PENGARUH SUPERVISI PEMBELAJARAN, SERTIFIKASI GURU, DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.295Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh supervisi pembelajaran, sertifikasi guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara parsial dan bersama-sama terhadap kinerja guru PAI. Penelitian ex post facto menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru PAI pada Kecamatan Sumberpucung dan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Analisis data menggunakan statistic rumus regresi sederhana dan regresi ganda dengan bantuan komputer program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru PAI di Kabupaten Malang dapat dipengaruhi oleh supervisi pembelajaran, sertifikasi guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah, hal ini dinyatakan dengan hasil signifikansi Fhitung 98,685 > Ftabel 2,947. Persamaan regresi ditunjukkan oleh persamaan Ў = 11.758 + .658 X1 + .122 X2 + .201 X3. Temuan tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 88,5 % supervisi pembelajaran, sertifikasi guru, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAI pada sekolah dasar dan menengah di Kabupaten Malang. Sedangkan sisanya sebesar 11,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.