Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMP Negeri 15 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1383Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Peran Guru, Bimbingan dan KonselingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi ABK, Peran Guru BK serta Solusi dan Hambatan dalam proses pemberian layanan bimbingan konseling bagi ABK di SMPN 15 Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memperoleh informasi secara mendetail terkait penelitian Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMP Negeri 15 Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga siswa ABK berjenis tunagrahita dengan kecerdasan IQ < 67 dengan hambatan akademik, Peran guru BK adalah 1) Peran guru BK melalui bidang layanan BK dalam rangka mengembangkan potensi diri yang menyangkut masalah pribadi, sosial, akademik maupun karier, 2) Peran guru BK melaui jenis lanyana BK: dengan pemberian layanan konseling individual, layanan bimbingan dan konseling kelompok, layanan bimbingan klasikal, layanan asessmen dan analisis kebutuhan, serta layanan kegitan kolaboratif dan referal. Faktor penghambat adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, jumlah guru BK yang terbatas dan anggaran biaya. Solusi dalam menangani hamban tersebut diantaranya memanfaatkan fasilitas sekolah seperti perpustakaan, mengundang narasumber dan menggunakan biaya taktis untuk menunjang kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Downloads
References
Adilla Fajriani, Abdullah Pandang, & Rajjab, J. (2023). Pengembangan Media Random Cards untuk Mengatasi Kebimbangan antara Sekolah Lanjut atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah Menengah Atas. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 5(3), 12–26.
Dhoka, F. A., Poang, F., Dhey, K. A., & Lajo, M. Y. (2023). Pendidikan Inklusi sebagai Upaya Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 20–30.
Fradinata, S. A., & Sukma, D. (2023). Keterampilan Dasar Konselor Dalam Melakukan Konseling Individu. 2(2), 119–128. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.238
Hidayati, I. W. (2020). Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Motivasi Belajar Bagi Siswa Smk N 3 Kasihan Bantul Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 17(1), 115–128. https://doi.org/10.14421/hisbah.2020.171-08
Igantara, G. D. (2023). Upaya Konselor Dalam Resiliensi Remaja Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berprestasi di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kuantan Singingi. 5331.
Khoirin Nida, F. L. (2018). Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 45. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4265
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Permatasari, T. D. R. (2016). Pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.
Pratiwi, L. T., Meilani, N. M., Dimas, S. A., Intan, N. M., & Awayna, F. A. (2022). Permasalahan Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 314–318. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.704
Sahara, Y., Putri, W. F., Mardiyah, S., Della, A. S., & Pane, F. S. (2021). Proses Konseling Populasi Khusus terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Abk). Ittihad, 5(1), 41–47. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/114
Siahaan, M. K. (2022). Education For Children With Special Needs. Education For Children With Special Needs, 8(2), 14–27. https://doi.org/10.51622/explora.v8i2.642
Sinaga, R. (2022). Wujudkan Kabupaten Bogor Ramah Disabilitas, Ade Yasin; Pembangunan Sekolah Inklusif di 40 Kecamatan. Radar Bogor. https://www.radarbogor.id/2022/01/20/wujudkan-kabupaten-bogor-ramah-disabilitas-ade-yasin-pembangunan-sekolah-inklusif-di-40-kecamatan/
Sriyanti, L. (2023). Bimbingan dan Konseling Terapi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. BIMBINGAN DAN KONSELING TERAPI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA BANDUNG.
Susanti, L. M., & Syukur, Y. (2021). Effectiveness of Implementation of Individual Counseling Services in Schools in Increasing Student Resilience. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 134. https://doi.org/10.24036/00434kons2021
Teddy, A. (2023). Faktor penyebab anak berkebutuhan khusus dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus pada tingkat sd di wilayah kota muara bungo. 1(1), 226–231.
Trisabayanti, R. (2022). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Layanan Bimbingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. 8.5.2017, 2003–2005. www.aging-us.com
Usup, U., Madi, M. S., Hataul, S., & Satiawati, C. (2023). Pengaruh Teman Sejawat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 196–204. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1612
Zubaidah, & Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jambura Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kamilah Siamlaran, Rusdi Kasman, Bahrum Subagiya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.