Moderasi Beragama Sebagai Gerakan Islam Wasathiyah Dalam Menangkal Radikalisme

Authors

  • 'Azmi Uwafiq Muhammad UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muqowim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Rohmadi UIN Raden Fatah Palembang
  • Syakur Wildan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.495

Keywords:

Moderasi, Beragama, Radikalisme

Abstract

Indonesia adalah negara multikultural yang mempunyai beraneka ragam suku, budaya, agama, ras, bahasa dari berbagai daerah di Indonesia. Radikalisme sering terjadi di Moderasi beragama sangat perlu dikenalkan dan ditanamkan kepada generasi penerus bangsa sejak usia dini. Penanaman nilai-nilai moderasi sejak usia dini akan melahirkan generasi yang moderat dalam menyikapi munculnya ide-ide radikal dan tindakan-tindakan ekstrimisme keagamaan di tengah keragaman masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi pustaka (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Moderasi beragama mempunyai beberapa pilar-pilar penting dalam menangkal radikalisme melalui gerakan islam wasathiya sebagai berikut: Pertama, pilar adil yang mempunyai arti sama yakni persamaan hak seseorang dan berjalan tegak lurus dalam bersikap agar bersikap adil dalam mengambil sebuah keputusan dan tidak berpihak kepada salah satu dengan yang lain, Kedua, pilar keseimbangan adalah prinsip yang yang penting dalam moderasi karena tanpa adanya keseimbangan tidak akan menciptaka suatu keadilan, Ketiga, pilar toleransi adalah batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I. (2003). Politik Bhinneka Tunggal Ika Dalam Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 5(2), 1–13. http://jmb.lipi.go.id/index.php/jmb/article/view/248

Abror Mhd. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi ( Kajian Islam dan Keberagaman ). Rusydiah, 1(1), 137–148.

Agung, A., & Maulana, M. A. (2021). Revitalisasi Pengembangan Moderasi Beragama pada Era Digital di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 524–529. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1893

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Albana, H. (2022). Kontestasi Narasi Moderasi Beragama di Instagram. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 17(1), 14. https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.3791

Amar, A. (2018). Pendidikan Islam Wasathiyah ke-Indonesia-an. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 18–37. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i1.3330

Arif, K. M. (2020). Konsep Moderasi Islam dalam Pemikiran. Millah (Jurnal Studi Agama), 19(2), 307–344. https://doi.org/10.20885/millah.vol19.iss2.art6

Arifin, B. (2016). IMPLIKASI PRINSIP TASAMUH (TOLERANSI) DALAM INTERAKSI ANTAR UMAT BERAGAMA. Fikri (Jurnal Kajian Agama, Sosial, Dan Budaya), 1(2), 1–30.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi Ke X.

Choli, I. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Industri 4.0. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 20–40. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i2.891

Cristiana, E. (2021). IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM MENCEGAH RADIKALISME. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1, 19–28.

Destriani, D. (2022). Volume 01, Number 06 April 2021. Incare, 02(06), 647–664.

Dimyati, A. (2017). Islam Wasatiyah (Identitas Islam Moderat Asia Tenggara dan Tantangan Ideologi). Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 6(2), 139–168.

Dini, A., Azzahra, H., Hasanah, R. D., Prastami, Y., & Tarigam, M. (2022). Visi, Misi dan Sifat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 3905–3910.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Religions, 25(3), 95–100. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/download/5640/3010/

Fajron, A., & Hum, D. H. N. T. M. (2020). Moderasi Beragama (Perspektif Quraish Shihab dan Syeikh Nawawi Al-Batani: Kajian Analisis Ayat Tentang Wasatiyyah Di Wilayah Banten) (p. 118 hlm).

Fauzian, R., Hadiat, Ramdani, P., & Yudiyanto, M. (2021). Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membentuk Sikap Moderat Siswa Madrasah. AL-WiJDAN: Journal of Islamic Education Studies, 6(1), 1–14.

Ghony, M. D., & Almansyur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sleman, Arruzz Media.

Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121–141.

Haris, S. A., Muqowim, M., & Radjasa, R. (2020). The Contextualization Of Sayyid Idrus Bin Salim Al-Jufri’s Thoughts On Religious Moderation In Institut Pendidikan Al-Khairaat Palu. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 77–93. https://doi.org/10.22219/progresiva.v10i2.12599

Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 111–123.

Hasim, M. (2015). Potensi Radikalisme di Sekolah Studi Terhadap Buku Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13(2), 255–268. https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i2.242

Isnanto, S. H. (2018). Berbagai Masalah Dan Tantangan Radikalisasi Dan Deradikalisasi Terorisme Di Indonesia. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 5(2), 225–244. https://doi.org/10.33172/jpbh.v5i2.366

Jamaluddin, J. (2022). Implementasi Moderasi Beragama di Tengah Multikulturalitas Indonesia (Analisis Kebijakan Implementatif pada Kementerian Agama). AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 1–13. https://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/issue/view/10

Jumarudin, Gafur, A., & Suardiman, S. P. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN HUMANIS RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 114–129.

