Kompetensi Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid dalam Kitab Manhaj Al-Tarbiyyah Al-Nabawiyyah Li Al-Tifl

Pendidikan Keluarga

Authors

  • Wildan Muholadun IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Cecep Sumarna IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Dedi Djubaedi IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1394

Keywords:

Kompetensi Pendidikan, Suwaid, Lembaga.

Abstract

Muhammad iNur iAbdul iHafidz iSuwaid idalam i"Manhaj iAt iTarbiyyah iAnnabawiyyah iLit iTifl" imenyatakan ibahwa ikompetensi ikognitif, iafektif, idan ipsikomotorik idalam iIslam itelah iada isejak izaman iNabi iMuhammad iSAW, irelevan idengan ikonsep ipendidikan iBarat. iPenelitian iini ibertujuan imenjelaskan ikompetensi ipendidikan iIslam imenurut iSuwaid, iimplementasinya idalam ikurikulum imerdeka, idan iimplikasinya idi ilembaga ipendidikan iIslam. iMetode ipenelitian imenggunakan istudi ikepustakaan idengan ianalisis iisi iteks idari ikitab itersebut. iHasilnya imenunjukkan ipembagian ikompetensi ipendidikan iIslam imenurut iSuwaid idalam itiga ibab, iimplementasi ikompetensi iini irelevan idengan ikurikulum imerdeka, idan iimplikasinya itermasuk iprogram ikeunggulan iseperti iolahraga iberkuda, iberenang, idan imemanah iuntuk imelatih iketerampilan ipsikomotorik isiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Z. (2018). Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Ghazali. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2), 21-38.

Agustono, N. (2020). Penerapan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

An Nahlawi, abdurahman. Ushul at Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Asalibuha. (penerbit Darul Fikr , 1996) hal 12.

Anderson, L.W., Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Bjartveit, Carolyn dan Euthalia Lisa Panayotidis. (2014). The Rise of the House of Rousseau Historical Consciousness in the Contemporary ECE Teacher Education Calsroom Journal of Curriculum Theorizing, Vol. 30. No (1).

Boehlke, Robert R. (2005). Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen dari Yohanes Amos Comenius sampai Perkemabngan PAK di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Boyd, W. (1956). Emile for Today. The Emile of Jean Jaques Rosseau Selected. London: Heinemann.

Celik, Rasit. (2013). Emile: An Insigh Into Education and Citizenship in Pluralistic Society. The Online Journal of New Horizons in Education. Vol (3). No (4).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009).

Encyclopedia International, (1979). Vol (15). USA: Lexicon Publication.

Gaol, CHR. Jimmy L. (2014). A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia) Konsep, Teori, dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis, PT. Gramedia Widiasarana.

Gianotsus, Jamie (2006). Locke and Rousseau: Early Childhood Education. The Pulse, Vol. 4, No. 1.

Gunawan, Y. I. P., & Rahmania, E. A. (2023). Metode Pengembangan Aspek Kognitif Anak (Telaah Buku Prophetic Parenting Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid). Jurnal Kependidikan, 11(1), 153-168.

Hadiana, D. (2015). Penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 15-26.

Hadiwijono, Harun. (2002). Sari Sejarah Filsafat Barat 2. Yogyakarta: Kanisus.

Hajar, al asqalani. Fath Al-Bari bisyarhi Shahih Al-Bukhari. Pustaka Imam Asy-Syafi , 2010.

Hamawi, Nujaim. Ghamzu 'Uyun Al-Bashair Syarh Kitab Al-Asybah Wa Al-Nadhair. (daar al kutub al 'ilmiyyah : Beirut., 1985).

Hamersma, Harry. (1984). Tokoh-tokoh Filsafat Barat Modern. Jakarta: PT Gramedia.

Hasan, d. (2022). Pokok - Pokok Materi Metodologi Penelitian . Bogor : Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Jurnal penelitian, 11(2), 237-266.

Ibrahim, Anis. al Mu'jam al wasit Terbitan: Maktabah Rahmaniyyah(1972)

John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, terj. Tri Wibowo (Jakarta: Kencana, 2007)

Krathwohl, B.S. Bloom, B.B Masia. (1964). Taxonomy of Educational Objectives. The Classification of Educational Goals, Handbook II: Affective Domain. David McKay Company, Inc.

Kristianto, Paulus Lilik. (2006). Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: yayasan Andi.

Ma’ruf, M., & Misraya, I. (2020). Concept of Children's Education According to Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid (Study Of Book Analysis Manhaj At- Tarbiyah An-Nabawiyah Lit-Tifl). Jurnal Al-Murabbi, 6(1), 21-37.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI, 2(1), 132-139.

Marzuki. (2020). Metode Riset. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Muhammad Yaumi, Prisip-Prinsip Desain Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2013)

Munawi, Faidhul qodir syarah al-jami' ash-shoghir juzu' 3. Kairo : Dar El-Hadith, 2010.

Musya’Adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 2(1), 9-27.

Nata, D. H. A. (2014). Perspektif Islam tentang strategi pembelajaran. Kencana.

Nawawi, shahih muslim bi syarh an-nawawi. Jakarta : Pustaka Azzam, 2010.

Nursalim, E., & Iskandar, I. (2021). Konsep Fitrah Dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist. Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), 31-40.

Nurhadi, N. (2018). KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN KELUARGA DALAM SURAH AL-LUQMAN. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 10(1), 1-17.

Putri, S. N. (2021). Analisis Kesesuaian Buku Teks Matematika Kelas VII Dengan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Afeksi: jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 2(2), 85-97.

Sugiyono, P. D. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Suwaid, M. Nur Abdul Hafizh. 2010. Prophetic Parenting. Yogyakarta: Pro U Media.

Suwaid, M. Nur Abdul Hafizh. Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyah lith Thifi. (Penerbit Dâr Ibnu Katsir, Cetakan III 2000)

Suwaid, Propethic Parenting; Cara Nabi Saw Mendidik Anak (Yogyakarta: Pro-U Media, 2010), hlm. 296.

Tafsir, A. (2020). Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Uno, H. B., & Nina Lamatenggo, S. E. (2022). Tugas Guru dalam pembelajaran: Aspek yang memengaruhi. Bumi Aksara.

W. S. Winkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta: Gramedia, 1987),.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Wildan Muholadun, Cecep Sumarna, and Dedi Djubaedi. 2025. “Kompetensi Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid Dalam Kitab Manhaj Al-Tarbiyyah Al-Nabawiyyah Li Al-Tifl : Pendidikan Keluarga”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):634-53. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1394.

Issue

Section

Articles