Pemahaman Pendidikan Agama Islam dalam Dinamika Sosial Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.929Keywords:
PAI, Masyarakat, SosiologiAbstract
Sosiologi merupakan suatu studi terhadap bidang pendidikan yang mengarah pada pemahaman hubungan antara sosiologi yaitu masyarakat dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pendidikan agama Islam dari sudut pandang pendekatan sosiologis. Peran penting pendidikan agama islam terhadap lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research), diikuti dengan analisis dan penyajian objektif hasil temuan data. Temuan penelitian menunjukkan variasi perspektif terhadap pendidikan agama Islam dalam konteks sosiologis, sejalan dengan keragaman umum dalam kajian sosiologi. Keberagaman ini menandakan pentingnya pendekatan sosiologis dalam memahami agama, terutama karena banyak ajaran agama yang terkait dengan isu-isu sosial. Perhatian agama terhadap masalah sosial mendorong mereka untuk memahami ilmu-ilmu sosial sebagai sarana untuk memahami ajaran agama. Pendekatan sosiologis terhadap agama mempermudah pemahaman, terutama bagi mereka yang belum terlalu familiar, karena mengakui bahwa pendidikan agama islam turut dipengaruhi oleh kepentingan sosial, seperti relevansi dalam masyarakat, persaudaraan, perdamaian, dan toleransi.
Downloads
References
Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33–60.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. 6(1), 974–980.
AL FĀRŪQĪ, I. R. (2019). Islamic Culture. Islam, 2(2), 86–90. https://doi.org/10.2307/j.ctvkc67zd.26
Araniri, N. (2019). Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Mau’izhoh, 1(1), 1–11.
Assayuthi, J. (2020). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 240–254. https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8336
Habib Abdillah, S. A., & Diana Devi, A. (2020). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendekatan Sosiologi. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 143–149. https://doi.org/10.32505/v4i1.1007
Hamali, S. (2017). 2111-4188-1-Sm. 86–105.
Hasnawati. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Edukasi, 8(2), 157–170. https://doi.org/10.32520/judek.v8i2.1163
Khoiruman, K. (2020). Pembelajaran Materi PAI Berwawasan Multikultural. Jurnal Pendidikan Edukasia Multikultura, 13(2), 8–10. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/multikultura/article/view/3400
Kurniawati, E. W., Rustina, R., & Idhan, M. (2023). Membangun masyarakat holistik di era society 5.0 melalui implementasi pembelajaran pai pada kurikulum merdeka. Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0, 0, 389–395.
Mahsun, M. (2019). Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah: Studi terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 66–83. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1103
Mawardi. (2016). Batasan Dan Aspek-Aspek Agama Dalam Perspektif Sosiologi. Substantia, 18(2), 219–232.
Palopo, A. D., Malang, U. M., & Surat, A. (2023). Fenomena Keberagamaan dalam Masyarakat : Perspektif Sosiologis dalam Kajian Pendidikan Agama Islam Pendahuluan. 6(1), 21–32. https://doi.org/10.32528/tarlim.v5i2.8849.3
Radhyatul Hamidah, L. W. (2022). Implementasi Pendekatan Sosiologi pada Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(2), 175–187.
Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S. J., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673
Rambe, T., Sari, S. M., & Rambe, N. (2021). Ragam Ekspresi Beragama: Agama Dalam Perspektif Sosiologi. Studia Sosia Religia, 4(1), 52–63.
Rofifah, D. (2020). Internalisasi. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Sahrul Takim, Adiyana Adam, T. Y. (2022). Paradigma PAI Rahmatan Lil Alamin dalam Ragam Perspektif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 358–375.
Saodah, S. (2018). Model Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 75–100. http://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/12
Tamam, B., & Arbain, M. (2020). 8721-21812-1-Pb. 3(2), 217–252. https://doi.org/10.24853/ma.3.
Ubaidillah, U., & Khumidat, K. (2018). Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di SMA Negeri 3 Lumajang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 128. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v11i2.334
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nazahah Ulin Nuha, Tobroni, Faridi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.