Pembinaan Bahasa Arab Dasar Di Rumah Tahfidz Al-Utsmany Pamulang Tangerang Selatan Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.731Keywords:
Pembinaan, Bahasa Arab Dasar, Rumah TahfidzAbstract
Pembinaan Bahasa Arab Dasar di Rumah Tahfidz Al-Utsmany dilaksanakan sekali seminggu selama tiga bulan dengan menggunakan kitab Durusul Lughoh yang merupakan kitab dasar bagi pemula yang belajar bahasa arab dan Pembinaan dilakukan di Aula Rumah Tahfidz selama 2 jam per pertemuan, diawali dengan perkenalan kemudian mrnyampaikan materi dengan metode Syamsiyah Syafawiyah. Selama proses pembelajaran berlangsung santri antusias belajar bahasa arab karena didampingi oleh guru bahasa arab yang berkompeten, disamping itu juga metode Syamiyah Syafawiyah yang digunakan yang sangat cocok untuk pemula dalam belajar bahasa Arab dasar. Hasil belajar Santri berdasarkan evaluasi latihan soal yang ada dalam kitab durusul Lughoh yang dinamai Tamrinat 1,2,3, tamrinat 1 dan 2 berisikan melengkapi pernyataan yang sudah ada jawabanya, sedangkan tamrinat 3 berisikan pertanyaan melengkapi atau menyempurnakan teks sehingga menjadi teks yang baik dan benar, semua tamrinaat dijawab dengan benar oleh 99% Santri dan Santriwati, dengan itu pembelajaran bahasa arab sangat memnberi danpak yang sangat signifikan bagi Santri dan Santriwati Rumah Tahfidz Al-Utsmany.
Downloads
References
Afroni, M. (2019). Metode Sam’iyah Safawiyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lahjah, 2(1), 19-28.
Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, & Dini Syifa Agustina. (2023). Community Empowerment at Sukagumiwang Village Elementary School, Sukagumiwang District, Indramayu Regency Using the Mind Mapping Method. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.17
Didik Himmawan, & Lisnawati. (2023). Bimbingan Tahsin Dan Tahfidz Al-Quran Untuk Anak-Anak Di Desa Cadangpinggan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.5
Dimyati, D., Syafri, U. A., & Al-Kattani, A. H. (2021). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kitab Durusullughah Al-‘Arabiyyah Karya Dr. V. Abdur Rahim. Rayah Al-Islam, TB Riniaga, Jakarta.
Dimyati, D., Syafri, U. A., & Al-Kattani, A. H. (2021). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kitab Durusullughah Al-‘Arabiyyah Karya Dr. V. Abdur Rahim. Rayah Al-Islam, 5(02), 242-254.
Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.
Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39
Imam Zarkasyi dan Imam Syabaani, Kitab Durusul Lughoh, Maktabh Malik Fahd, Mesir, 2020
Irwandi, I. (2022). PEMBERDAYAAN “RUMAH TAHFIDZ” DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (Studi Pemberdayaan Masyarakat di bidang Keagamaan di Kabupaten Tanah Datar). Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 8(2), 260-274.
Manan, S. (2017). Pembinaan akhlak mulia melalui keteladanan dan pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(1), 49-65.
Usman. 2018. Bi’ah Lughowiya Wamaharotul Kalam. Tesis. Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Syarif hidayatullah jakarta.
Usman. (2019), Profile Rumah Tahfidz Al-Utsmany, TB Batu Bara, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Usman, Aryanti Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.