Korelasi Antara Pembelajaran Materi Berbusana Muslim/Muslimah dengan Perilaku Berbusana Peserta Didik Di SMK Negeri 3 Takalar
Keywords:
Pembelajaran, Busana Muslim/Muslimah, Perilaku BerbusanaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah di SMK Negeri 3 Takalar, perilaku berbusana peserta didik , dan untuk menganalisis korelasi antara pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah dengan perilaku berbusana peserta didik di SMK Negeri 3 Takalar. Penelitian ini berbentuk kuantitatif ex post facto dengan menggunakan regresi linear sederhana untuk mengetahui kualitas pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah, dan perilaku berbusana peserta didik, serta menganalisis korelasi antara pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah dengan perilaku berbusana peserta didik di SMK Negeri 3 Takalar. Pengambilan data penelitian ini dilakukan menggunakan pedoman observasi, angket dan format dokumentasi pada sampel sebanyak 20% = 56 peserta didik dari 275 populasi menggunakan teknik proportionate random sampling. Data yang diperoleh dari instrumen kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh hasil penelitian pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 89,29%. Sedangkan perilaku berbusana peserta didik di SMK Negeri 3 Takalar berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 94,64%. Adapun hasil analisis korelasi produk momen pada taraf signifikan 0,05% diperoleh Thitung (3,823) ≥ ttabel (2,003) yang berarti terdapat korelasi antara pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah dengan perilaku berbusana peserta didik di SMK Negeri 3 Takalar secara signifikan.
Downloads
References
Anafarhanah, Sri. “Tren Busana Muslimah dalam Perspektif Bisnis dan Dakwah”, Alhadharah 18. No. 1 (2019): h. 82-83.
Ansharullah. “Pakaian Muslimah Dalam Perspektif Hadis dan Hukum Islam”. Diktum 17. No 1 (Juli 2019): h.76.
Arifin, Muhammad. Akhlak dan Etika. Jakarta Selatan: Unindra Press. 2020.
Gade, Syabuddin dan Sulaiman, Pengembangan Interaksi Edukasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Teori dan Praktik. Edisi 1. Cet. I; Banda Aceh: Ar-Raniry Press. 2019.
Hidayati, Tri. dkk. Statistika Dasar: Panduan Bagi Dosen dan Mahasiswa. Jawa Tengah: Pena Persada, t.th.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Cet. XXIII; Jakarta Timur: Darus Sunnah, 2018), h. 154.
Khairiyah, Nelty dan Endi Suhendi Zen. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.
Kusmidi, Henderi. “Konsep Batasan Aurat dan Busana Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam”. El-Afkar 5. No. 2 (Juli-Desember 2016): h. 99-100.
Republik Indonesia, “Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” dalam Visimedia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Cet. II; Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka, 2008), h. 4.
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi II. Cet. VI; Jakarta: Rajawali Pers. 2016.
Setiarini, Yosephine Flori. “Kombinasi Multi Faktor Dalam Pemilihan Busana”. Socia Akademika 4. No. 2 (Agustus 2018): h. 24-26.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XX; Bandung: Alfabeta. 2014
Supardi. Statistik Penelitian Pendidikan: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan. Cet. I; Depok: Rajawali Pers. 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Besse Ruhaya, Muhammad Rusmin B., Hikmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.