Kurniawan, I. (2020). MEMAKNAI RADIKALISME DI INDONESIA. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 70–82.

Lessy, Z., Widiawati, A., Alif, D., Himawan, U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137–148.

Ma’rufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Degradasi Moral Sebagai Dampak Kejahatan Siber Pada Generasi Millenial di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191–201.

Minarni, A., & Hasanuddin. (2021). Peran Guru Agama Islam dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 64–73. https://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/18/6

Munif, A. (2018). Potret Masyarakat Multikultural di Indonesia. Journal Multicultural of Islamic Education, 2(1), 1–10. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ims/article/view/1219

Nata, A. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Conciencia, 18(1), 10–28. https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436

Nurhidin, E. (2021). Strategi Implementasi Moderasi Beragama M. Quraish Shihab dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 115–129. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.686

Pabbajah, M., Nurina Widyanti, R., & Fajar Widyatmoko, W. (2021). Membangun Moderasi Beragama: Perspektif Konseling Multikultural Dan Multireligius Di Indonesia. Online) Terakreditasi Nasional. SK, XIII(1), 2549–4171.

Paelani Setia, Heri M. Imron, Predi M. Pratama, Rika Dilawati, Awis Resita, A., Abdullah, M. Iqbal Maulana Akhsan, Andini, Indra Ramdhani, R. P. I., & Siti Rohmah, Rizki Rasyid, Usan Hasanudin, R. R. (2021). Kampanye moderasi beragama: dari tradisional menuju digital. In Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Prasetyo, D. (2016). Implementasi Prinsip At-Tawazun Perspektif Ahlus Sunnah Wal Jama’ah An Nahdiyah Dalam Pengembangan Nilai Pendidikan Karakter Siswa Di Madrasah Aliyah Al Azhar Banjarwati Paciran Lamongan. Akademika, 10(2), 187–203. https://doi.org/10.30736/akademika.v10i2.18

Putri, S. N. A., & Fadlullah, M. E. (2022). Wasathiyah (Moderasi Beragama) Dalam Perspektif Quraish Shihab. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3(1), 66–80.

Qowim, A., Suprapto, Y., & Nur, D. M. M. (2020). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Tpq Ngerang Tambakromo-Pati. Tunas Nusantara, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507

Rohmah, S., & Badriyah, Z. (2022). Analisis Materi Islam Wasathiyah pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan …, 04(01), 44.

Saihu, M. (2021). Pedidikan Moderasi Beragama: Kajian Islam Wasathiyah Menurut Nurcholish Madjid. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 16–34. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i01.151

Saragih, J. R. P., Novalina, M., & Pakiding, H. (2021). Menggaungkan Moderasi Beragama melalui Media Sosial. Prosiding Pelita Bangsa, 1(2), 166. https://doi.org/10.30995/ppb.v1i2.517

Sibawaihi, S., Altamimi, M. I., Muqowim, M., & Yap, S. N. K. (2021). Identifying Moderate Values in the Textbook of Sejarah Kebudayaan Islam for the 6Th Grade of Madrasah Ibtidaiyah in Indonesia. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 13(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i1.646

Suryadi, R. A. (2022). “Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, Vol. 20, N(11), 12–26.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Syam, M. B. (2015). Islam Wasathiyah Dalam Perspektif Sosiologis. Jurnal Pendidikan Wasathiyah, 5(1), 118–138.

Syatar, A., Amiruddin, M. M., Haq, I., & Rahman, A. (2020). Darurat Moderasi Beragama di Tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 13(1), 1–13.

Ulya, I. (2016). Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Resolusi Konflik Agama Di Indonesia. Fikrah, 4(1), 20. https://doi.org/10.21043/fikrah.v4i1.1663

Widodo, P., & Karnawati, K. (2019). Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 15(2), 9–14. https://doi.org/10.46494/psc.v15i2.61

Wildan, S., & Idris, H. (2023). PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN STUDI KASUS DI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (As-Sabiqun), 5(1), 198–205.

Yunus, F. M. (2014). Konflik Agama Di Indonesia Problem Dan Solusi Pemecahannya. Substantia, 16(2), 217–228.

Zamimah, I. (2018). Moderatisme Islam dalam Konteks Keindonesiaan (Studi Penafsiran Islam Moderat M. Quraish Shihab). Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, 1(1), 75–90.

Published

2023-06-29

How to Cite

’Azmi Uwafiq Muhammad, Muqowim, Rohmadi, and Syakur Wildan. 2023. “Moderasi Beragama Sebagai Gerakan Islam Wasathiyah Dalam Menangkal Radikalisme”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):916-27. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.495.

Issue

Section

Articles