PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA PENDIDIKAN MODERN

Authors

  • Muhammad Hamsah IAIN Salatiga
  • Nurchamidah Nurchamidah Institut Agama Islam Negeri Salatiga
  • Rasimin Rasimin Institut Agama Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i2.198

Keywords:

pemikiran KH. Ahmad Dahlan, pendidikan modern, dan inovasi pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri hakikat pemikiran pendidikan KH. Ahmad Dahlan dan relevansinya dengan dunia pendidikan modern sebagai seorang pelopor pendidikan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang berbentuk library research (Penelitian Pustaka). Teknik pengumpulannya yaitu dengan dokumentasi, analisis dokumen. Teknik analisis data deskriptif verifikatif dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pemikiran pendidikan KH. Ahmad Dahlan memadukan materi pengetahuan agama dan pengetahuan umum. Pertukaran guru, long life long education, kompetensi guru, program guru pembelajar. Kompetensi sosial, kepemimpinan, kompetensi sosial terbuka kosmopolit.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-11-30

How to Cite

Hamsah, Muhammad, Nurchamidah Nurchamidah, and Rasimin Rasimin. 2021. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA PENDIDIKAN MODERN”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 7 (2):378-90. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i2.198.