Studi Komparasi Tentang Setȃn Menurut Penafsiran Buya Hamka Dan Penafsiran Asy-Sya’rawi
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.829Keywords:
Setân Dalam Surah Ibrahim, Studi Komparasi, Tafsir asy-Sya’rawi, Tafsir al-AzharAbstract
Setân merupakan musuh manusia, sebagaimana Allah ingatkan dalam al-Qur’an surah Fathir ayat 6 yang artinya Sesungguhnya setân bagi kalian wahai manusia adalah musuh abadi, maka jadikanlah ia sebagai musuh kalian dengan terus menerus melawannya, salah satu ayat utama tentang tipu daya setân tersebutlah dalam surah Ibrahim ayat 22. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna serta perbedaan dan persamaan penafsiran tentang setân dalam surah Ibrahim ayat 22 menurut Buya Hamka dan Syaikh asy-Sya’rawi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pustaka. Sumber primer yang digunakan ialah Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka dan Tafsir asy-Sya’rawi karya Syaikh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparasi, yaitu membandingkan penafsiran Buya Hamka dengan Syaikh Asy-Sya’rawi tentang setân Dalam Surah Ibrahim Ayat 22. Penafsiran tentang setân didalam surah Ibrahim ayat 22 menurut kitab tafsir Al-Azhar dan tafsir Asy Sya’rawi yaitu sifat suatu makhluk dalam hal ini ialah jin dan manusia, yang durhaka kepada Allah serta mengajak makhluk lainnya mendurhakai Allah, mereka inilah disebut setân. Diantara perbedaan penafsiran tentang setân dalam surah Ibrahim ayat 22 dari kedua mufasir tersebut yaitu makna kalimat maa ana bimusrighikum wamaa antum bisurighi. Sedangkan persamaannya yaitu dari metode keduanya dalam menafsirkan al-Qur’an yaitu mengumpulkan beberapa ayat yang saling berkaitan dengan tema yang dibahas. Persamaan lainya yaitu penafsiran makna kalimat asy-syaithan, dan lamma qudiya amr.
Downloads
References
Hijazi, Muhammad Mahmud, 2010, Fenomena Keajaiban Al-Qur’an Kesatuan Tema Dalam Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani
Departemen Agama RI, 2005, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Syygma
Zaidan, Abdul Karim, 2017, Hikmah Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an, Jakarta Timur: Darus Sunnaah Pres
Ahmad,Yusuf Al-Hajj, 2008, Kupas Tuntas Strategi Setân, Jakarta : Maghfirah Pustaka, penrjmh. Toyyib Arifin
Hermawan, Habib, 2018, Jin, Setân dan Iblis Dalam Tafsir Departemen Agama RI, Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Haeruddin, 2017, Analisa Terhadap Penafsiran Al-Maraghi Mengenai Ayat-Ayat Yang Berkaitan Dengan Iblis Dalam Al-Qur’an, Skripsi, Makassar: UIN Alauddin
Shobahussurur, 2008, Mengenang 100 Tahun Hamka. Jakarta: Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar
Baidan, Nasruddin, 1998, Metodologi Penafsiran Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Hamka, Rusdi, 2016, Pribadi Dan Martabat Buya Hamka, Jakarta Selatan: PT.Mizan Publika
Roziqin, Badiatul, 2009, 101 Jejak Tokoh Islam Indonesia, Yogyakarta: e-Nusantara
Rahardjo, M Dawam 1993, Intelektual Inteligensi dan Perilaku Politik Bangsa, Bandung: Mizan
Susanto, 2009, Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah
Hamka, Irfan, 2018, Ayah, Jakarta: Republika Penerbit
Mohammad, Herry, 2006, Tokoh-Tokoh Islam yang Berpengaruh Abad 20, Jakarta: Gema Islami
Yusuf, Yunan, 2003, Corak Pemikiran Kalam Tafsir al-Azhar; Sebuah Telah Atas Pemikiran Hamka Dalam Teologi Islam, Jakarta : Penamadani
Shihab, M Quraish,1997, Membumikan Al-Qur’an, Bandung: Mizan
Istibsyaroh, 2004, Hak-Hak Perempuan Relasi Jender Menurut Tafsîr asy-Sya’râwî, Jakarta: Teraju (PT. Mizan Publika)
Jauhar, Ahmad al-Marsi Husein, 1990, Muhammad Mutawalli asy-Sya’râwi Imam al-‘Asr, al-Qahirah: Handat Misr
Al-Amal, Mahmud Rizq, 2001, Tarikh al-Imam asy-Sya’râwi dalam Majalah Manar al-Islam, September: Vol. 27
Malkan, “Tafsir asy-Sya’rawi: Tinjauan Biografis dan Metodologis”, Jurnal Al-Qalam, Vol.29 No: (Mei-Agustus) 2012
HAMKA, 2015, Tafsir al-Azhar, Jakarta: Gema Insani
asy-Sya’rawi, M Mutawalli 2007, Terj. Tim Terjemah Safir Al-Azar Medan, Tafsir Sya’rawi, Medan: Duta Azhar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wakhidia Rahmatu A, Muh. Nur Rochim Maksum, Syamsul Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.