PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA PENDIDIKAN MODERN
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i2.198Keywords:
pemikiran KH. Ahmad Dahlan, pendidikan modern, dan inovasi pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri hakikat pemikiran pendidikan KH. Ahmad Dahlan dan relevansinya dengan dunia pendidikan modern sebagai seorang pelopor pendidikan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang berbentuk library research (Penelitian Pustaka). Teknik pengumpulannya yaitu dengan dokumentasi, analisis dokumen. Teknik analisis data deskriptif verifikatif dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pemikiran pendidikan KH. Ahmad Dahlan memadukan materi pengetahuan agama dan pengetahuan umum. Pertukaran guru, long life long education, kompetensi guru, program guru pembelajar. Kompetensi sosial, kepemimpinan, kompetensi sosial terbuka kosmopolit.