Pesantren dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan: Upaya Mitigasi Perubahan Iklim

Authors

  • Debi Fajrin Habibi Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Kambali Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.411

Keywords:

Pesantren, Kesadaran Lingkungan, Perubahan Iklim

Abstract

Perubahan iklim yang terjadi dewasa ini sangat berkaitan dengan kesadaran lingkungan manusia. Sebab itu, pengembangan kesadaran terhadap pentingnya lingkungan hidup merupakan sebuah upaya yang harus ditempuh demi keberlangsungan hidup pada generasi selanjutnya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan kesadaran lingkungan dalam pendidikan Islam, khususnya di pesantren. Hal ini dikarenakan pesantren memiliki peran strategis dalam upaya mitigasi kerusakan lingkungan dan perubahan iklim. Kajian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan menjadikan sejumlah hasil kajian para peneliti terdahulu sebagai sumber data utamanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kesadaran lingkungan dapat diimplementasikan melalui nilai-nilai pendidikan Islam berbasis lingkungan di Pesantren. Iklim keagamaan di lingkungan dalam lembaga pendidikan Islam dapat diwujudkan melalui pendekatan Ekopesantren, yakni dengan tujuan: terciptanya lingkungan pendidikan agamis; terwujudnya kurikulum pembelajaran dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai agama yang beberbasis lingkungan; dan terwujudnya teladan dari pendidik yang berakhlak mulia dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Adapun secara sederhana, setidaknya ada tiga hal yang perlu dilakukan pesantren untuk berkontribusi dalam upaya mitigasi perubahan iklim, yakni: mewujudkan kurikulum hijau, efisiensi penggunaan air, dan one pesantren one SPAL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesman, M. (2018). Efisiensi Air di Pesantren melalui Penerapan Sunnah Nabi dan Teknologi Terapan. Nukhbatul Ulum, 4(1), 40-50.

Aulia, R. N., Nanda Isnaini, D. E., & Khumairoh, U. (2017). Pengelolaan Lingkunga Berbasis Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Hakim Lombok NTB). Hayula, 1(2), 229-244.

Badan Pusat Statistik. (2018). Laporan Indeks Perilaku Ketidakpedulian Lingkungan Hidup Indonesia 2018 . Jakarta: BPS.

Fua, J. L., Nurlila, R. U., Gunawan, F., & Wekke, I. S. (2017). Islamic Education on Formation of Environmental Awareness. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 156 (hal. 1-5). IOP Publishing.

Gufron, M. (2018). Transformasi Paradigma Teosentris menuju Antroposentris (Telaah atas Pemikiran Hasan Hanafi). Millati, 3(1), 141-171.

Hasnidar, S. (2019). Pendidikan Estetika dan Karakter Peduli Lingkungan. Serambi Ilmu, 20(1), 97-119.

Herdiansyah. (2018). Eco-Pesantren as a Basic Forming of Enviromental Moral and Theology. Kalam, 12(2), 303-326.

Jufri. (2018). Pendidikan Lingkungan di Sekolah Dasar Nengeri 1 Baruga Kota Kendari. At-Ta`dib, 11(2), 164-181.

Karim, A. (2017). Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan berbasis Humanisme Pendidikan Agama. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 309-330.

Mangunjaya, F. M. (2014). Ekopesantren: Bagaimana Merancang Pesantren Ramah Lingkungan. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Nata, A. (2022). Membangun Pendidikan Islam yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi: Analisis Kebijakan dan Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 237-254.

Pratama, D. A. (2019). Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim, 3(1), 198-226.

Pujianto, W. E., Larassaty, A. S., Novie, M., & Muzdalifah, L. (2021). Eco-Pesantren: Islamic Boarding School Transformation. Proceedings of the International Conference on Industrial & Mechanical Engineering and Operations Management (hal. 873-884). Bangladesh: IEOM Society International.

Purwidianto. (2017). Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Perspektif Islam. Jurnal Uhamka, 8(2), 225-228.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D . Bandung: Alfabeta.

Suryanto, B. T. (2019). Eko-Pesantren: Mewujudkan Pesantren Peduli dan Berbudaya lIngkungan berbasis Kemandirian. Jurnal Islam Nusantara, 3(1), 1-24.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Published

2022-12-19

How to Cite

Debi Fajrin Habibi, Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi, and Kambali. 2022. “Pesantren Dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan: Upaya Mitigasi Perubahan Iklim”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1375-85. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.411.