PENGARUH SUPERVISI PEMBELAJARAN, SERTIFIKASI GURU, DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Rokhim Abdul
  • Aries Musnandar Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.295

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh supervisi pembelajaran, sertifikasi guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara parsial dan bersama-sama terhadap kinerja guru PAI. Penelitian  ex post facto menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru PAI pada Kecamatan Sumberpucung dan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Analisis data menggunakan statistic rumus regresi sederhana dan regresi ganda dengan bantuan komputer program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru PAI  di Kabupaten Malang dapat dipengaruhi oleh supervisi pembelajaran, sertifikasi guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah, hal ini dinyatakan dengan hasil signifikansi Fhitung 98,685 > Ftabel 2,947. Persamaan regresi ditunjukkan oleh persamaan Ў = 11.758 + .658 X1 + .122 X2 + .201 X3. Temuan tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 88,5 % supervisi pembelajaran, sertifikasi guru, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAI pada sekolah dasar dan menengah di Kabupaten Malang. Sedangkan sisanya sebesar 11,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-11

How to Cite

Abdul, Rokhim, and Aries Musnandar. 2022. “PENGARUH SUPERVISI PEMBELAJARAN, SERTIFIKASI GURU, DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (2):707-19. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.295.