Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Spiritual Di Madrasah Aliyah Nurul Ummah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.475Keywords:
Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Spiritual, Madrasah Aliyah Nurul UmmahAbstract
Laju perkembangan teknologi yang cepat serta media yang beredar sangat penting dalam kebutuhan sehari-hari untuk memberikan wawasan pengetahuan yang luas. Akan tetapi, fenomena tersebut telah memakan korban karakter spiritual khususnya pada sekolah maupun madrasah. Salah satu akibat dari perkembangan teknologi dan media yang cepat ini para siswa khususnya masih terjebak dalam salah dalam pergaulan. Pergaulan merupakan yang lumrah dialami oleh siapapun, akan tetapi pergaulan juga memiliki dampak bagi setiap orang. pembinaan-pembinaan dalam memberikan nilai perbuatan yang baik dengan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan merubah karakter spiritual yang dimiliki seseorang supaya dapat bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Metode penelitian yang dilakukan penulis yakni menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dekskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi. reduksi data. Dalam membentuk karakter spiritual yang unggul perlu adanya pembiasaan sejak dini sehingga dalam pembiasaan tersebut menghasilkan bekas yang tertanam sampai berkelanjutan. Selain itu, keberhasilan dalam membentuk karakter spiritual yakni terdapat pada lingkungan keluarga yang mengajarkan sejak dini sampai remaja mengenai pentingnya mempunyai sikap karakter spiritual dengan baik.
Downloads
References
Abute, Erniwati La. 2019. “Konsep Kesadaran Sosial Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Glasser 3 (2): 186. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.338.
Adisaputra, Firgian, Sri Budyartati, and Apri Kartikasari HS. 2020. “Hubungan Penggunaan Aplikasi Tik Tok Dengan Degradasi Karakter Siswa SD.” Prosiding.Unipma. 2: 9–10. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID.
Akhmad Faozi, & Didik Himmawan. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual Menurut Syekh Zainal Abidin Abdul Karim Al Husaini dalam Kitab Al Barzanji. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), 90–97. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.93
Albi, Anggito, and Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Amaruddin, Hidar, Hamdan Tri Atmaja, and Muhammad Khafid. 2020. “Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Karakter 10 (1): 33–48. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588.
Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Fatimatuzahroh, Fitri, Lilis Nurteti, and S. Koswara. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (1): 35. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362.
Fitri, Ridho Nurul. 2016. “Pengaruh Pembentukan Karakter Dengan Kecerdasan Spiritual Di SMA Negeri 22 Palembang.” Intelektualita 5 (1).
Ginanjar, M Hidayat, and Nia Kurniawati. 2017. “PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN KORELASINYA DENGAN PENINGKATAN AKHLAK AL-KARIMAH PESERTA DIDIK.” Edukasi Islami 06 (12): 104–5.
Hakim, Lukman. 2016. “PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI RAKYAT SESUAI DENGAN AMANAT UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2 (1): 53–64. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575.
Halik, Abdul, and Saira. 2018. “Peran Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah.” Jurnal Istiqra’ 5 (2): 6. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/452.
Huda, Miftahul. 2015. “Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10 (1): 165–88. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.790.
Ibad, Saiful, and Margono Mitrohardjono. 2018. “PENGEMBANGAN KARAKTER SPIRITUAL KEAGAMAAN SISWA DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” Jurnal Tahdzibi 03 (1). https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.98.
Imam Hanafi. 2017. “Urgensi Penanaman Nilai Karakter Spiritual Keagamaan Dan Integritas Dalam Dunia Pendidikan.” An-Nuha 4 No. 2: 139–51.
Jannah, Fathul. 2003. “PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” Dinamika Ilmu 13 (2): 2. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i95.460.
Khalqi, Khairul. 2019. “Nilai-Nilai Utama Karakter Spiritual Keagamaan Dan Integritas Dalam Kisah Al-Qur’an.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 10 (2): 160–77. https://doi.org/10.36835/falasifa.v10i2.204.
Lestari, Yuliana Intan. 2019. “Bagaimana Pengasuhan Spiritual Mampu Membangun Karakter Yang Baik Pada Remaja Muslim?” Jurnal Psikologi 15 (2): 108. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7794.
Masaong, Kadim. 2012. “Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intelligence.” Konaspi 7 (5): 1–10. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/186/Pendidikan-Karakter-Berbasis-Multiple-Intelligence.pdf.
Nurjanah, Septi, Nurilatul Rahma Yahdiyani, and Sri Wahyuni. 2020. “Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Karakter Peserta Didik.” EduPsyCouns 2 (1): 366–77.
Pawitasari, Erma, Endin Mujahidin, and Nanang Fattah. 2015. “Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Perspektif Islam (Studi Kritis Terhadap Konsep Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan & Kebudayaan).” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 1. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v4i1.573.
Rahmasari, Lisda. 2012. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan.” Majalah Ilmiah INFORMATIKA 3 (1): 1–20.
Setiakawan, Agus. 2016. “Konsep Pendidikan Tauhid Dalam Keluarga Perspektif Pendidikan Islam.” Educasia 1 (2): 1–21. www.educasia.or.id,.
Sukarno, Mohamad. 2020. “Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0.” Prosiding Seminar Nasional 2020 1 (3): 32–37. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/771.
Suseno, Miftahun Ni’mah. 2013. “Efektivitas Pembentukan Karakter Spiritual Untuk Meningkatkan Optimisme Terhadap Masa Depan Anak Yatim Piatu.” Jurnal Intervensi Psikologi (JIP) 5 (1): 1–24. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art1.
Tamami, Badrut, and Miftahul Hasanah. 2021. “Pembinaan Karakter Spiritual Guna Meningkatkan Nilai Religiusitas Anggota Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Ambulu Di Era Pandemic Covid 19.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage 2 (2): 84–87. https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5432.
Tri, Kusumawati. 2017. “Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak.” Jurnal of Educational and Evaluation 6 (1): 10–18.
Utami, Amalia, Zahratul Futuhat, and Anis Nurhasanah Nurhasanah. 2021. “Penerapan Scientific Learning Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19.” SITTAH: Journal of Primary Education 2 (1): 35–48. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2573.
Wahyudi, Dedi, and Nelly Agustin. 2018. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9 (1): 37. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2605.
Wahyudi, Dedi, and Lilis Marwiyanti. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 7 (2): 267. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2369.
Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, . Sapriya, and Dasim Budimansyah. 2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2 (2): 286–95. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syakur Wildan, Meliyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.