memajukan bangsa ini dalam menuju keselarasan pengetahuan dan pembelajaran agar tercipta kehidupan yang lebih baik lagi dan dapat menggapai tujuan hidup sesuai dengan ajaran Islam yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahi integrasi ilmu Muhammad Natsir dalam ilmu pengetahuan dengan prinsip konsep filsafat pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan {library Reseach.Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Muhammad Natsir lahir di Jembatan Berukir, Alahan Panjang, kabupaten Solok, Sumatera Barat, pada hari Jum’at, 17 Jumadil Akhir 1326 H atau 17 Juli 1908 M. Tanggal 6 Februari 1993, meninggal dunia usia 85 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Pemikiran M. Natsir bahwasannya konsep ilmu pengetahuan dan konsep filsafat pendidikan modern yaitu mengintegrasikan ilmu agama dan umum, membentuk individu yang memiliki keyakinan, taqwa, moralitas yang baik, kemajuan, dan kemandirian, serta memiliki keteguhan spiritual, Sikap kemandirian pada peserta didik dan pentingnya peran pendidik yang berjiwa rela berkorban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbarizan. (2014). Integrasi Ilmu. In UIN Suska (Vol. 1, Issue 1).

Amirudin. (2016). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut. Al-Idarah, 6, 4.

Anwar, Z. (2023). KONSEP INTEGRASI ILMU KE-MI-AN DENGAN ILMU ISLAM Zainul Anwar 1 *, Yuni Masrifatin 2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, STAI Miftahul Ula Nganjuk anwarzein205. 1(4), 290–300.

Dartim, A. W. U. dan. (2020). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRALISTIK: STUDI PEMIKIRAN BUYA HAMKA DAN MOHAMMAD NATSIR Agung Wahyu Utomo dan Dartim. Konsep Pendidikan Islam..., 4(November), 273–292.

Firdaus, F. (2020). Konsep Pendidikan dalam Perspektif Muhammad Natsir. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 15–25. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(2).4272

Fitri, N. L. (2022). Muhammad Natsir dan Integrasi Islam. Al-Thiqah: Jurnal Ilmu Keislaman, 5(1), 74–83.

Fur, M. (2009). Konsep Pendidikan Islam Menurut Mohammad Natsir. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 185. https://doi.org/10.18326/mdr.v1i2.185-210

Habsy, B. A., Christian, J. S., M, S. U. S. P., & Unaisah, U. (2023). Memahami Teori Pembelajaran Kognitif dan Konstruktivisme serta Penerapannya. Tsaqofah, 4(1), 308–325. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2177

Handayani, W., Kuswandi, D., Akbar, S., & Arifin, I. (2023). Pembelajaran Berbasis STEAM untuk Perkembangan Kognitif pada Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 770–778. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.390

M, I. A. (2023). Penulis : (Issue August).

Maulida, A. (2018). Kompetensi Pendidik Dalam Perspektif M. Natsir. Al-Fikri:Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 39–46.

Nashir, A. (2008). Buya Hamka dan Mohammad Natsir tentang Pendidikan Islam. At-Ta’dib, 3(1), 59–81. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v3i1.494

TRIANTO, A. (2019). Pemikiran Mohammad Natsir Tentang Pendidikan Islam. 3(6).

Utomo, A. W., Ali, M., & Maksum, M. N. R. (2022). Konsep Pendidikan Religius Rasional : Studi Pemekiran Buya Hamka dan Mohammad Natsir. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 10(49), 711–724.

Waskito, T. (2023). Institusionalisasi pemikiran pendidikan Mohammad Natsir ke dalam lembaga Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 285–303. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.13829

Wicaksono, M. J. A. (2019). Perilaku Kunci Pembelajaran Efektif Dalam Konsep Wahyu Memandu Ilmu (Wmi). Jurnal As-Salam, 3(3), 90–101. https://doi.org/10.37249/as-salam.v3i3.140

Yuliadi, A. A. (2024). Implementasi Teori Belajar Kognitif Pada Kurikulum 2013. 3(1).

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Nur Khosiah, Dakkal Harahap, Tobroni, and Joko Widodo. 2025. “Integrasi Ilmu Moh. Natsir Dan Konsep Filsafat Ilmu Pendidikan Modern”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):501-15. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1370.

Issue

Section

Articles