Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Falsafah Angkola-Mandailing “Poda Na Lima”
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.487Keywords:
Nilai, Pendidikan Karakter, Poda Na LimaAbstract
Masyarakat Angkola-Mandailing telah lama mengenal falsafah kehidupan Poda Na Lima sebagai warisan leluhur yang dijunjung tinggi pengamalannya. Poda Na Lima merupakan petuah yang mengajarkan tentang pentingnya menjaga kebersihan yaitu membersihkan hati, membersihkan badan, membersihkan pakaian, membersihkan rumah dan membersihkan pekarangan. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha yang dilakukan dalam membina, membentuk dan memperbaiki karakter anak ataupun siswa. Dalam pendidikan karakter terdapat 18 nilai seperti nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, kreatif dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam falsafah Poda Na Lima di mana terdapat 5 nilai yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial dan nilai tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (Library Research) yaitu melihat dan membaca buku-buku, jurnal dan thesis yang menjadi referensi dalam penelitian ini.
Downloads
References
Abdullah B. (2018). Pengembangan pendidikan Islam dalam kerangka transformasi sosial : analisis kritis pada fakultas tarbiyah dan keguruan. Alauddin University Press.
Amirul Mukminin Al-Anwari. (2014). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI. TA’DIB, Vol. XIX(No. 02), 227–251.
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 1, 292–301.
Asfiati. (2017). The Concern Of Muslim Mandailing’s Society In Educating The Youth Generation Through Poda Na Lima With Islamic Educational Vision In Mandailing Natal. 1–7. www.ijhssi.org
Askolani Nasution. (2019). Budaya Mandailing. Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh.
Asyari, M. M., Aditia Ismaya, E., Muhammad, D., & Ahsin, N. (2021). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI APITAN MASYARAKAT SINGOCANDI KUDUS.
Baginda, M. (2018). Nilai-nilai pendidikan berbasis karakter pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2).
Balai Bahasa Sumatera Utara Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). KAMUS ANGKOLA MANDAILING-INDONESIA (2nd ed.).
Fanreza, R. M., & Ma, P. (n.d.). PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DIDIK.
Febrianshari, D., & Ekowati, D. W. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 88–95.
Hadi Prabowo, S., Fakhruddin, A., Rohman, M., Pendidikan Indonesia, U., Bustanul, S., & Lampung Tengah, U. (2020). Al-Tadzkiyyah: PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 191–207.
Iskandarsyah Siregar, & Ramlan Siregar. (2021). The Relevances between Poda Na Lima Philosophy with Islamic Perspective. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 11746–11754.
Izuddinsyah Siregar, A. R. N. (2022). INTERPRETASI PODA NA LIMASEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASYARAKAT ANGKOLA-MANDAILING. Jurnal Pancasila, 3(1), 1–6.
Jito Subianto. (2013). PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 08(02), 331–354.
Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256.
Nasution, I., Sembiring, P., & Lubis, H. S. (2020). Local Wisdom in Poda Na Lima: Mandailing Society Philosophy of Life. International Journal of Engineering Research and Technology., 13(12), 4558–4562.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Sibarani, R., Simanjuntak, P., & Sibarani, E. J. (2021). The role of women in preserving local wisdom Poda Na Lima ‘Five Advices of Cleanliness’ for the community health in Toba Batak at Lake Toba area. Gaceta Sanitaria, 35, S533–S536.
Siregar, D. A., Amin, M. N., & Harahap, A. S. (2018). Anti Corruption Education Based on Values Poda Na Lima. PROCEEDINGS INTERNATIONAL CONFERENCE BKSPTIS 2018.
Siti Mahrani Harahap. (2019). FALSAFAH PODA NALIMA DALAM KEPERCAYAAN MASYARAKAT DI DESA SIALAGUNDI KEC.HURISTAK KAB. PADANG LAWAS DAN RELEVANSINYA DENGAN AJARAN ISLAM. UIN Sumatera Utara.
Sufrin Efendi Lubis. (2017). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KISAH NABI NUH AS SUFRIN EFENDI LUBIS. In Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman (Vol. 03).
Sukatin, & M. Shoffa. Saifillah Al-Faruq. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=7kcyEAAAQBAJ
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karnada Nasution, Zulhimma, Zulhammi, Erlina Sari Siregar, Usman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.