Pola Pendidikan Karakter Berdasarkan Tartib Nuzul Al-Qur’an

Authors

  • Estu Dwi Saputro Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Syamsul Hidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hakimuddin Salim Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1389

Keywords:

pendidikan karakter, tafsir tarbawi, tafsir nuzuli

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap bagaimana pola pendidikan karakter dalam al-Qur’an berdasarkan urutan turunnya wahyu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalaha pendekatan historis untuk melihat sosiologis-historis masyarakat arab pada masa turunnya wahyu dan pendekatan philologis untuk melilhat struktur kebahasan dalam al-Qur’an. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pola oprasional pendidikan karakter berbasis turunnnya wahyu al-Qur’an mencakup beberapa aspek: a) pendekatan yaitu pendekatan rasional kritis, humanistik religius, fungsional, pengalaman, emosional, dan, pendekatan keteladanan. b) Metode pendidikan meliputi metode kisah, metode targhib dan tarhib, metode observasi, metode diskusi, metode keteladanan. c) Proses pendidikan meliputi ishlah al-akhlaq al-nafsiyah, ishlah al-akhlaq al-ijtima’iyah, dan ishlah al-akhlaq as-asiyasiyah. d) Bentuk evaluasi yang Allah berikan kepada hambanya melalui serangkaian ujian-ujian, adakalanya Allah bahasakan dengan fitnah, bala’ ataupun hisab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badruzaman, Abad, Dialektika Langit dan Bumi, Bandung: Mizan Pustaka, 2018.

Ahmad Munir, Tafsir Tarbawi (Mengungkap Pesan al-Qur’an tentang Pendidikan), Yogyakarta: Teras, 2008.

al-Attas, Syed Muhammad Naquib, Risalah untuk Kaum Muslimin, Kuala Lumpur: ISTAC, 2001.

al-Jabiri, Abid, Fahm al-Qur`an al-Hakim: al-Tafsir al-Wadhih Hasb Tartib al-Nuzul, Maroko: dar al-Nasyr al-Maghribiyah, 2008.

al-Jabiri, Abid, Madkhol ila al-Qur’an al-Karim, al-Juz’u al-Awwal fii at-Ta’rif bil Qur’an, Beirut: Markaz Dirasat al-Wahdah al-Arabiyah, 2007.

Aṣ-Ṣabuni, Ali, al-Tibyān fī ‘Ulūm al-Qur’ān, Makkah: Dar al-Mawahib, 2016.

Baidan, Nashruddin, Metode Penafsiran al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Darwazah, Muhammad ‘Izzat, at-Tafsir al-Hadis: Hasb Tartib an-Nuzul, Kairo, 1962.

Himayah, Penguatan Literasi Islam Dalam Pendidikan Dasr, Jurnal Al- Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 1, Juni 2021.

Ilyas, Yunahar, Kuliah Ulūmul Qur’ān, Yogyakarta: al-Itqan, 2013.

Poonawala, Ismail K., “Hermenetika Al-Qur’an: Mengenal Tafsir al-Hadits Karya Izzat Darwaza” terj. Faried F Saenong dalam jurnal Studi Al-Qur’an, vol. I, No. 1 Januari 2016.

Shihab, Quraish, Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 2013.

Shihab, Umar, Konteksualitas al-Qur’an: Kajian Tematik Atas Ayat-Ayat Hukum dalam Al-Qur’an, Jakarta: Penamadani, 2003.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Unang, Wahidin, Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 07, No, 02 Tahun 2016.

Zamroni, Ayat-Ayat Pembelajaran dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2021.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Estu Dwi Saputro, Syamsul Hidayat, and Hakimuddin Salim. 2025. “Pola Pendidikan Karakter Berdasarkan Tartib Nuzul Al-Qur’an”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):672-86. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1389.

Issue

Section

Articles