Optimisme Pendidikan Madrasah Di Indonesia (Prospek Dan Tantangan)

Authors

  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v1i1.29

Keywords:

Madrasah, pendidikan

Abstract

Konsep madrasah bagi masyarakat muslim Indonesia sesungguhnya ideal, lembaga pendidikan ini secara konseptual mengembangkan semua ranah pendidikan yang lebih sempurna dan komprehensif, yaitu aspek intelektual, spritual, sosial, dan keterampilan sekaligus. Minat masyarakat terhadap madrasah di Indonesia semakin baik yang dibuktikan dari adanya peningkatan jumlah siswa madrasah dari tahun ke tahun rata-rata sebesar 4,3 %, dan didukung oleh faktor lain seperti fenomena kesadaran beragama serta partisipasi umat yang menjadikan madrasah sebagai ladang ibadah dan perjuangan. Menyekolahkan ke madrasah dilingkungan pesantren menjadi trend warga perkotaan dan semakin meningkat setiap tahunnya. Problem beban kurikulum, kurangnya perhatian pemerintah, dan rendahnya kualitas SDM selalu menyelimuti madrasah. Solusinya adalah reformulasi madrasah menuju peningkatan mutu dan kualitas, dengan demikiran di masa depan madrasah akan menjadi pilihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-12-03

How to Cite

Rusydi, Ibnu. 2014. “Optimisme Pendidikan Madrasah Di Indonesia (Prospek Dan Tantangan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1 (1):7-19. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v1i1.29.