Konsolidasi Fatwa MUI dengan Fikih Informasi dalam Merumuskan Etika Bermuamalah di Media Sosial

Authors

  • Hastuti UIN Alauddin Makassar
  • Asmia Institut Agama Islam Bone
  • Besse Ruhaya UIN Alauddin makassar

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.371

Keywords:

Etika Bermuamalah, Fatwa MUI, Fikih Informasi, Media Sosial

Abstract

Media sosial sekarang ini menjadi kebutuhan urgen yang sangat berpengaruh terhadap pola kehidupan masyarakat. Penggunaan media sosial yang berlebihan dan tanpa control mengakibatkan problema akhlak, demoralisasi, dan dehumanisasi. Sehingga dibutuhkan pedoman etika berkomunikasi di media sosial agar menjadi sarana menyebar informasi, lahan berdakwah, menjalin silaturahim dan lain sejeneisnya. Bukan justru menimbulkan konflik dan kebobrokan moral. Berangkat dari hal di atas, penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif untuk merumuskan etika bermuamalah di media sosial. Dengan penelitian pustaka terhadap hukum Islam yang bersifat normative melalui analisis hukum dan pedoman bermuamalah di media sosial serta fikih informasi. Sehingga objek penelitian ini pada Fatwa MUI No. 24 Tahun 2017 dan Fikih Informasi. Kemudian mengkonsolidasikan kedua pedoman tersebut sehingga menghasilkan tiga etika bermuamalah di media sosial baik sebagai pembuat, penyebar, maupun verifikasi konten/informasi, yakni pertama, asas ketauhidan, kemaslahatan, asas manfaat. Kedua, transparansi, dan tabayyun. Ketiga, sesuai dengan norma agama dan peraturan perundang-undangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksa, A. (2020). Urgensi Fikih Informasi. In Suara Muhammadiyah. https://suaramuhammadiyah.id/2020/01/29/urgensi-fikih-informasi/

Anwar, S. (2016). Teori Pertingkatan Norma dalam Usul Fikih. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 50(1). http://dictionary.reference.com/browse/

A’yun, Q., & Istiani, N. (2021). Epistemologi Fikih Di Media Sosial (Konstruksi Epistemologi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tentang Bermuamalah). Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(2), 279–294. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalahhttps://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah

Basri, M. R. (2021). Fikih Informasi, Prinsip dan Etika Informasi. In Suara Muhammadiyah. https://suaramuhammadiyah.id/2019/11/14/fikih-informasi-prinsip-dan-etika-informasi/

Benaziria. (2018). Pengembangan Literasi Digital pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11–20. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157. http://www.jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73

Ceisera Novitaningrum. (2020). Gambaran Parental Monitoring Pada Remaja Yang Pernah Mengakses Konten Pornografi. Jurnal Sains Psikologi, 9(2), 112–122.

Eko. (2017). MUI Minta DPR Tindak Lanjuti Fatwa Muamalah Media Sosial. In merdeka.com. https://www.merdeka.com/peristiwa/mui-minta-dpr-tindak-lanjuti-fatwa-muamalah-media-sosial.html

Fahimah, S. (2014). Etika Komunikasi Dalam Al-Quran: Studi Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 1–8. Madinah: Jurnal Studi Islam. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/153

Fahresi, N. (2018). Etika Komunikasi Bisnis dalam Al-Quran (Kajian terhadap Ayat-ayat Muamalah dalam Tafsir Al-Mishbah). repository.ar-raniry.ac.id. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2846/

Fauzi, N. A. F. (2020). Fikih Informasi Perspektif Muhammadiyah. Ilha.Uad.Ac.Id. https://ilha.uad.ac.id/fikih-informasi-perspektif-muhammadiyah/

Fauzi, N. A. F., & Ayub. (2019). Fikih Informasi: Muhammadiyah’s Perspective on Guidance in Using Social Media. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(2), 267–293. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i2.267-293

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Husnah Z. (2020). Etika Penggunaan Media Sosial dalam Al-Qur’an sebagai Alat Komunikasi di Era Digitalisasi. Al-Mutsla: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(1), 27–39.

Ilmi, M., Uin, S., Muhammad, A., Samarinda, I., Habibie, M., Wildan, M., Amrullah, A., & Atqiya, K. (2021). Prinsip Komunikasi Islam Sebagai Etika Bermedia Sosial. JCS: Journal of Communication Studies, 1, 15–29.

Iskarim, M., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Pekalongan, I. (2016). Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). In Edukasia Islamika (Vol. 1).

Jasyadi, A. (2018). Analisis pesan komunikasi luqmanul hakim terhadap anaknya dalam al-qur’an surat Luqman ayat 12-19 berdasarkan Tafsir Jalalain. Universitas Islam Negeri Mataram.

