Pendidikan Islam di Indonesia (Problem Masa Kini dan Perspektif Masa Depan)

Authors

  • Hafsah SMPN 1 Sleman Yogyakarta
  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374

Keywords:

Pendidikan, Islam, Problem Masa Kini, Perspektif Masa Depan

Abstract

Pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Di Indonesia, negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, masih memiliki beberapa problematika terkait pendidikan khususnya pendidikan Islam. Berikut akan diuraikan permasalahan pendidikan Islam yang terjadi di masa kini. Pendidikan karakter yang ditopang oleh pendidikan moral, pendidikan nilai, pendidikan agama, dan pendidikan kewarganegaraan sama-sama membantu siswa untuk tumbuh secara lebih matang dan kaya, baik sebagai individu maupun makhluk sosial dalam konteks kehidupan bersama. Dalam menjawab problematika dan tantangan yang dihadapi pendidikan Islam, maka ada beberapa solusi alternatif yang bisa dilakukan, antara lain paradigma baru pendidikan Islam harus didasarkan pada filsafat teosentris dan antroposentris sekaligus, pendidikan Islam mampu membangun keilmuan dan kemajuan pendidikan yang integratif antara nilai spiritual, moral, dan materiil bagi kehidupan manusia, dan pendidikan Islam harus lebih menekankan pada struktur yang lebih fleksibel, memperlakukan peserta didik sebagai individu yang selalu berkembang, dan senantiasa berinteraksi dengan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Muzayyin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modrnisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos, 1999.

Baharudin. Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2011.

Basri, Hasan. Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Irianto, Yoyon Bahtiar. Kebijakan Pembaruan Pendidikan; Konsep, Teori, dan Model. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.

Jalal, Fasli. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita, 2001.

Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.

Nata, Abuddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam; Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.

. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Bogor: Kencana, 2003.

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001. Tilaar. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Bogor: TP, 1999.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2001.

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000. Zarkasyi, Imam. Jiwa-Jiwa Keikhlasan dan Perjuangan. Gontor: Darussalam Press, 1995.

. Serba Serbi Singkat tentang Pondok Modern Darussalam Gontor. Gontor: Darussalam Press, T.t.

Published

2023-03-28

How to Cite

Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.

Issue

Section

Articles