Majelis Ulama Indonesia. (2017). HUkum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial. 1–17.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi, Vol. 38). PT Remaja Rosdakarya.

Mubarok, S. M. (2019). Penafsiran Ayat-Ayat Komunikasi Orang Tua dan Anak Perspektif Tafsir Sufi Al-Qushayrī. Refleksi. http://www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/refleksi/article/view/11271

Mudzhar, M. A. (2012). Tantangan Studi Hukum Islam di Indonesia Dewasa Ini 1. Jurnal Indo-Islamika, 2(1), 91–103.

MUI, K. I. dan K. (2019). Sejarah MUI. Mui.or.Id. https://mui.or.id/sejarah-mui/

Nadia, S. (2019). Prinsip Komunikasi Qaulan Balîghâ: Dakwah Dalam Youtube Ustadz Adi Hidayat. 27.123.222.2. http://27.123.222.2/handle/123456789/1032

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Nirma Nurasiyah Nauli Siregar. (2019). Hukum Memberikan Informasi yang Tidak Benar Terhadap Ulasan Produk Kosmetik Menurut Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial (Studi Kasus Selebgram Kota Medan). UIN Sumatera Utara.

Nurbaiti Ma’rufah, Hayatul Khairul Rahmat, & Dewa Ketut Kerta Widana. (2020). Degradasi Moral Sebagai Dampak Kejahatan Siber Pada Generasi Milenial Di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191–201. https://doi.org/10.31604/jips.v7i1.2020.191-201

Palinggi, S., & Ridwany, I. (2020). Peran Nilai-nilai Moral Pancasila Dalam Kemajuan Teknologi Di Era Milenium. Prosiding Seminar Nasional “Bela Negara Untuk Generasi Milenial,” 48–53.

Pratiwi, M. R., Mukaromah, & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orangtua Pada Anak Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 37–58. http://bali.tribunnews.com/2015/06/15

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja. Semantik : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 11–24.

Puspita Sari, S., & Elfani Bermuli, J. (2021). Etika Kristen dalam Pendidikan Karakter dan Moral Siswa di Era Digital. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 46–63.

Qurrota Ayun, & Athoilla Islamy. (2021). Nilai-nilai Pancasila dalam Fikih Media Sosial. KOMUNIKASIA; Journal of Islamic Communication & Broadcasting, 1.

Rafiqi, M. (2014). Etika Komunikasi Anak Terhadap Orang Tua Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Komparasi Tafsir al-Azhar dan al-Mişbāh tentang Lafaz Uff dan Qawlan Karȋman …. digilib.iain-palangkaraya.ac.id. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/413/

Rahman, M. A. (2019). Nilai Norma dan Keyakinan Remaja Dalam Menyebarkan Informasi Sehari-hari Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 68–83.

Rosmini. (2017). Tafsir Ayat-ayat Komunikasi; Unsur-unsur, Level dan Prinsip Komunikasi dalam Wawasan al-Qur’an (A. M. A. Amiruddin, Ed.; 1st ed.). Penerbit Syahadah.

Sabarni, S., & Hidajat, L. L. (2018). Peran Nilai Pribadi, Nilai Budaya dan Nilai Religius terhadap Sikap Remaja Perempuan tentang Seks Pranikah (Suatu Kajian pada Remaja Perempuan di Maumere dan Larantuka, NTT). Jurnal Kesehatan Reproduksi, 5(2), 105. https://doi.org/10.22146/jkr.37885

Said, N. M. (2011). Dakwah dan Efek Globalisasi Informasi (F. Muhammad, Ed.). Alauddin University Press.

Samsuddin, S., & Akmalia, R. (2017). Tafsir Ayat-Ayat Alquran Tentang Komunikasi Pendidikan. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu …. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/almufida/article/view/65

Sandra, M., & Dewi, R. (2019). ISLAM DAN ETIKA BERMEDIA (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Islam ). Research Fair Unisri , 3(1), 139–142. www.wikipedia.org/wiki/Warganet,

Trismayanti, L. (2017). … Qawlan Layyina dalam surat Taha ayat 41-44 menurut tafsir Ibnu Katsir dan tafsir al-Mishbah serta relevansinya dengan komunikasi dalam pendidikan islam. etheses.iainponorogo.ac.id. http://etheses.iainponorogo.ac.id/2302/1/Lutvi

Published

2023-06-27

How to Cite

Hastuti, Asmia, and Besse Ruhaya. 2023. “Konsolidasi Fatwa MUI Dengan Fikih Informasi Dalam Merumuskan Etika Bermuamalah Di Media Sosial”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):731-46. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.371.

Issue

Section

Articles